Strategi Online Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Konten [Tampil]

Strategi Online Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Saat ini, pemanfaatan internet bukan lagi hanya sebatas tempat mencari dan menemukan informasi standart seperti tips, trik, dan sebagainya. Tapi sudah menjadi media promosi yang besar.

Sebuah survey membuktikan bahwa 80% pebisnis yang memanfaatkan internet untuk menjual atau mempromosikan produk, mendapatkan lebih banyak penjualan ketimbang cara konvensional.

Hal tersebut juga di dukung dengan strategi online marketing yang tepat. Sayangnya, hanya 8% pebisnis online yang menerapkan strategi pemasaran seperti ini, sisanya tidak.

Jika Anda ingin bisnis Anda lebih berkembang di dunia digital, Anda bisa menerapkan strategi online marketing dibawah ini untuk bisa meningkatkan penjualan produk Anda.

1. Manfaatkan Social Media

Setiap tahunnya, jumlah pengguna media sosial terus meningkat. Hal ini menjadikan media sosial sebagai salah satu sarana pemasaran yang paling efektif untuk menampilkan produk Anda.

Baca juga: Tips Social Media Marketing yang Wajib di Terapkan

Anda hanya perlu membuat akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Selanjutnya, Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan bisnis Anda, tentunya dengan konsep yang menarik.

Contoh, jika Anda menjual baju, Anda bisa membuat postingan seputar tips memilih baju, jenis-jenis baju, fakta seputar baju, dan sebagainya. Kemudian menyelipkan produk Anda di akhir atupun post produk Anda di post berikutnya.

2. Buat Website atau Toko Online Anda

Meskipun Anda sudah bisa melakukan promosi dengan media sosial, namun memiliki website atau toko online sendiri masih menjadi sarana pemasaran yang baik dan dengan konversi yang tinggi.

Dengan memiliki website, customer bisa lebih percaya pada bisnis Anda. Ketika mereka mencari bisnis Anda di internet, mereka dapat menemukan Anda dan mereka beranggapan Anda serius menjalankan bisnis.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis dengan Website

Jika Anda sudah memiliki website, sebaiknya Anda juga menerapkan teknik SEO dengan baik. Ini memudahkan pelanggan menemukan Anda melalui mesin pencari Google.

3. Review dari Blogger

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dan trust dari para pelanggan adalah dengan mendapatkan banyak review yang baik terhadap bisnis atau produk yang Anda miliki.

Salah satu cara termudah adalah dengan membayar para blogger untuk menulis review tentang bisnis atau produk Anda. Selain jadi media promosi, review juga dapat membantu meranking website Anda.

Sebelum memilih seorang blogger untuk memberikan review pada suatu produk, sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksa kualitas blognya, jika menurut Anda bagus Anda dapat menghubunginya untuk bekerjasama.

4. Manfaatkan Semua Marketplace

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali marketplace yang tersedia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya. Sebaiknya manfaatkan semuanya agar dapat menjangkau lebih banyak costumer.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu daftar dan membuat toko Anda disana. Setelah itu, Anda hanya perlu upload produk Anda dan menunggu ada pembelian.

Walaupun Anda sudah punya website, tapi hadir di marketplace juga penting karena pasarnya sangat luas dan orang-orang yang ada di sana sudah pasti ingin membeli.

5. Sediakan Program Reseller

Ada banyak orang diluar sana yang ingin memulai bisnis mereka sendiri tapi terhalang dengan modal yang terbatas. Disini Anda bisa hadir sebagai jawaban dari persoalan mereka.

Anda bisa sediakan program reseller agar mereka dapat membantu Anda menjual produk yang Anda miliki. Cara ini juga sangat populer dilakukan saat ini, karena membuat pasar Anda jadi sangat luas.

Namun, perlu diperhatikan agar tidak ada perang harga antar reseller, Anda harus menetapkan harga minimal untuk setiap produk. Misalnya saja setiap produk minimal harganya 50K, 100k, dan sebagainya.

Jika menerapkan semua strategi diatas dengan tepat, bukan hal yang mustahil untuk Anda meningkatkan penjualan dari produk atau bisnis yang Anda miliki.

Demikian artikel strategi bisnis ini, semoga dapat bermanfaat dan sukses selalu.

Belum ada Komentar untuk "Strategi Online Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel