Cara Cek Nomor ID Pelanggan PLN Prabayar Dengan Cepat dan Mudah

Cara Cek Nomor ID Pelanggan PLN Prabayar Dengan Cepat dan Mudah

Kebanyakan masyarakat modern saat ini lebih memilih menggunakan listrik prabayar daripada pascabayar karena dianggap lebih praktis dan mudah dalam proses pembayarannya. Listrik prabayar biasanya menggunakan nomor token sebagai metode pembayaran dan setiap rumah atau pelanggan listrik memiliki ID pelanggan yang berbeda.

Namun masalahnya terkadang kita sebagai pelanggan listrik tidak ingat atau bahkan tidak tahu dimana letak nomor ID pelanggan tersebut. 

Jika hal ini bisa sampai terjadi maka kita sebagai pelanggan listrik tidak akan dapat melakukan transaksi atau top up token listrik.

Token listrik biasanya terdiri dari 16 digit kode berupa angka yang dibuat oleh pihak PLN secara otomatis. Memang sebagian orang juga tidak mudah mengingat angka-angka tersebut sehingga pada akhirnya ketika notif listrik berbunyi, dimana hal ini merupakan indikator yang menandakan listrik akan segera habis, mereka kebingungan dimana letak tokennya atau bahkan mereka lupa untuk mendokumentasikan kode ID pelanggan/token tersebut dalam sebuah gambar atau foto.

Padahal keberadaan kode ID PLN ini cukup penting yang mana seharusnya anda dapat menyimpan dan mengingat kode ini dengan baik.

Jika kebetulan anda mengalami kejadian seperti itu maka sebenarnya anda tidak perlu khawatir dan bingung sendiri, karena melalui artikel mimin akan memberitahukan terkait bagaimana cara cek ID pelanggan PLN secara online dengan mudah.

Manfaat ID Pelanggan PLN


Jika anda tahu bahwa ID PLN ternyata memiliki peran yang sangat besar seperti layaknya nomor telepon ataupun nomor ATM yang anda miliki saat ini, pasti anda akan selalu mengingatnya. Hal ini dikarenakan ID PLN berkaitan langsung dengan segala transaksi yang berhubungan dengan kebutuhan listrik anda. Beberapa manfaat ID PLN antara lain:

1. Membeli Token Listrik

Saat ini proses pengisian listrik paling mudah dilakukan dengan aplikasi online melalui metode token listrik. Akan tetapi untuk dapat melakukan pengisian listrik rumah, anda perlu mengetahui terlebih dahulu ID pelanggan. Jika tidak, maka anda tidak bisa mengisi listrik rumah anda.

2. Membayar Tagihan Listrik

Tagihan listrik merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan setiap bulannya demi mempermudah aktivitas sehari-hari, jika tidak maka bersiaplah listrik anda akan dilakukan pemutusan oleh PLN.

Untuk melakukan pembayaran secara online maka anda perlu memasukkan ID pelanggan. Berbeda jika anda membayar listrik kepada pangih PLN secara langsung, karena biasanya keberadaan nomor ID pelanggan ini tidak akan ditanyakan.

3. Menerima Potongan Pembayaran Listrik

Pada sebagian lapisan masyarakat kelas menengah ke bawah yang menggunakan listrik dengan daya tertentu, biasanya mereka akan mendapatkan potongan biaya atau bantuan listrik secara gratis.

Akan tetapi tanpa mengetahui ID pelanggan PLN, potensi untuk mendapatkan potongan biaya listrik menjadi semakin kecil karena anda tidak bisa login untuk melihat daftar peserta yang berhak memperoleh potongan harga atau bantuan berupa listrik gratis.

Cara Cek ID Pelanggan PLN Prabayar


Ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui ID pelanggan PLN prabayar seperti melalui kartu pelanggan, struk pembayaran atau melalui meteran listrik.
Berikut mimin akan menjelaskan dengan lengkap terkait bagaimana cara mengetahui kode pelanggan PLN prabayar secara online maupun tidak. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Cek ID Pelanggan PLN Melalui Kartu Pelanggan Listrik PLN

Cara pertama yang dianggap sebagai cara paling mudah adalah melakukan pengecekkan langsung melalui kartu pelanggan PLN.

Caranya mudah anda hanya perlu mengecek kartu pelanggan PLN anda masing-masing, pada kartu tersebut tertera informasi berupa nama pelanggan listrik prabayar, alamat rumah dan ID pelanggan atau token listrik yang digunakan mengisi listrik lewat pulsa.

Sebaiknya simpan dengan baik kartu pelanggan PLN ini pada tempat yang aman serta mudah diingat agar nantinya jika anda membutuhkannya kartu tersebut dapat dengan mudah ditemukan.

2. Cek ID Pelanggan PLN Melalui Struk Pembayaran Sebelumnya

Setiap transaksi yang anda lakukan biasanya akan disertai dengan struk atau bukti pembayaran, dimana dalam struk pembayaran ini umumnya mencantumkan berbagai informasi-informasi penjual atau pembeli.

Hal ini juga berlaku ketika anda melakukan transaksi pembelian listrik via ATM, e-commerce, atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee, OVO dll. Setelah melakukan transaksi pembelian listrik, anda akan mendapatkan struk pembayaran yang menampilkan ID pelanggan PLN. 

3. Cek ID Pelanggan PLN Melalui Meteran Listrik

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengecek ID pelanggan PLN adalah dengan melihat secara langsung meteran listrik yang terpasang dirumah anda. Nomor meteran atau kode bayar listrik PLN biasanya dapat dilihat dibagian bawah barcode atau garis batang seperti gambar di bawah ini.




Sekilas memang cara ini menjadi cara termudah untuk melihat ID pelanggan PLN, akan tetapi tanpa disadari, ternyata tidak semua orang tahu letak ID pelanggan PLN milik mereka sendiri yang mana terdiri dari kode berupa angka dalam barcode pada saklar listrik.

Akhir Kata

Ternyata cara mengecek ID pelanggan PLN tidak sesulit yang kita bayangkan, hanya butuh beberapa langkah saja, kita sudah dapat dengan jelas mengetahui ID pelanggan PLN tersebut.

Demikian artikel tentang "Cara Cek ID Pelanggan PLN Prabayar dengan Mudah". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, jika berkenan tolong bagikan artikel ini ke teman-teman yang lain ya. Terimakasih.
 

 


Posting Komentar untuk "Cara Cek Nomor ID Pelanggan PLN Prabayar Dengan Cepat dan Mudah"