-->

8 Cara Agar Baterai Hp Awet Tahan Lama Tanpa Aplikasi

Konten [Tampil]

8 Cara Agar Baterai Hp Awet Tahan Lama Tanpa Aplikasi


Penggunaan smartphone android kian hari semakin meningkat. Hal itu dikarenakan ada banyak sekali kemudahan yang dapat kita rasakan. Misalnya saja, kita dapat melakukan panggilan video call melalui aplikasi chatting, mengirimkan pesan elektronik, bermain game, menemukan beragam informasi di media internet dan sebagainya.

Hanya saja beragam aktivitas yang kita lakukan tersebut akan menguras daya baterai smartphone android dengan cepat dan akan membuat usia baterai tidak tahan lama. Itulah mengapa banyak pengguna smartphone android seringkali gonta ganti baterai hp dikarenakan aktivitas pemakaian yang terlalu boros.

Cara Agar Baterai Hp Awet Tahan Lama Tanpa Aplikasi

Padahal jika kita menggunakan smartphone dengan benar, daya tahan baterai hp mampu bertahan selama 2 - 3 tahun pemakaian. Nah, jika kamu merasakan ketika menggunakan hp smartphone terlalu boros dan cepat habis, coba ikuti beberapa tips berikut.

Cara agar baterai hp awet tanpa aplikasi

Ada beberapa cara serderhana yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah baterai hp yang boros dan tidak tahan lama, diantaranya sebagai berikut:

1. Kurangi tingkat kecerahan layar

Sebagian besar masalah beterai hp cepat boros disebabkan karena pengaturan tingkat kecerahan layar yang tidak tepat. Menjawab permasalahan tersebut, banyak vendor smartphone saat ini sudah menambahkan fitur Auto Brightness yang mampu menyesuaikan dengan kondisi pengguna di lingkungan sekitar.

Jika smartphone yang kamu gunaan saat ini sudah memiliki fitur tersebut, cobalah untuk mengaktifkannya. Jika belum ada, ubah pengaturan tingkat kecerahan layar menjadi menjadi 30% hingga 45% saja.

2. Stop menggunakan wallpaper animasi

Penggunaan walpaper animasi memang memberikan daya tarik bagi pengguna ponsel pintar. Namun, imbasnya baterai ponsel akan cepat terkuras karena penggunaan CPU dan RAM yang tinggi.

Agar baterai awet dalam pemakaiannya, sebaiknya tidakmengggunakan wallpaper animasi.Sebagai alternatif lainnya, kamu dapat menggunakan wallpaper HD yang jernih dan memiliki resolusi tinggi.

3. Jangan gunakan aplikasi penghemat baterai

Banyak orang beranggapan bahwa aplikasi penghemat baterai sangat berguna untuk membuat baterai ponsel semakin awet dan tahan lama. Faktanya, justeru akan menguras daya baterai dengan cepat.

Alasannya karena aplikasi tersebut seringkali menampilkan notifikasi aktif. Notifikasi yang berjalan di system latar inilah yang akan menyebabkan pemakaian baterai menjadi boros. Jika saat ini kamu menggunakannya, sebaiknya segera uninstall saja.

4. Hentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang system sebenarnya memiliki manfaat bagi penggunanya. Dengan fitur ini pengguna smartphone dapat mengetahui notifikasi email masuk, pesan masuk dari aplikasi chatting dan sebagainya.

Namun, ada beberapa aplikasi yang tidak begitu penting yang dapat menjadi penyebab baterai hp cepat boros. Contohnya saja aplikasi Google Play Store, Game dan sebagainya.

Maka dari itu, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali apakah fitur notifikasi dari sebuah aplikasi ingin digunakan atau tidak. Saran saya pilihlah aplikasi yang dianggap penting saja. Jangan semuanya dinonaktifkan ftur notifikasi tersebut.

5. Jangan menggunakan fitur getaran dan suara papan tombol

Seperti yang dimuat dalam situs aoglamedia.com, salah satu tips agar baterai hp tahan lama yakni hindari penggunaan fitur getar dan suara pada papan tombol di smartphone yang kamu gunakan saat ini.

Pada dasarnya fitur tersebut berguna sekali untuk memberitahukan kita ketika berada di lokasi tertentu seperti perpustakan dan sebagainya. Tujuannya tidak lain agar orang lain tidak terganggu dengan keberadaan kita.

Namun, jika kita selalu mengaktifkan fitur tersebut efeknya baterai ponsel akan cepat habis. Sebaiknya digunakan ketika berada di lokasi tertentu saja seperti perpustakaan, sedang rapat dan sebagainya.

6. Nonaktifkan fitur GPS, bluetooth

Agar baterai hp awet dan tahan lama, yang perlu kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan fitur GPS dan bluetooth. Banyak pengguna smartphone tidak menyadari manfaatnya jika fitur ini dinonaktifkan. Penggunaan baterai hp 40% jauh lebih hemat dari biasanya.

Untuk mendapatkan manfaat dari fitur GPS ataupun bluetooth, kamu dapat menggunakannya sewaktu -- waktu jika diperlukan seperti memesan ojek online dan sebagainya.

7. Jangan gunakan baterai hp hingga habis 0% dan jangan sampai penuh 100%

Point no.7 ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan pengguna smartphone. Padahal jika dilakukan secara terus menerus, baterai hp akan cepat rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Mulai sekarang, jangan pernah menggunakan smatphone hingga status baterai terkuras habis hingga 0%. Selain itu, hindari melakukan charge hingga 100%. Karena hal ini akan membuat daya penyimpanan baterai menjadi rusak.

8. Mengatur waktu tidur ponsel

Ponsel juga butuh tidur. Namun, kebanyakan pengguna smartphone seringkali membiarkan ponsel aktif semalaman 24 jam terus menerus digunakan.Walaupun dalam keadaan layar mati, aktivtias kinerja CPU, RAM dans sebagainya akan tetap berjalan yang dapat membuat daya baterai terkuras.

Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan fitur auto on off pada smartphone yang kamu gunakan. Saya sendiri sudah menggunakannya, disaat jam 22.00 ponsel saya akan mati secara otomatis dan ketika jam 04.00 ponsel saya akan hidup secara otomatis.

Kesimpulan, ada banyak cara dapat kita lakukan agar baterai hp awet tahan lama. Namun, saran saya sebaiknya menerapkan kesemua cara pada uraian artikel di atas. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu sering gonta ganti baterai dan waktu pemakaian baterai hp dalam digunakan dalam waktu lama.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Agar Baterai Hp Awet Tahan Lama Tanpa Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

close

Iklan Bawah Artikel

Artikel Terkait: