√ Cara Mengatasi Pembatasan Iklan AdSense Dalam Waktu Singkat - Droidide

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan AdSense Dalam Waktu Singkat

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan AdSense Dalam Waktu Singkat. Tips Menebas Pembatasan Iklan AdSense Dengan Cepat.

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Iklan Google Yang Dibatasi Dengan Cepat




Cara Mengatasi Pembatasan Iklan AdSense Dengan Cepat


Sudah bukan menjadi rahasia umum, hal yang paling membahagiakan bagi seorang Blogger adalah disetujui menjadi publisher Adsense dan sebaliknya hal yang paling menyebalkan bagi mereka adalah mengalami penayangan iklan Adsense sedang dibatasi.

Istilah pembatasan iklan sendiri merupakan kebijakan baru yang dibuat oleh Google pada akhir tahun 2019 dengan tujuan untuk melindungi para pengiklan, penayang dan pengguna dari penipuan serta pengalaman iklan yang buruk. Apabila situs anda terbukti melanggar kebijakan yang telah diberlakukan Google, maka bersiaplah untuk menerima sanksi berupa pembatasan iklan pada akun Adsense anda.

Jika akun Adsense anda telah terkena pembatasan iklan maka hal ini akan menyebabkan tayangan iklan Adsense pada situs yang semula tampil menjadi tidak muncul sama sekali alias tayangan iklan menjadi blank sehingga hanya akan menunjukan kondisi slot iklan kosong pada situs anda.

Sedangkan jika anda berlarut-larut membiarkan kondisi iklan Adsense dalam keadaan blank pada situs anda. Maka hal tersebut tentu akan berakibat buruk pada penghasilan anda, karena tayangan iklan menurun dan tidak adanya lalu lintas klik iklan yang terjadi seperti sebelum terkena pembatasan iklan.

Cara Mengetahui Akun Adsense Terkena Pembatasan Iklan



Untuk mengidentifikasi apakah akun Adsense anda terkena pembatasan atau tidak adalah dengan melihat notif atau email Adsense anda. Biasanya pada akun Adsense terdapat notif merah yang berbunyi "Jumlah iklan yang dapat anda tampilkan telah dibatasi. Buka Pusat kebijakan untuk melihat detailnya".

Perlu anda ketahui, jika anda tidak mendapatkan notif atau email khusus terkait pembatasan iklan dari Google Adsense maka dapat dipastikan hal tersebut bukanlah sebuah pembatasan iklan.

Terkadang beberapa iklan Adsense yang blank tidak serta merta terkena pembatasan iklan. Melainkan ada alasan atau penyebab lain kenapa iklan Adsense anda tidak dapat ditampilkan meskipun sebenarnya anda tidak terkena pembatasan iklan. Hal itu bisa saja muncul dari kesalahan pemasangan script LazyLoad iklan Adsense pada situs anda.

Awal Mula Terkena Pembatasan Iklan Oleh Adsense

Saya ingin sedikit bercerita mengenai pengalaman saya menyelesaikan pembatasan iklan ini. Blog yang anda baca saat ini secara resmi di approve oleh Adsense pada tanggal 28 Februari 2020 dan terkena pembatasan mulai tanggal 04 Maret 2020. Bayangkan hanya berselang 8 hari akun Adsense saya telah dibatasi oleh Adsense.

Pembatasan iklan Adsense pada situs ini murni bukan merupakan kesalahan saya karena satu hari sebelumnya tepatnya tanggal 03 Maret 2020, situs ini mendapatkan serangan bom klik bertubi-tubi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian ketika saya melakukan cek pada dashboard Adsense, seketika itu juga saya terkaget sekaligus terkagum karena terdapat hampir sejumlah 200 klik dalam akun Adsense milik saya. Dengan klik sebanyak itu saya mendapatkan earning sebanyak 300 ribu lebih hanya dalam satu kali waktu atau sehari saja.

Pada awalnya saya merasa senang dan bahagia tapi ternyata kesenangan tersebut tidaklah bertahan lama karena keesokan harinya saya mendapatkan notif beserta email pembatasan dari Google Adsense. Notif tersebut menyatakan bahwa situs saya mengalami "Invalid Traffic atau Trafik Tidak Valid". Dan seketika itu pula iklan Adsense pada situs ini berhenti menayangkan iklannya.

Pembatasan iklan yang saya alami ini berlangsung sekitar 1 bulan lebih dan pembatasan iklan ini tidak hanya datang sekali tetapi sampai dengan tiga kali akun Adsense saya dibatasi oleh Google Adsense.


Penyebab Penayangan Iklan Dibatasi Oleh Adsense



Jika kita mengacu pada kebijakan yang ditetapkan Google Adsense terkait pembatasan iklan ini maka terdapat 2 alasan yang berlaku mengapa situs anda terkena pembatasan iklan. Alasan pertama adalah karena akun Adsense masih dalam penilaian dan alasan kedua adalah karena adanya traffic tidak valid.

Disadari atau tidak, ketika anda mengalami pembatasan iklan Adsense maka yang terjadi sebenarnya adalah anda telah melanggar kebijakan Adsense itu sendiri tetapi anda tidak menyadari hal itu. Sementara itu Google dapat memantau lalu lintas pengunjung anda yang menurutnya tidak wajar dan dianggap manipulatif sehingga dapat merugikan pihak pengiklan. Berikut penjabaran lebih lanjut mengenai penyebab tayangan iklan Adsense dibatasi.

1. Akun Sedang Dinilai

Apa maksudnya akun sedang dinilai? Google secara langsung memantau kualitas traffic situs untuk mendapatkan data dari mana sebenarnya traffic situs anda berasal. Jika ditemukan traffic yang dirasa tidak wajar misalnya visitor terbanyak berasal dari visitor non organik maka bisa saja akun Adsense anda lambat laun akan terkena pembatasan untuk sementara waktu.

Google akan terus meninjau atau mengawasi kualitas traffic yang dihasilkan oleh situs anda dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Biasanya pembatasan iklan dengan alasan "Akun Sedang Dinilai" sering kali terjadi pada akun Adsense yang baru dibuat. Tetapi yang perlu diingat adalah hal ini tidaklah bersifat mutlak.

2. Masalah Traffic Tidak Valid

Masalah traffic tidak valid menjadi salah satu alasan yang paling sering muncul dikalangan Blogger terkait pembatasan iklan Adsense yang mereka alami. Google mencurigai adanya lalu lintas traffic yang tidak wajar pada situs anda. Beberapa indikator sitem Google traffic tidak valid terhadap situs anda meliputi:

(Klik iklan secara berulang-ulang dalam satu kali waktu)

Hal ini termasuk seperti kasus saya yang terkena pembatasan yang disebabkan oleh bom klik iklan dari oknum Blogger yang tidak bertanggung jawab. Ketika ada orang yang melakukan bom klik iklan secara bertubi-tubi pada situs anda maka bersiaplah untuk terkena pembatasan iklan.

(Klik iklan sendiri dengan disengaja atau tidak disengaja)

Seperti yang kita tahu, melakukan klik iklan sendiri sudah pasti melanggar kebijakan yang dibuat oleh Google. Pihak mereka tentu akan mencurigai IP pemilik akun yang melakukan klik iklan sendiri secara berulang-ulang dengan disengaja maupun tidak disengaja.

(Menggunakan script auto klik iklan, floating ads dan auto visitor)

Kegiatan memanipulasi traffic seperti penggunaan bot visitor merupakan sebuah pelanggaran kebijakan. Sementara itu memasang script iklan yang bersifat auto klik atau floating ads tentu saja juga melanggar kebijakan Google Adsense.

Hal ini berlaku, karena hanya akan merugikan pengunjung juga para pengiklan karena jangkauan konsumen mereka tidak dapat terpenuhi sesuai dengan apa yang telah ditargetkan.

(Menggunakan kalimat bujukan yang bersifat persuasif)

Kalimat persuasif digunakan dengan tujuan agar pengunjung terpengaruh untuk melakukan klik iklan pada situs anda. Hal tersebut juga tidak diperbolehkan oleh kebijakan Google Adsense karena dianggap menipu pengunjung situs.

Sebaiknya anda memasang iklan Adsense sesuai dengan aturan serta kebijakan yang diberlakukan oleh Google Adsense.

Perlu anda pahami sejak awal bahwa pembatasan iklan Adsense bukanlah sebuah banned melainkan sanksi sementara yang diterapkan Google Adsense terhadap situs anda dengan cara mencabut tayangan iklan untuk sementara waktu.

Anda tetap bisa mengakses akun Adsense seperti sebelumnya hanya saja disini iklan tidak akan ditayangkan sebelum permasalahan situs dianggap selesai oleh Google Adsense.


Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense



Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami selama terkena pembatasan iklan oleh Adsense. Saya menemukan sebuah pola tersendiri untuk mengatasi permasalahan ini. Namun cara yang saya share kali ini tidak bersifat mutlak dan pasti berhasil untuk diterapkan pada  pembatasan yang anda alami saat ini.

Pada beberapa kasus, pembatasan dapat hilang dalam waktu singkat dan sebaliknya dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama bahkan dalam jangka berbulan-bulan.

Perlu saya tekankan bahwa saya bukanlah orang yang dapat memberikan jaminan serta kepastian pada anda mengingat pihak Google sendiri hanya memberikan beberapa petunjuk singkat untuk menebas kasus pembatasan iklan ini, selebihnya kita sebagai Blogger harus menerjemahkan petunjuk yang diberikan sekaligus melakukan eksperimen untuk menghilangkan pembatasan iklan tersebut.

Oke baiklah, silakan simak Trik Menebas Pembatasan Iklan Adsense berikut:

1. Mengatasi Akun Sedang Dinilai

Jika alasan pembatasan iklan dikarenakan akun sedang dinilai? Maka cara mengatasinya cukup mudah yaitu anda hanya perlu memperbarui konten situs anda dengan konsisten. Membuat postingan yang unik, fresh serta berkualitas akan mempercepat situs anda terbebas dari hukuman ini.

Jika anda tidak mempunyai ide untuk membuat artikel setiap harinya maka anda dapat memulai dengan hal-hal kecil seperti mengupdate konten lama yang telah usang menjadi lebih baik lagi.

Pada era algoritma terbaru, Google cenderung menyukai situs-situs yang aktif dalam memperbarui konten-kontennya sekalipun itu merupakan sebuah konten yang lama dipublikasikan. Selain itu konten lama yang diperbarui dengan lebih unik, fresh dan berkualitas dapat berpotensi bersaing di serp Google. Pihak Google ingin memastikan bahwa anda benar-benar serius untuk menjalin kerjasama dengan mereka.

Namun pastikan juga ketika memperbarui konten situs, anda tidak melanggar peraturan dan kebijakan yang dibuat oleh Google.

2. Mengatasi Traffic Tidak Valid

Apa yang harus dilakukan ketika pembatasan iklan disebabkan oleh traffic yang tidak valid? Jika anda mendapatkan alasan yang seperti itu maka yang harus anda lakukan adalah cukup memperbaiki lalu lintas traffic situs anda.

Perhatikan sumber traffic situs anda berasal dari mana? Pada kebanyakan kasus invalid traffic terjadi ketika situs anda mendapatkan trafik dari situs-situs bot ilegal atau auto visitor yang banyak beredar di internet.

Entah anda sengaja atau tidak yang jelas situs penambah visitor seperti itu tidak diperbolehkan oleh Google karena dianggap melanggar kebijakan yang berlaku. Ketika situs anda mendapatkan ribuan traffic yang berasal dari bot maka situs anda akan dideteksi oleh Google sebagai situs spam dan berbahaya bagi orang lain.

Google tidak ingin pihak pengiklan sebagai mitra utama mengalami kerugian karena disebabkan adanya traffic yang tidak wajar dari situs bot tersebut. Berikut hal-hal yang harus anda lakukan ketika terkena pembatasan dengan alasan trafik tidak valid.

1. Kaitkan Akun AdSense dengan Google Analytics

Tujuan utama kenapa anda harus mengaitkan akun Adsense anda dengan Google Analytics adalah supaya anda dapat memantau secara langsung sumber trafik yang situs anda peroleh setiap harinya.

Anda sebagai pemilik situs dapat mengetahui jumlah trafik situs secara real time mulai dari visitor asli atau bot yang sedang berada pada situs anda saat ini juga.

Periksa sumber trafik yang disinyalir dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan situs anda misalnya situs bot auto visitor yang mampir pada statistik anda. Jika menemukan hal tersebut maka jangan tunggu lama anda dapat melakukan disavow link pada link yang telah anda curigai tersebut.
Oleh karena itu menurut asumsi saya, pembatasan iklan terjadi dapat diakibatkan oleh ketidakramahan sumber trafik yang masuk pada situs kita.

2. Hindari Memasang Script Iklan AdSense

Memang tidak ada aturan tertulis mengenai boleh atau tidaknya memasang kode iklan selama akun Adsense anda sedang dibatasi. Hal ini juga sebenarnya masih banyak diperdebatkan dikalangan Blogger itu sendiri.

Tetapi karena konteks artikel ini merujuk pada pengalaman pribadi penulis maka saya sebagai penulis masih mempercayai jika lebih baik anda untuk sementara waktu saja menghindari pemasangan kode iklan pada situs anda.

Entah ini berhubungan secara langsung atau tidak, namun berdasarkan pengalaman saya setelah melepaskan semua kode iklan yang terpasang maka tidak lama kemudian notif pembatasan iklan tersebut hilang begitu saja.

Sementara itu jika anda tetap nekad memasang kode iklan tersebut maka yang terjadi adalah tampilan iklan menjadi blank hingga terjadi sekat mirip paragraf yang sengaja dikosongkan. Hal tersebut tentu saja akan cukup mengganggu pengunjung situs anda.

3. Membuat Konten Baru Yang Unik dan Berkualitas

Slogan yang mengatakan bahwa konten berkualitas adalah kunci kesuksesan anda dalam membangun sebuah situs, rupanya bukan hanya bualan belaka. Berdasarkan update algoritma terbaru saya menganalisa konten-konten unik dan fresh mendapatkan posisi terbaiknya di serp.

Jika demikian maka seiring berjalannya waktu,  mempublish konten baru pada situs anda dapat memperbesar peluang situs untuk mendapatkan visitor unik organik dari Google. Dengan hal ini pula lalu lintas trafik situs anda akan jauh terlihat lebih baik daripada sebelumnya.

Tidak hanya itu, melakukan update konten baru secara rutin juga dapat meningkatkan popularitas situs anda di mata mesin pencari seperti Google. Situs anda dinilai aktif membuat konten baru yang bermanfaat bagi pengunjung anda.

Trafik tidak valid bisa saja terjadi karena minimnya visitor organik pada lalu lintas trafik situs anda dan hal ini dapat disiasati dengan melakukan pembaruan pada konten-konten situs secara berkala. Dengan begini pelan tapi pasti pengunjung situs anda dapat meningkat.

4. Ganti Template (Tidak Wajib)

Saya pernah membaca literasi tentang pembatasan iklan Adsense ini. Buku tersebut menyarankan agar ketika kita sedang mengalami pembatasan iklan maka bisa dicoba untuk mengganti template situs dalam beberapa waktu kedepan.

Saya mencoba menerapkan saran dari buku tersebut dan hasilnya its work pada akun Adsense yang saya miliki. Memang hal ini tidak masuk akal dan mungkin tidak berhubungan secara langsung tetapi  dalam buku tersebut menjelaskan bahwa proses mengganti template situs berarti merubah juga beberapa struktur data dari template awal yang digunakan.

Google menganggap ada suatu perubahan pada struktur situs anda dalam hal ini template yang anda gunakan tersebut dan mungkin saja Goole juga menganggap hal ini sebagai perubahan yang fresh pada situs selain konten anda.

Tetapi sekali lagi saya tekankan bahwa ini hanya sebuah asumsi berdasarkan pengalaman saya yang telah berhasil terlepas dari pembatasan iklan. Anda juga dapat melakukan eksperimen sendiri dan barangkali menemukan cara tersendiri untuk mengatasi pembatasan iklan ini.

5. Sabar Menunggu Untuk Sementara Waktu

Karena pembatasan iklan sifatnya adalah hukuman atau sanksi sementara dari Google Adsense maka mau tidak mau, anda harus sabar menunggu untuk menikmati prosesnya. Pada poin diatas telah saya jelaskan jika cara ini tidak akan membuat akun Adsense anda dapat lepas dengan cepat atau instan.

Semua kembali kepada pengalaman pengguna, memang pada beberapa kasus dalam jangka waktu satu minggu saja sudah dapat terlepas dari hukuman ini. Tetapi ada juga kasus-kasus tertentu yang membutuhkan waktu berbulan-bulan hanya untuk lepas dari pembatasan iklan ini.

Kasus pembatasan iklan yang saya alami bertahan dalam jangka kurang lebih satu bulan lamanya. Setelah itu barulah notif peringatan hilang dan iklan dapat tayang kembali seperti sedia kala.

Tips Lepas Pembatasan Iklan Dalam Waktu Singkat


Ini merupakan tips yang saya terapkan ketika sedang mengalami pembatasan iklan sebanyak 3 kali.

Pembatasan pertama berjalan selama 1 bulan sedangkan pembatasan kedua dan ketiga berjalan masing-masing kurang lebih seminggu. Berikut tips singkat lepas dari pembatasan iklan:

1. Mencopot semua kode iklan yang terpasang dalam situs.

2. Mengupdate konten baru dan lama secara rutin untuk memperbanyak visitor organik.

3. Berhenti share artikel ke sosmed untuk sementara waktu guna meningkatkan visitor organik.

4. Mengganti template situs untuk sementara waktu (OPTIONAL).

5. Sabar dalam menunggu dan juga berdoa.

Demikian artikel tentang "Cara Mengatasi Penayangan Iklan Adsense Dibatasi". Semoga akun Adsense anda dapat segera terbebas dari pembatasan iklan secepat mungkin. Terimakasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.
Konten Unggulan Kami:

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Ndres Pratam
+62 877-6179-2906
Call us to +62 877-6179-2906 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami