2 Cara Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Tampilan Gambar

Konten [Tampil]

2 Cara Kompress Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Tampilan Gambar




2 Cara Kompress Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Tampilan Gambar

Salah satu cara untuk mengoptimalkan konten agar menarik pembaca dan lebih SEO friendly adalah dengan menyertakan gambar pendukung. Melakukan optimasi gambar menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel yang berkualitas.

Namun keberadaan suatu gambar terkadang membuat loading blog menjadi berat dan lama. Maka kita perlu mengkompres gambar atau resize ukuran file tersebut.

Ukuran gambar atau file yang kita gunakan dalam setiap konten berbeda-beda muatan file-nya.

Semakin besar ukuran file gambar atau foto, maka loading menjadi berat dan lama sehingga berpotensi memberikan dampak negatif pada blog.

Sebenarnya tidak hanya faktor gambar atau foto yang membuat loading blog menjadi berat. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kecepatan loading blog seperti script pada template, widget pada blog, bahkan koneksi jaringan internet yang bermasalah.

Pada dasarnya ada tiga jenis format gambar yang sering di pakai untuk blog, yaitu PNG, JPEG/JPG dan GIF. Ketiga jenis format ini biasanya memiliki ukuran file yang besar sehingga bisa membuat kerja blog jadi berat dan terkesan lama hanya untuk sekedar loading.

Jika anda membuat konten berjenis tutorial atau panduan, tentunya membutuhkan beberapa gambar untuk memperjelas tutorial anda tersebut. Untuk itu anda harus mengurangi ukuran file pada tiap gambar yang digunakan agar ringan saat loading.

Ringankan Loading Blog, Kompres Gambar Anda


Cara sederhana dan sering digunakan oleh para blogger untuk memperkecil ukuran file adalah dengan teknik kompres. Untuk mengkompres gambar bisa dilakukan secara offline dengan bantuan software yang di instal langsung ke komputer, atau bisa dilakukan secara online dengan bantuan situs kompres online.

Kompres Gambar Secara Offline


Ada beberapa software yang bisa anda gunakan untuk mengkompres gambar, yaitu :

  • Fileminimizer Picture
  • PNGGauntlet
  • Riot
  • JPEGmini

Silahkan anda kunjungi salah satu situs software diatas, kemudian download dan instal dalam laptop anda. Selain itu anda yang familiar dengan Photoshop pasti tidak kesulitan untuk memperkecil ukuran file gambar juga dengan software olah gambar tersebut.

Ada satu lagi cara kompres gambar dengan software yang menurut saya paling simpel dan sering saya gunakan, yaitu dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager.

Program ini langsung terdapat dalam satu paket instalasi Microsoft Office 2010, sedang pada Microsoft Office 2013 malah tidak ada dan harus diinstal tersendiri dengan program Sharepoint Designer.

Langsung saja untuk caranya sebagai berikut :

1. Klik kanan gambar yang mau dikompres

2. Pilih Open With

3. Cari dan click Microsoft Office Picture Manager

4. Klik menu Picture

5. Klik Compress Picture

6. Silahkan pilih jenis penggunaannya. Untuk mengkompres gambar pilih ukuran Web Pages dengan resolusi 448 x 336 px

7. Lihat perubahan hasil compress dari file asli ke file hasil compress sesuai pilihan no 7

8. Kemudian klik ok

9. Pilih Menu Save As untuk menyimpan gambar dengan nama lain, agar file asli tetap bisa dipertahankan.
Selesai


Kompres Via Online


Kalau anda tidak mau ribet masalah download dan instalasi program, anda bisa menggunakan bantuan situs kompres online.

Yang perlu diingat, kecepatan proses kompres secara online ini sangat tergantung dari koneksi internet anda.

Sebenarnya ada beberapa situs kompres online yang ada di internet, tapi menurut saya ada 2 situs yang cara kerjanya sangat sederhana tetapi kualitas gambar hasil kompresinya sangat baik.

[Compressnow.com]

Situs kompres online ini bisa mengkompres berbagai format file gambar. Tetapi untuk format JPEG hasilnya kurang begitu maksimal meskipun sebenarnya bisa. Jadi saya menyarankan memakai situs ini untuk gambar berformat PNG dan GIF.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Buka browser Anda lalu ketik alamat ini http://compressnow.com/



1. Kemudian upload gambar berformat PNG atau GIF anda yang ingin diperkecil ukuran filenya melalui tombol “upload image”.

2. Pada menu “compression level” silahkan geser slide dan tentukan prosentase besar ukuran perubahan file yang diinginkan. Ambil contoh geser hingga 50% dari ukuran file 125,28 kb.

3. Kemudian klik tombol “compress now”.

4. Beberapa saat kemudian hasil kompres gambar akan muncuk. Perhatikan reduksi gambar. Misalnya ukuran file dari 125,28 kb menjadi 20.04 kb dengan penurunan reduksi 105.24 kb dengan kompresi level 50%.

5. Untuk menyimpan gambar, silahkan klik tulisan DOWNLOAD pada gambar hasil kompresi. Anda juga bisa merubah hasil kompresi ke format JPG, caranya klik kanan gambar pada lalu pilih ' save as ' dan pilih type JPEG.

[Jpeg-optimizer.com]

Gambar dengan format JPEG paling ringan dibandingkan format yang lainnya. Namun, meski berformat JPEG apabila ukuran file terlalu besar juga perlu direduksi muatan file nya.

Berikut ini cara memperkecil gambar format JPEG :

Silahkan menuju ke alamat ini http://www.jpeg-optimizer.com/

1. Kemudian upload gambar JPEG anda pada kotak bertuliskan “Choose File”. Aturlah level kompresi nya (pilih saja 50).

2. Hilangkan tanda centang pada kotak “resize photo”.

3. Lalu klik “optimize photo”.

4. Perhatikan perubahan reduksi pada gambar yang di hasilkan. File awal 48.8 kb diperkecil hingga 15.4 kb, mengalami reduksi sebesar 68,4 %  dengan level kompresi 50 %.

5. Untuk enyimpan gambar silahkan mendownload nya dengan cara klik kanan pada gambar hasil kompresi. Lalu pilih “save as” pada komputer anda. Gambar hasil kompres siap digunakan untuk konten blog.

Demikian sedikit coretan saya mengenai bagaimana kompres gambar untuk menunjang pembuatan artikel blog agar lebih ringan saat blog dibuka oleh pengunjung blog.

Jika ada pertanyaan atau ingin berkomentar mengenai artikel ini, silahkan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.
No plagiarism found!
Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel