Cara Mengalihkan Halaman Error 404 Not Found Menuju Ke Home Page (Khusus Blogger)

Konten [Tampil]

Cara Redirect Halaman Error 404 Not Found Menuju Ke Home Page (Platform Blogger)

Cara Redirect Halaman 404 Not Found Menuju Ke Home

Bagi seorang Blogger mungkin sudah tidak asing lagi terhadap istilah broken link atau kesalahan link pada sebuah halaman situs.

Halaman error 404 Not Found merupakan salah satu bentuk kesalahan yang cukup sering terjadi terhadap halaman sebuah situs.

Biasanya tanda ketika sebuah halaman link rusak atau bermasalah yaitu saat link tersebut diakses maka akan menunjukkan tulisan "Not Found 404" yang artinya bahwa konten tidak ada atau telah dihapus.

Kabar buruknya, jika anda sebagai pemilik situs membiarkan halaman error 404 not found sampai berlarut-larut maka tentu akan berdampak negatif pada popularitas situs anda. Efek ini terjadi secara nyata akan menurunkan beberapa rangking artikel anda yang telah menempati posisi terbaik pada SERP.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada URL Blogger

Penyebab Halaman Error 404 Not Found


Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan situs anda mengalami halaman error 404 not found. Namun pada intinya kesalahan 404 terjadi ketika adanya ketidaksesuaian antara URL yang diketik dengan  yang dituju sehingga menyebabkan halaman error 404 tersebut. Berikut penyebab umum yang dapat mengakibatkan broken link.

1. Mengganti Permalink


Mengganti permalink berarti anda mengganti struktur awal dari permalink yang telah anda buat sebelumnya. Hal ini tentu akan menyebabkan ketidaksesuaian link yang hendak dituju. Misalnya permalink awal artikel anda adalah http://blogkamu.com/cara-membuat-blog kemudian dirubah menjadi http://blogkamu.com/tips-membuat-blog

Meskipun disini perubahan terlihat sangat sedikit antara kata c" berganti dengan "tips" tetapi jangan salah justru hal tersebut dapat mengakibatkan halaman error pada sebuah halaman situs.

Lebih lanjut setiap orang yang mengakses situs anda melalui permalink awal tentu saja mereka pasti akan menemukan halaman error 404 karena perubahan permalink tersebut.

Sementara itu hal ini juga dapat mempengaruhi nilai bounce rate pada situs anda.

Pada akhirnya pergantian permalink akan berdampak cukup serius terhadap situs anda terutama saat permalink awal situs telah di index oleh mesin pencari dan telah ditampilkan pada posisi SERP terbaiknya.

Baca Juga: Cara Memasang Notifikasi Cookie Pada Blogger Dengan Mudah dan Simpel


2. Kesalahan Menulis Tautan Link Artikel


Beberapa dari kita terkadang kurang teliti saat menulis tautan link artikel yang benar dan sesuai. Sebenarnya kasus ini mirip dengan poin pertama yang telah diulas sebelumnya yaitu ketidaksesuaian antara link.

Dan secara umum kita kerap melakukan kesalahan saat menautkan link berupa internal link yang salah atau mungkin sebenarnya permalink telah berganti dengan permalink yang baru tetapi kita lupa tetap menggunakan permalink yang lama.

2 Cara Alternatif Memasang Widget Google Translate di Blogger

3. Berganti Domain


Percaya atau tidak mengganti domain dapat menyebabkan broken link atau halaman error 404 not found. Jika anda mengganti domain situs maka secara otomatis struktur URL situs juga akan mengalami perubahan yang signifikan.

Perubahan struktur URL tentu saja akan membuat ketidaksesuaian antara link yang berasal dari domain lama menuju ke link domain baru sehingga menciptakan sebuah broken link atau error 404 not found pada sebuah halaman situs.

Baca Juga: Tips Cepat Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

Tutorial Redirect Halaman Error 404 Not Found Dengan Cepat


Cara yang akan saya bagikan kali ini merupakan cara yang terlihat simpel tetapi meski begitu dalam penerapannya tentu akan sebanding dengan kinerja atau hasil yang ditawarkan. Mengapa demikian?

Karena tutorial redirect atau pengalihan halaman error yang akan saya share saat ini mempunyai manajemen waktu yang cukup baik tanpa perlu menunggu waktu meskipun hanya beberapa detik.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Situs Ke Adsterra.com Secara Lengkap (Alternatif AdSense)

Hal ini tentu berbeda dengan beberapa cara kebanyakan yang biasanya memerlukan waktu tunggu beberapa detik untuk beralih menuju ke halaman home page situs. Berikut simak langkah-langkahnya:

1. Masuk ke akun Blogger anda masing-masing.

2. Pergi ke bagian menu Tema > Edit Tema

3. Silakan cari kode HTML </body> dengan bantuan CTRL + F.

4. Kemudian copy dan paste kode JS (Javascript) berikut tepat diatas tag </body>


<b:if cond='data:blog.pageType in {"error_page"}'>
<script>
setTimeout(function () {
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
});
</script>
</b:if>

Atau

<b:if cond='data:blog.pageType in {"error_page"}'>
<script>
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
</script>
</b:if>

5. Terakhir Simpan dan selesai

Penutup

Jangan biarkan situs anda berlama-lama mengalami broken link atau halaman error 404 not found karena hal ini akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap perkembangan situs anda. Ada baiknya anda melakukan pengecekan broken link secara berkala melalui Google Search Console.

Demikian artikel mengenai "Cara Redirect Halaman Error 404 Not Found Menuju Ke Home Page (Platform Blogger)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel