Cara Menghemat Memori Penyimpanan Whatsapp Android

Whatsapp merupakan aplikasi berbasis chatting yang hadir di android dan ios. Aplikasi yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton merupakan aplikasi simpel namun sangat bermanfaat bagi perkembangan teknologi dan komunikasi. Memiliki beragam fitur seperti berbagi foto dan video melalui status atau story yang dapat dilihat oleh lingkaran sosial atau komunitas pengguna Whatsapp itu sendiri.

Saat ini Whatsapp menjadi aplikasi chatting paling populer dan banyak di instal oleh semua pengguna smartphone di dunia. Aplikasi Whatsapp dinilai punya peran besar untuk membantu mobilitas yang tinggi dalam berkomunikasi baik secara personal maupun grup. Melalui aplikasi tersebut mereka dihubungkan satu sama lain tanpa memperdulikan jarak dan waktu. Bahkan banyak juga yang membangun komunitas-komunitas tertentu melalui grup Whatsapp sebagai sarana untuk menunjukkan eksistensi dari kelompok mereka.

Tak jarang sering kali beberapa dari kita menggunakan Whatsapp untuk berbagi media, foto, video bahkan dokumen penting pada orang lain. Kita sebagai manusia normal tentu wajar jika suka melakukan kegiatan berbagi pada orang-orang yang ada disekitar.

Namun permasalahannya disini adalah kebiasaan berbagi file foto, video dan dokumen di Whatsapp tanpa kita sadari dapat berakibat pada bertambahnya ukuran aplikasi yang menjadi besar dari ukuran sebenarnya. Misalnya jika diasumsikan size aplikasi normalnya hanya 30 Mb dapat membengkak menjadi 2 Gb.

Jika ditelisik lebih jauh beban memori yang memakan banyak tempat tersebut berasal dari histori berbagi file berupa foto, video dan dokumen di Whatsapp. Pada awalnya file yang tersimpan mungkin memiliki ukuran yang kecil namun jika dibiarkan tentu ukuran file tersebut akan menumpuk dan bertambah besar. Akibatnya tentu memori internal smartphone android semakin sesak dan penuh dikarenakan file cache yang dibiarkan menumpuk begitu saja.

Solusi yang ditawarkan yang bisa diambil untuk mengatasinya adalah dengan cara kamu harus menghapus atau membersihkan beberapa file yang mengganggu dan tidak diperlukan di penyimpanan Whatsapp mu. Langkah-langkah untuk menghapus file foto, video dan dokumen yang tidak berguna di Whatsapp sangat mudah. Berikut tutorial langkah-langkahnya.

Baca Juga : Bahaya Menghubungkan Smartphone Android Ke Speaker Aktif Secara Langsung


Cara Pertama
Kamu dapat langsung menghapus file melalui aplikasi Whatsapp secara langsung. Caranya kamu bisa memilih salah satu pesan dari perorangan maupun grup. Klik pada bagian profil lalu akan muncul pilihan media. Klik pada bagian tersebut. Lalu, kam
u dapat langsung menghapus file yang dinilai tidak penting. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut.




Cara Kedua
Cara menghapus file foto, video dan dukumen Whatsapp melalui file manager di ponsel androidmu. Caranya sangat mudah kamu tinggal buka file manager kemudian cari folder Whatsapp > klik media > pilih media tempat file yang ingin dihapus. Disini nanti kamu dapat melihat ribuan item file dalam berbagai format yang tersimpan pada akun Whatsappmu. Maka dari itu sebelum menghapus ada baiknya kamu memilah file yang ingin dihapus. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut.



Sekedar saran, lebih baik kamu masuk pada salah satu folder yang mempunyai file banyak juga besar dan kemudian tinggal hapus file yang berukuran besar tersebut. Dengan begini ruang penyimpanan telepon kamu akan lebih longgar dan tidak akan kehabisan memori.

Bagaimana, cukup mudah bukan? cara menghemat memori penyimpanan di WhatsApp Android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian. Terimakasih


Related Posts

1 comment

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat gan..

    Iklan:
    Untuk daftar Grab kunjungi Goldcaptain

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Post a Comment