Heboh! Beredar Unggahan Foto Tertangkapnya Joki Akun PraKerja

Beberapa hari yang lalu telah beredar foto yang menghebohkan jagat media sosial Facebook tentang tertangkapnya seseorang yang terindikasi sebagai joki akun Prakerja.

Potongan foto tersebut bertuliskan "Tim kami telah mendeteksi bahwa anda merupakan joki dalam program pelatihan PraKerja. Harap segera mengembalikan seluruh dana pelatihan beserta insentif yang telah anda dapatkan ke PraKerja dalam waktu 2 minggu jika tidak ingin berurusan dengan hukum".
Foto tersebut diunggah oleh akun yang berinisial R dan kejadian tersebut menimpa salah satu temannya yang memang berprofesi sebagai joki akun PraKerja.

Menurutnya temannya tersebut memang mendaftarkan banyak akun dari satu perangkat yang sama. Lalu ketika temannya hendak membuka salah satu akun PraKerja yang telah didaftarkannya munculah notif yang bernada ancaman tersebut.

"Kemungkinan besar perangkat ponselnya terdeteksi oleh sistem PraKerja karena telah mendaftarkan banyak akun, kan tidak boleh begitu" Ujarnya.

Beragam tanggapan dilontarkan oleh netizen tentang unggahan foto tersebut. Diantara banyaknya komentar dan reaksi, mereka meyakini bahwa foto tersebut hanyalah editan semata dengan menggunakan teknik inspect elemen. 

Selain itu bahasa yang digunakan tidak resmi layaknya lembaga Pemerintahan.

Inspect Element adalah sebuah software yang umumnya digunakan untuk mengedit kode HTML atau kode CSS dari sebuah desain situs.

Jadi melalui inspect element kita dapat merubah desain situs termasuk juga tulisan yang ada didalamnya.

Terlepas dari benar atau tidaknya terkait unggahan foto yang beredar tersebut.

Namun yang jelas tindakan penyalahgunaan akun PraKerja yang tidak semestinya merupakan tindakan yang terlarang dan melanggar hukum dan pelakunya dapat dipidanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

1 komentar untuk "Heboh! Beredar Unggahan Foto Tertangkapnya Joki Akun PraKerja"

  1. Terlepas dari benar dan tidaknya
    Semoga pelakunya segera terungkap

    BalasHapus