-->

Cara Mengubah Tampilan YouTube Menjadi Hitam (Dark Mode) Disertai Gambar

Konten [Tampil]

Cara Mengubah Tema YouTube Menjadi Hitam (Dark Mode)




Merubah Tampilan YouTube Menjadi Hitam


Fitur mode gelap (dark mode) kini menjadi perbincangan hangat dikalangan banyak netizen dunia.

Pasalnya dengan menggunakan fitur dark mode yang terdapat pada aplikasi dinilai dapat memberikan kenyamanan pada mata kita agar menjadi lebih fokus dan tidak cepat lelah saat melakukan penjelajahan di dunia maya. 

Terutama fitur ini sangat berguna saat digunakan pada tempat yang kurang mendapatkan cahaya.

Karena kegunaannya tersebut maka banyak pengembang aplikasi berbasis jejaring sosial berlomba-lomba untuk mengembangkan sebuah fitur dark mode pada setiap aplikasinya.

Bahkan fitur dark mode digadang-gadang menjadi hal yang wajib dihadirkan pada semua aplikasi smartphone termasuk aplikasi YouTube kini juga telah dilengkapi dengan fitur dark mode yang akan memberi manfaat bagi pengguna YouTube yang mungkin saja suka menonton video dalam kondisi gelap alias kurang cahaya.

Manfaat Fitur Dark Mode


Beberapa manfaat dari fitur dark mode pada sebuah aplikasi antara lain:

Menaikkan Kemampuan Membaca Sebuah Teks

Tidak salah lagi menurut jurnal The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention By Richard H. Hall and Patrick Hanna, mengemukakan bahwa spektrum kombinasi antara warna terang dan gelap menjadikan mata seseorang lebih fokus. 

Mengurangi Ketegangan Mata

Fokus berarti memberikan kesempatan penuh pada mata untuk memperhatikan suatu objek. Fokus ini apabila dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama tentu akan mengakibatkan kelelahan pada mata. Dalam kasus ini mata kita cenderung akan cepat lelah saat membaca text pada layar smartphone dalam kondisi ruangan yang kurang pencahayaan.

Namun kamu tidak perlu khawatir pasalnya kehadiran dark mode akan mengurangi ketegangan mata pada saat membaca text smartphone di kegelapan. 

Mengurangi Konsumsi Daya Baterai

Prinsipnya sudah jelas ya apabila kondisi layar ponsel terang tentu akan menyebabkan konsumsi daya baterai menjadi lebih boros daripada kondisi layar ponsel yang redup.

Maka tak heran jika kalian mengaktifkan fitur mode hemat baterai pasti posisi layar akan berganti dari yang semula terang menjadi redup. Hal ini juga berlaku sama pada fitur dark mode pada aplikasi YouTube, kalian bisa dengan lebih leluasa menonton video dengan durasi yang lebih lama.

Nah melihat banyaknya manfaat dari fitur dark mode  seperti yang telah disampaikan diatas maka kini tiba saatnya mengetahui “Bagaimana Cara Mengubah Tema YouTube Menjadi Mode Gelap”. Simak langkah berikut ini.

Cara Merubah Tampilan YouTube Menjadi Dark Mode




1. Buka aplikasi YouTube kalian masing-masing.

2. Lalu klik ikon akun kalian yang terletak di pojok kanan atas (perhatikan gambar)




3. Selanjutnya pilih menu “Setelan

Cara merubah tema youtube dari android, ios, pc


4. Pilih bagian “Umum

Apa itu dark mode dan manfaatnya


5. Pada opsi “Tema Gelap” silakan nyalakan atau aktifkan tema gelap tersebut.

Cara merubah tampilan youtube agar hitam

Maka hasilnya akan seperti gambar berikut.



Note: 
Apabila pada aplikasi YouTube kalian tidak terdapat opsi tema gelap seperti yang ditunjukkan gambar maka kemungkinan aplikasi YouTube kalian telah kadaluwarsa alias belum di update maka silakan update terlebih dahulu.

Bagaimana? Caranya cukup simpel bukan? Tanpa aplikasi tambahan kalian sudah dapat menikmati fitur mode gelap yang disediakan oleh YouTube kapan pun kalian mau!

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kita semua! Jangan lupa share informasi ini ya, Terimakasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

close

Iklan Bawah Artikel

Artikel Terkait: