-->

Tips Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Mudah [Semua Jenis]

Konten [Tampil]

Cara Membersihkan Filter Udara Motor Yang Kotor Dengan Mudah




Filter udara pada kendaraan roda dua merupakan salah satu komponen dalam mesin yang perlu dijaga serta dirawat dengan baik dan benar, mengingat perannya yang begitu penting dalam mendukung kinerja mesin pada sebuah kendaraan.

Oleh karena itu, sebagai pemilik motor hendaknya anda setidaknya memiliki pengetahuan terkait cara menjaga filter udara motor dengan baik dan benar agar jika sewaktu-waktu filter udara motor anda bermasalah, anda dapat memperbaiki secara mandiri.

Filter udara atau yang biasa di sebut juga sebagai saringan udara ini secara sederhana diartikan sebagai komponen pada suatu kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar sehingga dapat meningkatkan kemampuan pembakaran pada mesin kendaraan.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai langkah pembersihan filter udara motor dengan baik dan benar sangat penting untuk diketahui oleh semua orang termasuk anda sendiri sebagai pemilik kendaraan bermotor.

Dengan memiliki pengetahuan yang cukup maka anda dapat membersihkan filter udara motor setiap saat dengan mudah.

Sebaiknya anda harus melakukan pembersihan filter udara motor secara berkala.

Terutama apabila motor yang anda miliki sering melalui jalanan berdebu yang dipastikan akan membuat filter udaranya menjadi lebih mudah kotor sehingga pembersihan secara berkala perlu dilakukan.

Sementara itu apabila filter udara ini tidak sering dibersihkan maka akan menyebabkan sistem pembakaran pada motor juga bakal terganggu sehingga membuat kinerja mesin motor anda kurang maksimal.

Namun, sebelum anda membersihkan filter udara pada motor, anda harus mengetahui terlebih dulu tipe serta jenis filter udara pada motor, di antaranya seperti filter udara motor konvensional, filter udara motor kering, filter udara motor basah.

Nah, untuk mengetahui bagaimana caranya bersihkan filter udara pada motor, berikut ini kami akan memberikan penjelasannya kepada anda semua tentang cara mudah membersihkan filter udara pada motor. Yuk, kita lihat di bawah ini.

Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Pada Motor


1. Filter Udara Motor Konvensional (Spoon/Busa)


Untuk perawatannya, anda perlu membersihkannya dengan rutin setidaknya minimal setiap satu bulan sekali agar kondisi filter udara tetap bersih dan terjaga.

Selain itu untuk menjaga filter udara motor tipe spoon ini juga cukup mudah yakni anda hanya perlu menyemprotnya memakai kompresor atau memakai angin bertekanan tinggi.

Bahkan cara menjaga filter udara motor tipe konvensional (spoon/busa) ini dapat juga dilakukan dengan  mencuci menggunakan bensin atau di rendam pada air yang di campur dengan sabun, kemudian dikucek-kucek dengan cara perlahan-lahan hingga kotorannya lenyap dan bilas hingga bersih.

Apabila sudah bersih, silahkan keringkan dengan cara di peras tetapi janganlah dipelintir supaya spoon tidak gampang rusak.

2. Filter Udara Motor Kering


Untuk tipe filter udara motor kering ini diklaim tidak cepat rusak serta lebih awet, maka harganya pun juga relatif lebih mahal dibandingkan tipe spoon.

Hampir sama filter udara jenis ini juga membutuhkan perawatan secara berkala agar kinerjanya tetap maksimal.

Untuk cara membersihkannya cukup mudah yakni anda hanya perlu menyemprot saringan udara ini dengan kompresor atau dengan angin bertekanan tinggi serta diarahkan pada setiap sela-sela filter.

Perlu anda ingat, jangan membersihkan tipe filter kering ini dengan menggunakan bensin atau mencuci menggunakan sabun.

Hal tersebut dilarang keras karena justru akan menyebabkan beberapa masalah pada filter udara jenis ini.


3. Filter Udara Motor Basah


Berbeda dengan kedu Jenis filter di atas. Filter basah ini memiliki kandungan cover pelumas spesial yang nanti bakal mengoptimalkan filter dalam menangkap kotoran.

Namun, untuk menjaga filter udara motor jenis basah ini justru tidak boleh menggunakan metode semprot dengan kompresor atau dicuci menggunakan air sabun.

Jika anda tetap nekad melakukannya maka hal tersebut dapat mengakibatkan menghilangnya pelumas yang melapisi filter udara jenis ini. Lantas, bagaimana cara merawatnya dengan benar?

Nah, untuk tips membersihkan filter udara motor jenis basah ini, anda cuma perlu memukul-mukulnya dengan ringan atau di lap secara halus dan perlahan-lahan.

Tetapi apabila filter jenis ini dalam keadaan  sangat kotor dan berdebu yang melekat telah begitu lama dan sudah menebal jadi selekasnya di ganti dengan filter udara yang baru.

Bagaimana? cukup mudah bukan Cara Membersihkan Filter Udara Pada Motor ini?

Apabila motor anda di rasa sudah lama tidak di service, secepatnya cek filter udaranya serta secepatnya bersihkan atau ganti dengan yang baru. Terutama jika memang keadaannya sudah tidak layak pakai.

Demikian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan semoga bisa menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Mudah [Semua Jenis]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

close

Iklan Bawah Artikel

Artikel Terkait: