Cara Edit Template Blogger Lewat Hp Android (With QuickEdit)

Daftar Isi [Tampilkan]
Bagaimana Cara Cepat dan Mudah Edit Template Blogger Lewat HP Android?

Kira-kira pertanyaan seperti itulah yang sering dilontarkan oleh para blogger ponsel pemula. Saya sebut blogger ponsel dengan alasan karena mayoritas dari para blogger tersebut hanya menggunakan media ponsel untuk mengelola dan menjalankan blognya.

Artikel ini dibuat bukan tanpa alasan melainkan untuk menjawab pertanyaan sekaligus membantu para blogger ponsel pemula untuk melakukan proses editing template yang menurut saya sangat ribet jika hanya dilakukan melalui browser hp atau ponsel android.

Kita tau, salah satu hal yang menjadi kendala utama para blogger ponsel pemula ialah saat melakukan proses editing template melalui browser ponsel. Umumnya, mereka menggunakan aplikasi browser bawaan yang familiar seperti Chrome, UC Browser, Opera Mini dsb.

Masalah akan muncul ketika para blogger ponsel melakukan editing template melalui browser tersebut sehingga dapat dipastikan akan menyebabkan ponsel hang, freeze, error, lemot bahkan force close dari aplikasi. Dengan kendala yang seperti itu tentu sangat mengganggu dan menyita waktu kita untuk mempublish artikel atau melakukan optimasi lainnya pada blog.

Apa penyebab browser bawaan ponsel android tidak bisa edit template blogger?

Entahlah saya juga kurang tau tetapi menurut perspektif saya browser bawaan android seperti Chrome, UC Browser, Opera Mini tidak didesain untuk membaca kode-kode penyusun template tersebut sehingga jika dipaksakan akan menyebabkan lag, freeze pada ponsel android.

Kalian tentu tau, dalam template blogger terdiri dari rangkaian bahasa program seperti kode html, css, java script yang digabung menjadi satu. Nah, untuk membaca kode-kode tersebut diperlukan sebuah aplikasi editor kode. Sebuah aplikasi editor kode memang didesain untuk membaca, merubah kode seperti html, css, java script dan ekstensi bahasa pemrograman lainnya.

Aplikasi editor kode yang saya rekomendasikan untuk kalian adalah QuickEdit yang menurut saya paling simpel dan mudah di operasikan oleh blogger ponsel pemula tanpa memerlukan keahlian khusus.

Kenapa harus memilih aplikasi QuickEdit ?

Alasan pertama adalah soal kesederhanaan alias simpel dan sangat ramah bagi para blogger ponsel pemula. Menjadi seorang blogger ponsel pemula tentu menyukai kesimpelan bukan? Sebaliknya mereka membenci yang namanya keribetan. Aplikasi ini dijamin anti ribet bagi siapa saja yang memakainnya.

Alasan kedua adalah aplikasi editor yang cepat, stabil dan memiliki fitur yang lengkap. Meski terlihat sederhana nyatanya aplikasi ini memiliki beragam fitur mumpuni cocok digunakan untuk mendukung kegiatan blogging terutama editing template melalui ponsel android. Aplikasi dilengkapi sistem syntax, enkode, statistik, tinjauan dsb. Aplikasi ini dapat juga dijalankan secara offline.

Alasan ketiga adalah aplikasi ini dapat di unduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini dikembangkan oleh Rhythm Software yang dapat kalian download melalui aplikasi Play Store kalian dan hanya ada satu pilihan dalam aplikasi yang berbayar yaitu menghapus iklan. Tetapi menurut saya iklan tersebut tidak terlalu mengganggu.

Bagaimana cara edit template Blogger melalui QuodaEditor di Android



Pertama download terlebih dahulu aplikasi QuickEdit di Play Store. Setelah itu instal aplikasi tersebut pada gadget android kalian.

Selanjutnya masuk ke aplikasi QuickEdit kemudian klik berkas atau icon yang bersebelahan dengan pensil. Kemudian pilih  buka. Kira-kira tampilannya seperti gambar dibawah ini.




Kemudian nanti kalian akan diarahkan pada berkas penyimpanan internal.




Selanjutnya cari folder dan file template blogger kalian yang berekstensi (.xml), kemudian klik nama template tersebut.


Setelah itu aplikasi QuickEdit akan mulai membaca dan menampilkan kode-kode template kalian berupa html, css, java script.
Aplikasi akan menampilkan gambar seperti dibawah ini.


Disini kamu sudah bisa melakukan proses editing template sesukamu tanpa takut adanya gangguan seperti lag, freeze, hang bahkan force close pada ponsel androidmu. Proses editing ini juga dapat dilakukan secara offline.

Selanjutnya untuk menyimpan hasil editan template, klik kembali ikon berkas yang bersebelahan dengan pensil. Kemudian klik simpan dan akhirnya proses editing selesai.


Kini kamu tinggal mengupload hasil kreasi editing template dari aplikasi QuickEdit ke Blogger. 

Caranya mudah seperti biasa login ke blogger klik bagian tema lalu klik cadangkan/pulihkan setelah itu pilih file dan cari folder dimana kamu menyimpan file xml hasil editing template tadi.

Lalu upload dan selesai. Kini akhirnya kamu bisa melakukan editing template blogger hanya lewat hp dan tentunya dengan bantuan aplikasi QuickEdit yang simpel dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua khususnya para blogger ponsel pemula ya.
Apabila ada pertanyaan dapat ditanyakan melalui komentar. Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel