-->

Ukuran Lapangan Tenis Meja dengan Gambar dan Keterangan

Konten [Tampil]

Ukuran Lapangan Tenis Meja dengan Gambar dan Keterangan


Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup popular di kancah nasional dan internasional, karena permainan ini tidak membutuhkan ruang yang luas dan cukup ringan saat dimainkan.



Tenis meja sendiri merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 orang pemain atau 2 pasang pemain yang saling berhadapan di lapangan yang berbentuk meja kayu yang sudah dilapisi karet dan diberi garis dan net.

Masing-masing pemain tenis meja akan diberikan bet atau raket sendiri sebagai alat pemukul bola ping pong, mereka akan berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya agar bisa menang.

Nah, bagi teman-teman penggemar olahraga tenis meja atau sedang ingin membuat lapangan tenis meja sendiri di rumah. Maka perlu mengetahui terlebih dulu berapa ukuran lapangan tenis meja standar nasional dan internasional. 

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai pembahasan tentang ukuran meja tenis secara detail dan lengkap dengan gambar dan keterangan.

Ukuran Meja Tenis

Ukuran meja tenis

Dilansir dari Tutorian21.com, setiap olahraga atau permainan pasti memiliki ukuran lapangan bermain yang standar, baik di dalam negri maupun luar negri (internasional).

Perlu diketahui, untuk ukuran lapangan tenis baik internasional ataupun nasional sama saja. Jadi tidak ada perbedaan yang mendasar dari keduanya, karena ini sudah menjadi kesepakatan dan dibuat standar untuk semua Negara di seluruh dunia.

Pada umumnya lapangan tenis meja atau meja tinis terbuat dari bahan kayu yang dipotong dengan ukuran sebagai berikut:
  • Lebar meja tenis : 152,5 cm
  • Panjang meja tenis : 274 cm
  • Tinggi meja 76 cm
  • Luas : 4,1785 m2
  • Ketebalan meja/papan : 3 cm

Ukuran Net Tenis Meja

Layaknya permainan tenis lapangan, tenis meja juga menggunakan net atau jaring sebagai batas tengah meja tenis. Di sini net juga berfungsi sebagai pemisah antara daerah pemain. Dan berikut adalah detail dari ukuran net lapangan tenis meja yang sesuai dengan standar.
  • Tinggi net tenis meja : 15,25 cm
  • Lebar net tenis meja : 1,83 meter
  • Tiang penyangga net berjarak 15,25 cm dari batas permukaan meja tenis.
  • Jaring atau net akan dibentangkan dan diikat di tiang dengan tali net.

Ukuran Bet Tenis Meja 


Setiap alat permainan tenis meja mempunyai ukuran standarnya masing-masing, termasuk Bet yang digunakan pemain tenis meja untuk memukul bola.
Bentuk pemukul bola yang dipakai tenis meja dan tenis lapangan mempunyai perbedaan. 

Dimana tenis lapangan memakai raket yang mempunyai lubang-lubang dari space senar. Sementara tenis meja menggunakan Bet yang terbuat dari kayu yang dilapisi bahan khusus dan tidak ada lubang sama sekali.
Berikut adalah ukuran Bet tenis meja berstandar nasional dan internasional:
  • Panjang bet long handle : 25,5 cm
  • Panjang bet short handle : 24 -24,5 cm
  • Lebar bet : 15 cm

Ukuran Bola Tenis Meja


Bukan hanya alat pemukul bola saja yang membedakan antara tenis meja dan tenis lapangan, namun bola yang dipakai juga berbeda. Pada umumya bola tenis meja berwarna putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan.

Pada bola tenis meja terkadang ada gambar bintang, mulai bintang 1 sampai bintang 3. Ini adalah tanda dimana bola yang mempunyai bintang banyak adalah bola yang paling berkualitas.

Berikut adalah detail ukuran bola yang digunakan tenis meja:
  • Diameter bola tenis meja : 40 mm
  • Berat bola : 2,7 gram
  • Warna bola : Putih/oranye.

Sejarah Tenis Meja di Indonesia

Menurut catatan sejarah, tenis meja ditemukan di Inggris pada abad ke-19. Permainan ini dulunya sering dimainkan oleh orang-orang kaya untuk mengisi waktu setelah makan malam.

Di Indonesia sendiri, tenis meja mulai dikenal dari tahun 1930. Pada saat itu permainan tenis meja hanya dimainkan ketika ada acara pertemuan orang-orang belanda sebagai olahraga atau permainan hiburan.

Pada tahun 1939 para penggemar tenis meja di Indonesia mendirikan sebuah organisasi PPPSI atau persatuan ping pong seluruh Indonesia. Kemudian pada tahun 1958 PPPSI resmi berganti nama menjadi PTMSI atau persatuan tenis meja seluruh Indonesia. 

Demikian pembahasan tentang ukuran lapangan tenis meja sesuai standar nasional dan internasional. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang permainan tenis meja atau ping pong. 

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Lapangan Tenis Meja dengan Gambar dan Keterangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

close

Iklan Tengah Artikel 2

Menarik Untuk Anda

Iklan Bawah Artikel

Orang lain juga menyukai: