Kabar Baik! Ribuan Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, Begini Syarat dan Ketentuannya

Kabar Baik! Ribuan Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, Begini Syarat dan Ketentuannya


Selamat bagi Anda yang telah lolos seleksi program kartu Prakerja dan hal ini berarti Anda telah SAH disebut sebagai alumni Prakerja. Kabar baiknya adalah bagi Anda para alumni Prakerja, Anda berkesempatan untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp10 juta dari pemerintah.

Sayangnya menurut infonya bantuan tersebut hanya akan diberikan kepada 19.500 orang saja. Nah siapakah alumni Prakerja yang beruntung mendapatkan bantuan Rp10 juta itu, simak informasinya sebagai berikut.

Sebanyak 19.500 alumnus Prakerja yang beruntung adalah merupakan alumni yang sebelumnya menyatakan dirinya sebagai seorang wirausaha. Golongan inilah yang akan diberikan jatah bantuan oleh pemerintah melalui kredit usaha rakyat (KUR) supermikro.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin menuturkan jika program ini merupakan langkah lanjutan bagi peserta Kartu Prakerja.

“Jika alumni program Kartu Prakerja ingin meningkatkan kualitas dan skala produksinya, akan membutuhkan tambahan modal sehingga program KUR bisa menaikkan skala usaha mereka ke depan,” tegas Rudy Salahuddin seperti dikutip dari Antara.

Jadi sudah jelas ya, bantuan Rp10 juta akan diprioritaskan bagi alumni Prakerja yang menjadi wirausaha skala kecil/mikro. Lantas bagaimana cara mendapatkan bantuan tersebut? Simak syarat KUR Super Mikro dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Masuk dalam kategori usaha mikro

2. Minimal usaha telah dijalankan oleh calon penerima KUR Super Mikro selama 6 bulan. Jika usaha belum berjalan selama 6 bulan tetap bisa menerima bantuan KUR dengan catatan harus melengkapi persyaratan berikut.

-Mengikuti program pendampingan (formal atau informal) atau

-Tergabung dalam suatu kelompok usaha.

-Memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.

3. Bagi karyawan/pegawai PHK tidak diwajibkan untuk memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan, tetapi bisa juga kurang dari 3 bulan atau usaha baru dengan syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

4. Belum pernah menerima KUR

Apabila segala persyaratan KUR Super Mikro telah terpenuhi, maka Anda bisa berkesempatan mendapatkan bantuan program tersebut dari pemerintah.

Pemerintah berharap dengan bantun Rp10 juta yang diberikan kepada para pelaku usaha dari alumnus Prakerja, nantinya semoga saja mereka bisa lebih semangat dalam membangun wirausahanya agar semakin bertumbuh atau berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas finansial mereka. 


Posting Komentar untuk "Kabar Baik! Ribuan Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, Begini Syarat dan Ketentuannya"