Tips Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Ke Akun BPJSTKU

Aplikasi BPJSTKU menjadi aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan informasi dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan. Tips Mengatasi Tidak Bisa Login Aplikasi BPJSTKU
Daftar Isi [Tampilkan]
Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Login Ke Aplikasi Bpjstku


Aplikasi BPJSTKU menjadi aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan informasi dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu melalui aplikasi tersebut anggota dapat melaporkan dan mengadukan segala bentuk keluhan misalnya seperti ketidaksesuaian status kepesertaan, jumlah upah dan jumlah karyawan. Aplikasi BPJSTKU menjadi aplikasi yang  fleksibel dan mobilitas yang tinggi sehingga dapat dikases dimanapun dan kapanpun.

Namun akhir-akhir ini ada keluhan dari beberapa peserta bahwa mereka tidak bisa melakukan login ke aplikasi BPJSTKU sehingga akibatnya mereka tidak mendapatkan update informasi. Setiap peserta yang gagal login akan mendapatkan notif  “Anda mempunyai alamat email atau nomor handphone lebih dari satu. Silahkan pilih satu alamat email atau nomor handpjone yang aktif. Terimakasih”.



Setelah melihat notif seperti itu maka dapat disimpulkan bahwa permasalahan tidak dapat login bukan berasal dari lupa alamat email atau lupa password melainkan karena peserta memiliki alamat email dan nomor hp lebih dari satu sehingga akun dideteksi berganda.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kesalahan Kode Internet Banking BRI

Aplikasi BPJSTKU dibuat oleh lembaga instansi resmi BPJS tentu hanya memperbolehkan tiap orang memiliki satu akun dan tidak boleh berganda. Berdasarkan proses pendaftarannya pun juga harus menggunakan data kependudukan yang telah terdaftar di Dukcapil.

Untuk mengatasi tidak bisa login karena akun ganda atau duplikat begini langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Uninstall Aplikasi BPJSTKU dan Install Kembali

Uninstall aplikasi BPJSTKU yang telah terinsal pada ponsel kalian. Setelah itu download ulang aplikasi BPJSTKU di Play Store. Kemudian install ulang aplikasinya dan lakukanlah login kembali ke aplikasi tersebut.

2. Hapus Data dan Chache di Aplikasi BPJSTKU

Menghapus data dan cache pada aplikasi akan mengembalikan pengaturan awal aplikasi seperti sedia kala. Semua nama pengguna dan kata sandi tidak akan disimpan lagi dan harus mulai dari ulang lagi. Cara menghapusnya sangat mudah pergi ke pengaturan/setelan ponsel > pergi ke bagian aplikasi > cari aplikasi BPJSTKU > hapus data dan cache > selesai.

3. Lapor Keluhan Via Email BPJSTKU

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan prosedur atau pembajaka akun. Sebaiknya langsung laporkan permasalahn yang kamu alami melalui email yang tersedia. Begini simulasi cara pelaporan terkait permasalahan tidak dapat login akun BPJSTKU.

Alamat email BPJSTKU: care@bpjsketenagakerjaan.go.id

Judul/Title : Tidak Dapat Login Ke Aplikasi BPJSTKU

Kepada Yth Bpk/Ibu
Saya mengalami permasalahan yang cukup rumit karena tidak dapat melakukan login ke aplikasi BPJSTKU. Alamat email dan password telah saya cek dengan benar dan sesuai. Berikut lampiran notifikasi permasalahan yang saya alami beserta informasi kelengkapan data diri Kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan. Mohon dibantu untuk dilakukan pengecekan sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku.

*Nomor referensi BPJS Ketenagakerjaan (NIK Kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu)
*Nama lengkap peserta (Nama lengkap kamu)
*Tempat, tanggal, bulan dan tahun lahir
*Nomor E-KTP (NIK KTP kamu)
*Nama lengkap Ibu kandung (Nama lengkap Ibu kandung kamu)
*Nama perusahaan (Nama perusahaan tempat kamu bekerja)
*Kendala sejak

Demikian yang dapat saya sampailan terkait keluhan yang tertulis diatas. Atas bantuan dan kerja sama yang baik, saya mengucapkan terimakasih.
Regards:
*Nama kamu

Ingat jangan lupa untuk melampirkan notifikasi permasalahan terkait tidak dapat login ke aplikasi BPJSTKU.

Setelah melakukan pengiriman email seperti format yang tertera diatas. Kini saatnya kamu menunggu untuk mendapatkan balasan email kurang lebih sekitar 1x24 jam kerja.

Semoga kamu segera dapat melakukan login kembali ke aplikasi BPJSTKU. Jika informasi ini bermanfaat. Jangan lupa share kepada teman, sahabat, kerabat dan keluarga yang membutuhkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel