-->

Cara Memasang Lazy Load Iklan Adsense di Blogger (Blogspot)

Konten [Tampil]

Cara Memasang Lazy Load Iklan Adsense di Blogger



Iklan Adsense Dengan Lazy Load Buat Blog Ringan


Bagaimana perasaan Anda ketika mendapatkan kabar bahwa situs Anda telah resmi diterima menjadi publisher Adsense?

Pasti hampir semua Blogger merasa bahagia ketika mendengarkan kabar bahwa situs mereka telah diterima oleh Adsense. Terutama bagi mereka yang masih dalam kategori Blogger pemula seperti saya ini.

Lalu tanpa berpikir panjang dengan sigap Anda pasti akan segera melakukan pemasangan script kode iklan Adsense tersebut pada situs milik Anda. Tentunya dengan harapan agar dapat segera melihat tayangan iklan Adsense pada situs Anda.

Selesai memasang script iklan Adsense lalu Anda  mencoba mengakses blog dengan maksud untuk melihat tampilan iklan Adsense pada blog. Ketika itu Anda merasakan pemuatan loading blog menjadi lebih lambat dibandingkan sebelum memasang iklan Adsense.

Baca Juga: Tips Cepat Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

Berikutnya Anda mulai tersadar dan berpikir untuk menyimpulkan bahwa script iklan Adsense menjadi penyebab loading blog menjadi lebih lambat. Saya yakin pada momen ini, Anda mulai membenci perubahan kecepatan pada blog Anda yang semakin melambat.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi  hanya dengan memasang lazy load pada iklan Adsense. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu terkait lazy load Adsense sebelum Anda memutuskan untuk memasangnya. Berikut penjelasan singkat versi penulis Droidide.

Apa Itu Lazy Load ?


Secara sederhana Lazy Load merupakan suatu kode script atau plugin yang didesain dan dikembangkan khusus untuk blog atau web dengan fungsi utamanya yaitu untuk menunda perenderan pemanggilan gambar secara otomatis.

Pada prinsipnya penggunaan lazy load pada sebuah situs dapat mempercepat akses halaman yang dimuat tetapi efeknya semua tampilan gambar yang ada akan ditunda untuk sementara waktu.

Selain itu berdasarkan pengalaman dari beberapa teman Blogger yang menggunakan fitur lazy load berpendapat bahwa lazy load merupakan salah satu strategi yang cukup bagus untuk menaikkan kecepatan blog, khususnya bagi pemilik yang blognya telah menampilkan Adsense.

Tak heran jika saat ini Anda sering menemui situs dengan banyak iklan tetapi pemuatan halaman situsnya tetap ringan yang menggunakan lazy load untuk mempercepat pemuatan halamannya.

Meskipun sebenarnya kecepatan blog dipengaruhi oleh banyak faktor seperti template, widget, script yang digunakan pada blog. Namun tetap saja iklan Adsense berpeluang untuk membuat loading blog menjadi lambat.

Sementara itu untuk mendapatkan kecepatan blog yang lebih optimal dan maksimal. Maka Anda dapat mengkombinasikan script lazy load dengan dns prefetch. Lebih lanjut silakan baca Cara Mempercepat Blog Dengan DNS Prefetch.

Cara Kerja Lazy Load Pada Iklan Adsense


Lazy load yang terpasang pada situs Anda akan bekerja secara otomatis dengan cara menunda tayangan iklan Adsense untuk sepersekian detik dan baru kemudian memunculkannya.

Jadi intinya pada proses pertama situs akan memuat informasi berupa data tulisan lalu kemudian data gambar yang dalam kasus ini adalah gambar pada iklan Adsense. Oleh karena itulah loading  halaman situs Anda menjadi semakin cepat pula.

Hal ini justru berbanding terbalik ketika Anda tidak menggunakan lazy load maka situs Anda akan memuat tulisan dan gambar secara bersamaan dan akibatnya loading situs akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Kelebihan dan Kekurangan Lazy Load Iklan Adsense

Untuk kelebihan dari lazy load Adsense adalah kecepatan loading halaman situs akan menjadi lebih cepat dan stabil seperti halnya disaat sebelum terpasang iklan Adsense.

Seperti yang kita ketahui bersama apabila kecepatan loading blog meningkat maka secara otomatis situs tersebut menjadi user friendly terhadap visitor maupun mesin pencari. Visitor akan lebih betah untuk singgah pada blog yang memiliki kecepatan optimal.

Banyak sudah ulasan positif dari para Blogger terkait hadirnya fitur lazyload image ini. Termasuk blog ini Droidide juga menggunakan lazy load untuk optimasi speed terhadap iklan Adsense atau gambar secara keseluruhan.

Dibalik kelebihan pasti selalu ada kekurangan. Ya peribahasa tersebut juga berlaku untuk penggunaan lazy load pada situs Anda.

Kekurangan yang saya maksud disini yaitu untuk beberapa jenis iklan Adsense terkadang tidak mau tayang pada situs kita.

Terserah jika Anda menganggap ini hanya sebagai rumor atau bualan belaka tetapi yang jelas saya sendiri pernah mengalami dimana iklan Adsense menjadi blank (bukan pembatasan) dan hal tersebut baru terjadi beberapa hari setelah memasang lazy load.

Menurut asumsi saya iklan blank ini terjadi karena halaman situs tidak dapat dimuat dengan sempurna sehingga perenderan gambar terhenti begitu saja.

Biasanya kejadian seperti ini sering dialami pada saat mengakses situs di lokasi yang minim jaringan atau low signal.

Cara Pasang Lazy Load Adsense di Blogger


Tutorial pemasangan lazy load adsense yang akan saya berikan ditujukan untuk platform Blogger.

Jika Anda menggunakan web pribadi seperti Wordprees maka Anda bisa mencari referensi lainnya :).

Ikuti langkah berikut ini untuk memasang lazy load Adsense pada situs Blogger Anda.

1. Pertama silakan Anda login terlebih dahulu pada akun Blogger masing-masing.

2. Kemudian masuk ke Tema / Theme > Edit HTML. Jika Anda pengguna ponsel Android, Ios maka untuk memudahkan proses Edit HTML Anda dapat menggunakan  aplikasi Quick Edit. Lebih lanjut silakan baca juga Cara Edit Template Blogger Lewat HP.

3. Setelah masuk ke dalam halaman edit maka selanjutnya silakan Anda menghapus kode script Adsense di bawah ini.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> 

Sehingga hasil kode scriptnya hanya tinggal seperti berikut.

<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-12345678890123"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Perhatian: Jika Anda tidak menemukan kode tersebut pada Tema / Theme maka silakan untuk mencarinya melalui menu Tata letak di dasbor Blogger > gadget iklan Adsense Anda.  Kasus ini terkadang terjadi untuk beberapa template Blogger.

4.  Silakan masukkan kode script lazy load berikut tepat berada di atas </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense by dewa plokis
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/dewaplokis/[email protected]/dewablock.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

5. Terakhir silakan simpan Tema untuk menyimpan perubahan. Sementara itu sekarang waktunya Anda untuk melakukan tes speed dengan cara mengakses blog Anda tersebut.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara memasang script lazy load Adsense di Blogger. Lazy load secara otomatis akan menambah kecepatan blog dengan cara melakukan penundaan tayangan gambar pada sebuah situs.

Bahkan Google sendiri telah merekomendasikan agar memanfaatkan fitur lazy load untuk digunakan sebagai bagian dari optimasi blog.

Demikian informasi tentang "Cara Memasang Lazy Load Iklan Google Adsense" untuk Blogger atau Blogspot. Semoga dapat dipahami dan diterapkan pada situs Anda masing-masing. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

close

Iklan Bawah Artikel

Artikel Terkait: