Membandingkan WhatsApp, Telegram atau Signal, Mana yang Terbaik?

Membandingkan WhatsApp, Telegram atau Signal, Mana yang Terbaik?


Sejak viral beberapa hari lalu akibat Whatsapp memperbarui kebijakan privasinya, banyak orang yang kebingungan menentukan aplikasi chatting/pesan instan pribadi mereka.

Sebelumnya kita sudah punya SMS dan MMS khusus Media, layanan berkirim pesan instan jadul yang hanya mendukung pesan sepanjang 180kata saja. Lambat laun SMS mulai ditinggalkan, semua pengguna beralih ke layanan lain yang lebih murah Whatsapp misalnya.

Kapan kamu pertamakali menggunakan Whatsapp? Layanan berkirim pesan instan ini banyak disukai orang karena mudah dalam penggunaanya, tidak membutuhkan password, tidak membutuhkan akun. Hanya menggunakan Nomor Ponsel sebagai identifikasi akun untuk menerima OTP.

Selain Whatsapp ada layanan pesan instan lainya, yaitu Telegram, mesenger, dan terbaru Signal. Masing-masing layanan mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ketiga aplikasi tersebut. Kamu bisa bandingkan sendiri, pilih mana yang cocom dengan kebutuhan.

WhatsApp


Sebuah layanan pesan instan yang dimiliki oleh Facebook, Whatsapp banyak digunakan karena dikenal memiliki kemudahan dalam mengoperasikan layanan. Selain itu kontribusi pihak ketiga yang tidak bekerjasama dengan Whatsapp juga mempengaruhi banyak nya pengguna, contohnya WhatsApp Mod, GbWhatsApp.

Secara umum Whatsapp original hanya menawarkan fitur standar, grup chat, pesan teks, kirim media / file, layanan telepon suara, panggilan video, dan sebuah status. Status Whatsapp, memungkinkan kamu bisa berbagi berita atau kabar terkini kepada kontak yang sama-sama saling menyimpan nomor kita.

Pada Whatsapp kita bisa berkirim pesan seperti biasa, mengirim berkas, dokumen, video, maupun gambar. Fitur videocall memungkinkan kita bisa menelpon dengan menggunakan gambar, telepon biasa, bisa vn atau disebut juga mengirim pesan suara.

Terlebih lagi dibekali juga dengan fitur grup, grup chat Whatsapp hanya bisa diisi sebanyak 270 anggota. WhatsApp mengumpulkan data pengguna berupa Email, Daftar Kontak, dan data lokasi, kemungkinan data ini digunakan untuk bisnis.

Tidak ada fitur istimewa yang disediakan Whatsapp, fitur tambahan hanya ada aplikasi non original atau aplikasi hasil modifikasi pihak ketiga.

WA juga punya fitur stiker unik, striker wa saat ini sedang booming berkat bisa digunakan untuk mengungkapkan berbagai perasaan pengguna.

Sebagian pengguna whatsapp menggunakan GbWhatsApp atau Aplikasi modif pihak ketiga. WA mod mempunyai fitur lebih lengkap dibandingkan wa original, saya sendiri adalah pengguna GBWhatsApp sudah ter-install di ponsel ku sejak tahun 2019 lalu.

Aplikasi mod menyediakan fitur customizable khusus tema dan setelan privasi, penguduh status, chat tanpa menyimpan nomer, banyak deh.

Fitur WhatsApp :
Status, Berbagi Lokasi, Panggilan video, Panggilan Suara, Pesan suara, Stiker, Grup Chat, Berkirim Berkas.

Telegram


Saya mengenal Telegram sejak tahun 2018 lalu ketika tengah bermain bot penghasil cryptocurrency. Telegram mempunyai keunggulan lengkap dan juga disebut sebagai aplikasi pintar yang bisa bekerja secara otomatis, Telegram menawarkan banyak keunggulan sehingga tak heran jika banyak orang betah dengan aplikasi ini.

Sama seperti Whatsapp, layanan ini juga menyediakan fitur chat, videocall, dan panggilan biasa. Namun ada segudang keunggulan yang membuat Telegram lebih keren dibanding Whatsapp, pada telegram terdapat robot otomatis.

Fitur bot bisa digunakan oleh semua kalangan, fitur ini bisa diintegrasikan dengan situs web bisnis. Semua orang bisa membuat robot di telegram, robot menangani proses secara otomatis berdasarkan perintah/algoritma yang sudah kita berikan.

Dalam Telegram terdapat channel, dan juga grup chat yang bisa diisi hingga 5000 pengguna. Channel digunakan sebagai media broadcasting, sama seperti fanspage fb.

Namun dalam sebuah channel bentuknya seperti media chatting, dengan channel Telegram kita bisa menyebar luaskan pesan ke banyak orang (Follower) dalam satu waktu. Fitur ini juga yang bikin film drakor masuk Telegram, ada orang yang dengan sengaja mengunggahnya.

Telegram bisa digunakan di banyak perangkat, web (telegram.org), Android, iOS, Windows, dan masih banyak lagi. Sementara kelemahan Telegram, yaitu bersifat spam, menghabiskan banyak data internet, dan juga, akun bisa dihapus apabila tidak aktif dalam jangka waktu 6 bulan atau setahun sesuai dengan pengaturan kamu.

Fitur Telegram :
Robot / bot, Channel, Grup chat, Panggilan video, Pesan suara, Berkirim berkas, Stiker, Pencarian konten (publik), Multi akun.

Signal


Signal adalah aplikasi chatting biasa yang berdiri secara independen, signal juga adalah sebuah perusahaan komunitas nirlaba. Ia bukanlah perusahaan yang bisa diperjual belikan, pendiri Signal adalah orang yang menciptakan whatsapp yaitu Brian Acton. Signal memperoleh pendanaan dari donasi dan juga dana hibah.

Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Signal tidak selengkap Whatsapp, Signal hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti chat, videocall, berkirim file, atau hanya sekedar kirim pesan singkat. Dalam nya juga menyediakan ruang diskusi / grup chat, pengguna bisa membuat grup dan mengundang banyak orang ke dalam grup.

Sekilas aplikasi Signal mirip-mirip dengan sms biasa, tidak ada kelebihan disini. Keunggulan utama Signal ada pada kefokusan mereka terhadap privasi dan enkripsi pesan, bahkan pada aplikasi ini terdapat fitur penghancur pesan, dissable screenshot, dan fitur pengaman lainya yang bisa membantu mengamankan privasi seseorang. 

Fitur Signal: Grup Chat, Panggilan video, panggilan suara, Pesan suara, kirim berkas, stiker, pemusnah pesan, pencegah tangkapan layar.

Tergantung kebutuhan, mau pilih yang lengkap atau hanya simple seperti Signal. Anak muda jauh lebih banyak memilih Telegram karena fiturnya jauh lebih lengkap dibanding wa dan signal, ketiga nya sama - sama menggunakan teknologi enkripsi terhadap pesan sehingga pesan yang terkirim tidak bisa dibaca oleh siapapun, termasuk pemilik aplikasi.

Posting Komentar untuk "Membandingkan WhatsApp, Telegram atau Signal, Mana yang Terbaik?"