Cara Menghilangkan Bunyi Decit Pada Rem Cakram Motor Dengan Benar

Konten [Tampil]

Cara Menghilangkan Bunyi  Decit Pada Rem Cakram Motor Dengan Benar

Cara Menghilangkan Bunyi  Decit Pada Rem Cakram Motor Dengan Benar

Ketika musim penghujan telah tiba maka sebagai pemilik motor, anda diwajibkan untuk memberikan perhatian ekstra terhadap motor yang anda miliki.

Selain harus rutin mencuci sepeda motor agar bersih maka anda juga perlu untuk melakukan perawatan seperti rutin melumasi rantai motor, serta selalu memeriksa tekanan pada ban dan masih banyak hal lain yang perlu untuk anda diperhatikan.

Perawatan ini dilakukan dengan tujuan supaya masalah atau kendala tidak muncul pada komponen inti motor anda.

Salah satu masalah yang cukup sering muncul pada motor disaat musim penghujan adalah rem motor yang sering mengeluarkan suara decitan panjang.

Untuk bunyi berdecit ini tentu saja akan sangat mengganggu pendengaran baik bagi pemilik  motor maupun pengendara lain.

Terlebih lagi suara rem berdecit mungkin akan membuat kita merasa minder atau bahkan kurang percaya diri pada saat berkendara.

Penyebab Rem Bunyi Berdecit Pada Motor


Bunyi berdecit pada rem cakram yang cukup mengganggu ini diakibatkan oleh adanya debu yang terkena air sehingga menempel pada bagian kanvas rem atau pada cakram rem motor tersebut.

Karena debu yang menempel tersebut nantinya akan bergesekan dan menghasilkan bunyi berdecit yang tentu saja sangat mengganggu pendengaran saat anda berkendara.

Sementara itu bunyi tersebut akan semakin terdengar cukup keras disaat anda sedang melakukan pengereman atau menginjak tuas rem motor.

Selain disebabkan oleh adanya debu yang menempel pada kanvas atau rem, bunyi tersebut juga dapat disebabkan karena ausnya kanvas rem motor sehingga mengakibatkan gesekan antara besi piringan cakram atau disknya.

Solusi Mengatasi Bunyi  Decit Pada Rem Cakram Dengan Benar


Maka dari itu cara untuk menghilangkan bunyi tersebut anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apakah penyebabnya.

Jika diakibatkan oleh kampas rem yang  kondisinya telah aus maka langkah untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti kampas rem lama dengan kampas rem yang baru.

Sedangkan bila penyebabnya adalah komponen rem yang kotor atau berdebu, maka sebaiknya anda melakukan pembersihan secara berkala pada komponen rem yang berdebu tersebut.

Anda bisa membersihkan kanvas rem dengan memakai amplas, kemudian jangan lupa juga untuk membersihkan cakram.

Tidak hanya itu, agar semakin bersih maka sebaiknya anda menggunakan sabun untuk membersihkan rem cakram motor kesayangan anda tersebut.

Rutin Membersihkan Rem Cakram


Pada waktu musim penghujan seperti sekarang ini, maka anda harus rutin untuk melakukan servis di bengkel, hal tersebut disebabkan pada saat musim penghujan motor sangatlah memerlukan perawatan yang lebih ekstra.

Untuk perawatan rutin yang dibutuhkan seperti pengecekan rem, tune up ringan, kondisi ban, rantai motor dan masalah yang lain.

Demikianlah informasi Cara Mengatasi Bunyi Decit Pada Rem Cakram Motor Dengan Benar.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa berguna dan tentu saja bermanfaat untuk anda semua, dan menambah wawasan dalam dunia otomotif terima kasih banyak atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel