Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Niche Yang Relatif Aman Untuk Menghindari Persaingan Dengan TribunNews

Pilihan Niche Yang Relatif Aman Untuk Menghindari Persaingan Dengan TribunNews


Niche Untuk Menghindari Tribunnews

Kehadiran TribunNews  menjadi sebuah momok yang begitu menakutkan bagi sebagian blogger Indonesia. Bagaimana tidak? TribunNews yang notabene merupakan situs berita, kini telah merangkak maju demi mencoba keuntungan baru dengan strateginya menyasar berbagai kategori niche tertentu tanpa pandang bulu. Mulai dari niche populer hingga niche receh pun di garapnya.

Niche yang seharusnya tidak termasuk dalam kategori situs berita tetap saja dipaksakan untuk ditulis sehingga artikel yang dihasilkan pun terlihat kurang profesional. Misalnya kemaren di grup FB Blogger Indonesia salah satu member melaporkan bahwa TribunNews sekarang bermain pada niche download dan lirik lagu.

Baca Juga: Tips Cepat Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

Kedua niche tersebut biasanya digarap oleh web dan blog yang memang khusus membahas seputar dowload dan lirik lagu bukan malah dicampur aduk kan menjadi layaknya gado-gado seperti TribunNews.

TribunNews sendiri populer sekaligus dibenci dikalangan blogger karena disebabkan oleh pembuatan judul yang kontroversi. Selain itu judul yang ditampilkan cenderung memuat klik bait bahkan terkadang antara judul dan isi tidak nyambung yang terlihat dipaksakan.

Menurut pandangan dan opini dari sebagian blogger seharusnya media berita raksasa seperti TribunNews tidak perlu membuat judul klikbait seperti itu karena media berita mereka telah dikenal dan mempunyai pembaca setia.

Justru pembuatan judul klik bait berlebihan tanpa disertai kontrol yang disesuaikan dengan kode etik jurnalistik malah akan menurunkan kesan dan pesan yang dibawa oleh situs berita tersebut.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Situs Ke BeaverAds Secara Lengkap (Auto Approve)

Kenapa Konten TribunNews Penuh  Klik Bait ?


Alasannya bukan lain adalah untuk memancing emosi pembaca agar mereka melakukan klik pada tautan yang bertebaran di internet dan media sosial. Tujuan utama mereka  ialah untuk menjaring semua pembaca dari semua kalangan tanpa memperhatikan kualitas konten. Sambil menyelam minum air mungkin itulah filosofi yang cocok untuk TribunNews.

Padahal dalam dunia blogging konten adalah raja dari segala aspek lainnya. Sebuah Blog atau Web dapat dinilai profesional atau tidak juga berdasarkan konten yang disajikan situs tersebut.

Jika situs besar sekelas TribunNews masih membuat judul kontroversi yang tujuannya hanya untuk memancing pembaca saja. Lambat laun situs tersebut akan kehilangan kredibilitas dan legitimasi di mata pembacanya.

Terlebih lagi artikel dari TribunNews selalu menempati urutan pertama dari hasil pencarian Google dikarenakan kepopulerannya. Dengan DA dan PA yang tinggi tentu membuat Google menampilkan situs tersebut selalu pada urutan pertama hampir disemua kata kunci dan niche umum, terkecuali beberapa niche yang membuat TribunNews enggan masuk ke dalam kategori Niche tersebut.

Artikel ini akan membahas beberapa niche yang tidak disasar oleh TribunNews. Dengan mengetahui niche apa saja yang tidak dibabat oleh TribunNews tentu akan membuat para blogger sedikit lebih leluasa bermain pada kategori niche tersebut.


Pilihan Niche Yang Relatif Aman Untuk Menghindari Persaingan Dengan TribunNews


Niche Tutorial


Kata orang niche “Tutorial” menjadi niche abadi yang dalam implementasinya selalu dibutuhkan setiap saat oleh para pembaca. Fokus utama dari niche ini adalah memberikan panduan sederhana tentang “Bagaimana dan Cara” yang biasanya dalam niche tutorial tidak akan tertinggal sebuah gambar penjelasan berdasarkan tutorial apa yang dibagikan oleh situs tersebut.

Membuat niche tutorial tentu sangat menyita waktu karena sebagian besar penjelasannya cukup panjang berbeda dengan artikel yang memuat informasi berita terkini. Alasan inilah yang membuat TribunNews enggan masuk ke dunia tutorial karena agaknya akan lebih menyita banyak waktu dan tentu akan menghambat mobilitasnya untuk menerbitkan ratusan artikel tiap harinya.

Namun bukan tidak mungkin suatu saat nanti TribunNews berubah pikiran dan nekat membuat artikel tutorial? So jangan pikir panjang, segera lakukan, siapa cepat dia dapat!

Niche Source Kode


Dilihat dari namanya memang tidak salah jika niche ini paling dihindari oleh TribunNews. Niche ini memuat seputar kode program dimana dalam setiap artikelnya tentu tidak akan lepas dari yang namanya kode-kode bahasa pemrograman.

Proses bahasa pemrograman yang begitu rumit tentu setiap penulis membutuhkan kualifikasi yang tinggi untuk bisa memahaminya. Selain itu artikel yang memuat source kode membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa diselesaikan.

Alasannya karena setiap kode yang ditampilkan harus disertai penjelasan yang valid dan masuk akal bagi pembaca. Lebih dari itu penulis artikel source kode dituntut untuk jeli dalam menuliskan kode programnya. Karena satu kesalahan saja akan merusak kode yang lain.


Niche Template Blogger


Niche yang berhubungan dengan template memang banyak dicari bagi mereka yang berprofesi sebagai blogger tetapi informasi template tidak akan berlaku pada mayoritas orang. Umumnya niche ini akan memuat seputar informasi dan download template blogger. Keberadaan niche template tentu sangat dibutuhkan oleh para blogger untuk mendukung kegiatan bloggingnya.

Karena sempitnya pembaca membuat TribunNews tidak akan masuk dalam kategori niche yang satu ini. TribunNews cenderung lebih memprioritaskan dan berfokus pada niche yang lebih umum dan user friendly untuk semua pembaca (Mayoritas).

Maka dari itu bermain pada niche ini akan memudahkan kalian untuk mencapai page one Goole karena tidak akan ada yang cukup kuat untuk menyaingi blog atau web kalian kecuali TribunNews itu sendiri.

Niche Themes dan Plugins Wordprees


Themes merupakan sebuah kode yang berfungsi untuk memberikan tampilan menarik pada sebuah blog sedangkan plugins adalah script tambahan yang dirancang untuk mendapatkan fungsi tertentu untuk memaksimalkan kinerja pada Wordprees.

Komponen themes dan plugins tidak akan jauh dari apa yang dinamakan dengan kode pemrograman. Terkadang struktur antara themes dan plugins dibuat berbeda karena untuk memberikan tampilan dan fungsi yang berbeda pula.

Karena kerumitan struktur themes dan plugins membuat TribunNews tidak akan terjun pada niche yang satu ini. Maka dari itu selagi ada kesempatan, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Demikian Artikel Mengenai Pilihan Niche Yang Relatif Aman Untuk Menghindari Persaingan Dengan TribunNews. Semoga bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa share informasi ini pada yang lain. Terimakasih.