Pengertian dan Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi

Konten [Tampil]

Pengertian dan Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi


teknologi informasi

Berbicara mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ) memanglah sangat panjang, karena teknologi informasi dan komunikasi dari tahun ke tahun berevolusi dengan sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan manusia dari masa ke masa.

Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) adalah istilah yang menggambarkan pemrosesan umum dan komunikasi informasi melalui teknologi. Dalam kasus studi saat ini, TIK mencakup sejumlah teknologi, seperti teknologi seluler, surel, pesan instan dua arah, ruang obrolan, blog, halaman web dan video game. Hadirnya semua teknologi canggih saat ini tidak terlepas dari sejarah TIK yang panjang.

Teknologi yang hadir saat ini kemudian diklasifikasikan ke preferensi penggunaan Internet, kegiatan media online, komunikasi digital, kegiatan pembelajaran yang difasilitasi TIK, kegiatan sosial / ekonomi yang difasilitasi TIK, dan permainan video.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah istilah yang lebih luas untuk Teknologi Informasi (TI), yang mengacu pada semua teknologi komunikasi, termasuk internet, jaringan nirkabel, ponsel, komputer, perangkat lunak, middleware, konferensi video, jejaring sosial, dan lainnya.

TIK adalah aplikasi dan layanan media yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengambil, menyimpan, mengirim, dan memanipulasi informasi dalam bentuk digital.

TIK juga digunakan untuk merujuk pada konvergensi teknologi media seperti jaringan audio-visual dan telepon dengan jaringan komputer melalui sistem perpaduan kabel yang terpadu (termasuk distribusi dan manajemen sinyal) atau sistem tautan.

Namun, tidak ada definisi TIK secara universal dan pakem mengingat konsep, metode dan alat yang terlibat dalam TIK terus berkembang hampir setiap hari. Hadirnya TIK membuat pengiriman pesan lebih cepat, lebih mudah diakses, dipahami dan ditafsirkan.

Menggunakan gadget seperti ponsel, Internet, jaringan nirkabel, komputer, radio, televisi, satelit, stasiun pangkalan sangat memudahkan masyarakat saat ini. Hadirnya kemajuan TIK digunakan untuk membuat, menyimpan, berkomunikasi, mengirim dan mengelola informasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sendiri adalah bidang yang memiliki jangkauan luas. TIK secara eksistensinya berkaitan dengan teknologi komunikasi dan bagaimana hal itu berdampak pada bidang usaha manusia lainnya.

TIK adalah bidang studi akademik yang tumbuh paling cepat dan sumber mata pencaharian yang paling menarik. TIK adalah konvergensi jaringan telepon dan komputer melalui sistem kabel tunggal dengan kemudahan penyimpanan data, manipulasi, manajemen, dan pengambilan yang berkaitan dengan manajemen basis data, pemrograman komputer, dan pengembangan software.

Perancangan web, pengembangan aplikasi mobile, manajemen proyek, keamanan, analisis jaringan, peralatan media, teknik komputer, studi komputer, internet, intranet, protokol internet, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, teknologi sinyal, manajemen stasiun pangkalan dll adalah hal yang tidak terpisahkan dari hadirnya TIK.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )

1. Hewlett Packard Didirikan Tahun 1939

David Packard dan Bill Hewlett menemukan Hewlett-Packard di garasi Palo Alto, California. Produk pertama mereka adalah HP 200A Audio Oscillator, yang dengan cepat menjadi alat uji yang populer bagi para insinyur.

Walt Disney memesan delapan dari model 200B untuk digunakan sebagai generator efek suara untuk film 1940 “Fantasia”.

2. Intel Didirikan Tahun 1968

Intel Corporation didirikan Tahun 1968 adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Intel mengganti logo dan slogannya pada 2 Januari 2006. Slogan lamanya "Intel inside" diganti dengan "Leap ahead".

Intel didirikan oleh Gordon E. Moore dan Robert Noyce ketika mereka meninggalkan Fairchild Semiconductor. A number of other Fairchild employees also went on to participate in other Silicon Valley companies. Sejumlah karyawan Fairchild lain juga terus berpartisipasi dalam perusahaan Silicon Valley . ketiga karyawan Intel Andy Grove, seorang insinyur kimia, yang menjalankan  banyak perusahaan dari tahun 1980-an dan 1990-an . Grove sekarang dikenang sebagai kunci perusahaan bisnis dan  pemimpin yang strategis. Pada akhir 1990-an, Intel merupakan salah satu perusahaam yang terbesar dan paling sukses di dunia bisnis.

3. AMD Didirikan Tahun 1969

Advanced Micro Devices atau yang disingkat AMD merupakan sebuah perusahaan yan bergerak di biang semikonduktor yang memiliki markas pusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Produk-Produk yang dihasilkan AMD termasuk GPU (Graphics Processing Unit), Processor PC, Processor Server, Workstasion, Chipset Motherboard dan Mikroprocessor. 

AMD didirikan pada tahun 1969 dengan mengugnakan modal USD 100.000. dengan modal yang sedemikian banyak AMD berhasil mendirikan pabrik di Sunnyvale, California. dalam rentang waktu satu tahun setelah AMD didirikan AMD berhasil membuat produk pertama mereka dengan nama logic counter Am2501 dan melalui produk ini AMD menjadi perusahaan siap go public/terbuka pada tahun 1972. dan memulai debutnya di dunia saham pada tahun 1972. 

4. Apple Diluncurkan Tahun 1976

Steve Wozniak merancang Apple I, sebuah single-board compute. Dengan spesifikasi di tangan dan pesanan untuk 100 mesin seharga $ 500 masing-masing dari Byte Shop, ia dan Steve Jobs memulai bisnis mereka. Sekitar 200 mesin terjual sebelum perusahaan mengumumkan Apple II sebagai komputer lengkap.

5. Hard Disk Drive Pertama (HDD) Hadir di Tahun 1980

Seagate Technology menciptakan hard disk drive pertama untuk mikrokomputer, ST506. Disk menampung 5 megabyte data, lima kali lipat dari floppy disk standar, dan sesuai dengan ruang drive floppy disk.

Seagate dengan cepat menarik pelanggan besar seperti Apple Computer dan IBM. Dalam beberapa tahun, telah terjual 4 juta unit.

6. Google Diluncurkan Tahun 1998

Google awalnya hadir pada Januari 1996 sebagai proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka berdua adalah mahasiswa PhD di Stanford University di California.

Nama domain untuk Google didaftarkan pada 15 September 1997, dan perusahaan itu didirikan pada 4 September 1998. Pada Mei 2011, pengunjung unik Google melampaui 1 miliar untuk pertama kalinya. Pendapatan operasional pada tahun 2010 melebihi $ 29 miliar.

7. Facebook Hadir Tahun 2004

Facebook adalah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004, dioperasikan dan dimiliki secara pribadi oleh Facebook Inc. Facebook saat ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif dan nilai sekitar 41 miliar dolar AS.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

Sementara untuk sejarah TIK di Indonesia sendiri dimulai dengan kehadiran radio pada tahun 1925. Kehadiran radio ini kemudian memunculkan banyak stasiun radio yang menyiarkan berita di Indonesia.

Kemudian 40 tahun setelah kemunculan radio, televisi menggeser peran radio sebagai alat informasi utama di Indonesia kala itu. Tahun 1962 televisi hadir di tengah masyarakat dan stasiun pertamanya adalah TVRI.

Kemudian tahun 1988, internet hadir dan mulai memanjakan segala kebutuhan masyarakat Indonesia kala itu. Hingga tahun 2000-an dan sekarang internet mulai menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia yang tidak terelakkan.

Sejarah TIK memang sangat panjang hingga bisa dirasakan manfaatnya yang luar biasa saat ini. Semua perkembangan ini tidak lepas dari perjuangan para ilmuwan dan pihak terkait yang saling mendukung untuk mengembangkan teknologi yang semakin canggih dan bisa membantu manusia.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel