Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Speaker Portabel Bluetooth JBL GO Original (Asli) dan Fake (Palsu)

Cara Membedakan JBL GO Asli (original) dan Palsu (fake)

Dewasa ini banyak sekali produk tiruan yang dijual bebas di pasaran terutama barang tiruan (Kw) tersebut sebagian besar banyak menyasar pada produk elektronik. Salah satu produk elektronik yang paling banyak ditiru ialah speaker portabel bluetooth JBL GO by Harman Kardon.

Speaker JBL GO versi kw banyak kita jumpai di toko-toko perlengkapan elektronik. Mungkin jika hanya dilihat secara kasat mata akan cukup sulit untuk membedakan mana produk yang asli dan palsu. Hal ini disebabkan karena memang diantara kedua produk tersebut memiliki tingkat kemiripan bak buah pinang dibelah dua sehingga untuk membedakannya diperlukan suatu kejelian khusus.


Alasan mengapa speaker JBL GO banyak ditiru oleh pasar adalah karena speaker tersebut dirancang oleh brand ternama Harman Kardon yang menjadi salah satu produsen perangkat audio premium yang tak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Antara JBL GO 2 Asli dan Palsu

Karena alasan itu juga speaker JBL GO mengalami peningkatan terhadap permintaan pasar yang secara otomatis turut mempengaruhi peningkatan penjualan produk JBL GO.

Hal itu pula yang menjadi alasan banyak produsen ilegal berlomba-lomba untuk meniru speaker JBL GO yang sengaja dibuat mirip dengan sedemikian rupa.

Produsen ilegal menginginkan kesuksesan dari JBL GO sehingga membuat tiruan dari produk tersebut dengan tujuan memberikan opsi kepada masyarakat yang menginginkan produk serupa JBL GO namun dengan harga yang lebih murah.

Sementara jika dilihat dari segi harga yang ditawarkan tentu JBL GO palsu menawarkan harga yang relatif lebih murah daripada versi originalnya. Harga tersebut dapat mencapai setengah dari harga aslinya. Bayangkan sangat murah bukan?

Soal Kualitas Antara JBL GO Asli Vs Palsu

Menyinggung soal kualitas tentu kita harus menilai dengan seobjektif mungkin, mengingat produk palsu fisik barangnya dibuat sangat mirip mendekati 99 % produk aslinya. Meskipun kesannya mirip namun soal kualitas suara tentu dapat dibedakan antara kedua speaker tersebut.

Walau hanya sekilas mendengarkan maka telinga kita akan langsung bisa membedakannya. Ingat orang bilang ada harga maka ada rupa. Yang artinya bisa saja harga barang dapat mempengaruhi kualitas barang.

Kualitas suara speaker JBL GO asli tentu lebih baik jika dibandingkan dengan JBL GO palsu. Versi asli mempunyai suara yang jernih sehingga balance antara bass dan treble juga lebih tertata rapi dibanding versi palsu.

Baca Juga: Bahaya Menghubungkan Smartphone Android Ke Speaker Aktif Secara Langsung

Secara fisik diantara keduanya mungkin mirip banget tapi daripada kamu membeli JBL GO fake lebih baik beli versi original yang memang telah teruji kualitas suaranya dan dijamin tidak akan menyesal.

Lantas bagaimana cara membedakan JBL GO asli (original) dengan yang palsu (fake) ?
Simak beberapa ciri-ciri berikut ini.

1. Lihat Deskripsi Produk

Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat audio JBL GO baik secara online maupun offline. Sebaiknya kamu melihat secara mendetail informasi terkait produk tersebut. Jika membeli via online pastikan kamu melihat judul dan deskripsi produk dengan teliti. Apabila masih ragu kamu dapat bertanya pada penjual online mengenai spesifikasi serta keaslian produk.

Jika beli via offline, kamu dapat langsung bertanya secara detail kepada penjual mengenai spesifikasi dan keaslian produk JBL GO. Minta kepada penjual untuk menunjukkan produknya sekaligus tes suara secara langsung. Tujuannya agar kamu dapat mendengar langsung kualitas suaranya dan memutuskan apakah ingin membeli produk di toko tersebut.

Baca Juga:
 8 Tips Memilih Speaker Aktif Dengan Kualitas Terbaik

Jika masih belum puas, kamu dapat melakukan perbandingan dengan melihat produk JBL GO di toko lain. Tips yang terpenting ketika berbelanja baik melalui toko online maupun offline ialah harap  lebih teliti untuk mengenali serta mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai produk asli. Dengan demikian, kasus penipuan dapat diminimalisir.

 2. Perhatikan Ulasan Pembeli

Ulasan pembeli dalam toko online dapat kamu jadikan acuan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Ulasan / review pembeli biasanya bersifat jujur dengan menampilkan gambar produk yang sebenarnya. Kamu dapat melihat ulasan pembeli beserta gambar produk yang dilampirkan.

Baca Juga: Simak! Perbedaan Earphone JBL T110 Original dan Palsu

Perhatikan juga apakah ulasan tersebut bersifat positif atau negatif. Jika penilaian positif maka dapat diasumsikan bahwa pembeli tersebut puas sebaliknya jika penilaian negatif berarti pembeli tidak puas terhadap suatu produk tersebut.

Jika dalam toko online yang kamu incar itu penuh dengan ulasan yang positif dari pembeli maka kamu dapat memperhitungkan untuk membeli JBL GO di toko tersebut. Namun jika ulasannya kebanyakan negatif, lebih baik langsung skip dan pindah toko yang lebih direkomendasikan.

Selain itu agar lebih yakin mengenai keaslian produk JBL GO. Kamu dapat melihat review produk tersebut di Youtube. Melalui video kamu akan mendapatkan penjelasan dengan lebih detail juga terperinci mengenai produk.

3. Lihat  Tampilan Fisik Produk

Jika kamu enggan membeli online karena alasan takut ditipu maka alternatifnya kamu dapat langsung melihat produk JBL GO  dengan datang ke toko offline penjual. Dengan melihat langsung tampilan fisik produk, kamu dapat membedakan apakah produk yang dijual asli atau palsu.

Baca Juga: Cara Merawat Speaker Smartphone Agar Awet dan Tetap Jernih Seperti Baru

JBL GO original memiliki desain berbentuk kotak balok sempurna dengan dilapisi logo khas JBL berwarna putih yang sangat presisi. Disisi atas terdapat tombol power, bluetooth, volume up down dan panggilan dibuat agak timbul dan berfungsi semua. JBL GO original hanya memiliki dua jenis penghubung ke sebuah perangkat yaitu melalui bluetooth dan kabel aux.

JBL GO fake/oem biasanya mempunyai logo yang kurang presisi, tombol pengaturan tidak timbul dan keras. Selain itu terdapat tambahan slot memori berjenis micro SD sebagai penyimpanan tambahan.

Nah perhatikan baik-baik ciri-ciri fisik JBL GO original, jangan sampai salah mengenali produk tersebut ya.

4. Pertimbangkan Harga Produk

JBL GO original memiliki harga normal sekitar 250 ribu di pasaran. Jika ada yang menawarkan harga miring jauh dibawah harga normal sebaiknya perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Bisa saja memang harga JBL GO kini telah turun atau memang produk tersebut adalah produk palsu.

Baca Juga: Review Speaker SonicGear P5000 Moby Harga Murah Tapi Suara Menggelegar

Cek secara detail spesifikasi dan fungsi fitur pada produk yang hendak kamu beli. Agar lebih yakin kamu dapat bertanya pada pembeli lain yang telah membeli produk di toko tersebut. Tanya kepuasan mereka terhadap produk yang dibelinya.

5.  Pertimbangkan Garansi Produk

Setiap produk yang masuk secara resmi (legal) tentu akan mendapatkan fasilitas layanan garansi resmi. JBL GO original mempunyai layanan garansi dibawah naungan IMS. Dalam pembeliannya pun selalu dilengkapi dengan scan barcode dan serial number pada kotak boxnya yang nantinya berguna untuk mendaftar garansi produk secara resmi.

Penting untuk selalu membeli produk bergaransi. Agar jika suatu saat produk kita rusak dapat dilakukan perbaikan secara gratis. Syarat dan ketentuan berlaku untuk klaim garansi produk.

Baca Juga: Simak! Tips Mengatasi Permasalahan Speaker Portabel Bluetooth JBL GO!

Artikel diatas mengulas tentang Cara Membedakan JBL GO Asli (original) dan Palsu (fake). Jangan sampai salah membedakannya agar kamu tidak tertipu. Share juga informasi ini pada yang lain ya, terimakasih.

7 komentar untuk "Cara Membedakan Speaker Portabel Bluetooth JBL GO Original (Asli) dan Fake (Palsu)"

  1. Barang palsu sungguh meresahkan produsen asli dan pembeli. Kalau pembeli dapat yang palsu, sungguh rugi.

    Thanks banget nih gan, udah share ini 👍👍

    BalasHapus
  2. Ya terimakasih lah dengan adanya tips ini bisa membantu saya lah dalam membedakan mana yg ori mana yang kw..hh.. produk kw memang menyebalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending beli yang orindong kualitas gk pernah bohong?

      Hapus
  3. Tp gimana min dg jbl go yg kw super.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu kualitas suara tidak sebaik versi original dari JBL GO

      Hapus
  4. Comfort: The AKG K 240 MK II Stereo Studio Headphones really shines in terms of its overall comfort. It deserves at least 5 stars in this department as you can wear it for hours without having to worry about your ears being irritated. Its headband is also adjustable to optimize the comfort that it can provide for anyone who wants to wear them. best wireless headphones

    BalasHapus
  5. Sekarang banyak barang tiruan dan mirip sama JBL dan harga lebih terjangkau, mungkin suaranya yang membedakan juga ya?

    BalasHapus