Cara Mengetahui Berapa Lama Waktu Pengisian Baterai Hingga Penuh

Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Mengetahui Berapa Lama Pengisian Baterai Gadget Sampai Penuh


Ketika kita memutuskan untuk membeli ponsel atau notebook baru, sebelum membelinya tentu kita telah mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dengan spesifikasi pada gadget tersebut. Pastikan kita membeli gadget sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menunjang pekerjaan kita sehari-hari.

Salah satu hal yang perlu diperhitungkan adalah pemilihan baterai pada sebuah gadget. Baterai memiliki fungsi cukup vital sebagai sumber daya satu-satunya yang bertugas untuk mengalirkan arus listrik dalam bentuk energi pada sebuah gadget.

Semakin besar kapasitas pada baterai tentu akan memberikan pengaruh terhadap daya hidup gadget (standby on) yang semakin lama. Sebaliknya kapasitas baterai yang kecil juga menyebabkan daya hidup pada gadget tidak akan bertahan lama.

Baca Juga: Bahaya Menghubungkan Smartphone Android Ke Speaker

Kapasitas baterai diukur dengan satuan mAh yang artinya adalah satuan daya tampung energi atau jumlah energi yang tersimpan di dalam baterai. Jika satuan mAh pada baterai tinggi tentu akan membuat kapasitas daya tampung energi yang disimpan semakin besar. Begitu pun sebaliknya jika satuan mAh kecil maka kapasitas daya tampung energi akan menjadi kecil pula.

Setelah kita mengetahui konsep sederhana tentang cara kerja baterai pada sebuah gadget. Maka sekarang kita mulai mengerti bahwa baterai dengan kapasitas besar atau kecil (mAh) memiliki waktu pengisian berbeda.

Logika sederhananya adalah semakin besar nilai mAh pada baterai sudah pasti akan membuat pengisian baterai menjadi lebih lama. Jika nilai mAh pada baterai kecil maka proses pengisian baterai akan semakin singkat.

Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Estimasi Pengisian Baterai Gadget (Smartphone/Laptop)

Untuk mengetahui estimasi pengisian baterai pada gadget sangatlah mudah, kita akan sedikit melakukan penghitungan matematika dengan rumus yang sederhana.

Cara simpel mengetahui estimasi pengisian sebagai berikut.

Diketahui:

Ah = Ampere hour
mAh = mili Ampere hour
1 Ah = 1000 mAh

Rumus Lama Waktu Pengisisan Baterai:

Kapasitas Baterai (mAh) = Kapasitas Charger (mA) x Waktu Pengisian (h)

Jadi:

Lama Waktu Pengisian (h) = Kapasitas Baterai (mAh) / Kapasitas Charger (mA)

Studi Kasus:

Saya memiliki ponsel Nokia dengan kapasitas baterai 2000 mAh,  output pada charger bawaan diketahui 1 A. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai ponsel Nokia tersebut?

Jawab:

2000 mAh = 2.00 Ah
Lama Waktu Pengisian Baterai = 2.00 Ah / 1 A = 2.00 h
= 2.00 x 60 menit = 120.0 menit

Atau sekitar 2 jam diperlukan untuk mengisi baterai penuh dengan kapasitas 2000 mAh

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai pada ponsel kita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share juga informasi ini pada yang lain. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel