Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni

Konten [Tampil]

Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni


Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni

Informasi yang kami sampaikan dalam artikel Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni dibawah kami kutip dari situs yang khusus membahas sejarah hari-hari besar Nasional dan Internasional www.enkosa.com. Selamat membaca!

Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni - Bidan merupakan salah satu pahlawan bangsa yang bergerak dalam membantu proses persalinan. Profesi ini merupakan pekerjaan mulia dengan tugas membantu seorang ibu yang akan melahirkan bayinya dengan sehat dan selamat. 

Kebanyakan dari mereka biasanya membuka praktik sendiri di rumah, klinik, bahkan di rumah sakit. Namun, ternyata masih banyak bidan yang secara sukarela membantu persalinan ke daerah di pelosok desa.

Sejarah Hari Bidan Indonesia

Bidan adalah profesi yang mulia dan diakui oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah dan peringatan Hari Bidan Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Juni. Asal mula konferensi bidan pertama kali diadakan di Jakarta pada 24 Juni 1951 yang diprakarsai oleh bidan senior. 

Dalam konferensi yang diselenggarakan oleh IBI (Ikatan Bidan Indonesia) tersebut dalam rumusannya adalah untuk mengangkat bentuk persatuan dan mengikat tali persaudaraan antar sesama bidan. IBI adalah organisasi profesi dan telah terdaftar di lembaga swadaya masyarakat (LSM). Saat ini organisasi tersebut memiliki 182.000 bidan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan jumlah kepengurusan yakni 34 pemerintah daerah di tingkat provinsi, 497 pengurus cabang, 2962 pengurus ditingkat cabang. Dalam menjalankan tugasnya, IBI telah mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk LSM dari luar dan dalam negeri, dari pemerintah, hingga swasta.

Kemudian dengan adanya Hari Bidan Nasional diharapkan para pemangku kepentingan terkait mampu mendukung harapan bidan dan peran serta bangsa Indonesia. Inilah salah satu unsur program nasional yang dapat dicapai bersama, dan dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh lapisan masyarakat. 
Tokoh-tokoh yang mengikuti konferensi di atas, yaitu Selo Soemardjan, Fatimah, Sri Mulyani, Saikun, Sukaesih, Ipah dan S. Margua. Mereka mencanangkan IBI sebagai satu-satunya organisasi resmi bidan di Indonesia.

Apa Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni?

Kisah Bidan yang Menginspirasi

Kisah bidan yang menginspirasi yang pertama datang dari Ati Pujiastuti, seorang bidan yang layak menjadi inspirasi. Bahkan Melinda Gates, istri orang terkaya dunia, Bill Gates, mengagumi bidan asal Yogyakarta ini. 

Melinda Gates rela datang ke Indonesia hanya untuk bertemu dengannya. Istri dari Bill Gates ini mengatakan bahwa bidan Ati adalah orang yang berani mempertaruhkan nyawanya dalam profesinya, ia rela menyeberangi sungai dan terpeleset di tepi jurang.

Kemudian kisah inspiratif kedua adalah Brian Sahar, seorang bidan muda kelahiran Surakarta yang memiliki tekad yang kuat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar. Ia aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan bersama teman-temannya. 

Hingga pada akhirnya ia telah mengunjungi pelosok Kalimantan dengan fasilitas yang minim, bahkan perjalanannya dihadapkan pada menyusuri sungai yang panjang dengan arusnya yang deras. Itulah yang membuat Sahar menjadi bidan yang inspiratif. Selanjutnya ada Siwi Lestari yang sangat aktif dalam kegiatan penanggulangan anemia. 

Anemia merupakan penyakit yang mengancam ibu hamil, sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai bidan ia juga menggalakkan kegiatan berupa lumbung posyandu, SMS group Jamini (Menjaga Ibu Hamil Dari Anemia) hingga program perburuan ASI. 

Ia layak menjadi sosok yang inspiratif karena program yang dijalankannya berhasil membangun kesadaran ibu akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama menghindari anemia. Kisah inspiratif terakhir datang dari bidan Butet Boru Nasution, ia telah mengabdi kepada masyarakat selama lima tahun dan tanpa dibayar sepeser pun oleh pemerintah. 

Sejak 2013, Butet ditugaskan untuk mengelola dua posyandu di Desa Menaming. Meski hanya disebut sebagai relawan, namun tidak menyurutkan semangatnya untuk mengabdi kepada masyarakat. 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni dan Sosok inspirasinya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kita terhadap hari-hari penting Nasional maupun Internasional. Semoga Bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel