Cara Menghapus File Cache Sampah di WhatsApp Agar Memori Tidak Penuh

Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Chat Karena Memori Penuh

Apakah kalian sering mengalami kondisi memori penuh atau kehabisan memori pada saat membuka aplikasi whatsapp di Hp android kalian.

Jika ya, maka hal tersebut dapat menyebabkan kalian tidak dapat berkirim pesan maupun menerima pesan dari orang lain. Hal tersebut terjadi karena memori internal kalian penuh sehingga tidak dapat menampung data lebih banyak lagi.

Kondisi kehabisan memori saat membuka whatsapp banyak ditemui pada beberapa model ponsel android yang memiliki penyimpanan internal tidak terlalu banyak alias sedikit.

Penyimpanan internal ponsel yang telah penuh  tentu akan membuat ponsel android tidak dapat lagi menerima tambahan data eksternal sehingga harus dilakukan beberapa penghapusan pada beberap file sampah agar penyimpanan internal ponsel dapat sedikit bertambah.

Penyebab utama kenapa ponsel android gampang kehabisan memori dan tidak bisa membaca chat di whatsapp adalah karena banyaknya keberadaan file-file sampah bekas dari histori kalian saat berkirim dan menerima chat atau bisa juga akibat kalian mengirim dan menerima file tidak hanya berupa teks tetapi juga file dokumen seperti gambar, video, pdf dsb.

File sampah tersebut jika dibiarkan begitu saja tentu semakin lama hanya akan memakan ruang internal ponsel android kalian.

Maka dari itu jika dirasa file-file tersebut tidak penting sebaiknya lebih baik dihapus saja agar memori internal kalian memiliki sedikit kelonggaran untuk menerima data.

Langsung saja berikut tips cara menghapus atau membersihkan file sampah di Whatsapp tanpa aplikasi

Sebaiknya kalian melakukan update terlebih dahulu aplikasi Whatsapp ke versi yang terbaru di Play Store agar kinerja aplikasi tersebut dapat lebih maksimal.

Jika aplikasi Whatsapp telah di update selanjutnya silahkan buka aplikasi Whatsapp > klik titik 3 di bagian sudut kanan atas > klik setelan > klik penggunaan data dan penyimpanan > klik penggunaan penyimpanan > lihat file chat yang memakan ruang paling banyak, biasanya grup Whatsapp paling banyak memakan memori internal ponsel android.

Kemudian cara membersihkannya pilih salah satu chat atau grup Whatsapp yang paling banyak memakan ruang > klik kelola pesan atau kosongkan ruang di sudut kanan > centang file yang akan dibersihkan > lalu klik bersihkan pesan atau hapus item.

Untuk lebih jelasnya lihat caranya seperti gambar berikut ini.




Bagaimana? Sangat mudah bukan cara menghapus atau membersihkan file dokumen sampah di aplikasi WhatsApp android.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mengatasi kehabisan memori saat membuka WhatsApp.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel