Cara Pengajuan Bantuan Modal Bisnis UMKM 2021 Tahap 3, Cek Disini!

Konten [Tampil]

Bagaimana Pengajuan Bantuan Modal Bisnis UMKM 2021 Tahap 3?

Wabah pandemi berdampak besar bagi seluruh dunia khususnya negara Indonesia. Selain banyaknya korban, wabah ini berdampak pada sistem tatanan sosial dan ekonomi. Banyak perusahaan dan market besar gulung tikar, karyawan di PHK.

Kondisi seperti ini sangat memberatkan para masyarakat kecil untuk bertahan hidup. Bagaimana tidak, penghasilan tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Tulang punggung keluarga tidak ada pengasilan, modal untuk berbisnis juga tidak ada, dan sebagian besar pengusaha meminimalisir karyawan.


Bagaimana dengan kondisi masyarakat kecil ini?dengan segala inisiatifnya banyak yang melakukan perubahan dan perkembangan melalui UMKM walaupun sangat minimnya modal usaha. Namun akan gimana lagi, kehidupan akan terus berjalan sedangkan sandang pangan dan papan harus dipenuhi.

Pemerintah juga tidak tinggal diam melihat situasi yang cukup mengkhawatirkan ini. Segala cara diturunkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya bantuan sosial yang terdampak besar oleh pandemi dan kehilangan pekerjaan. Pemerintah menurunkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sejak tahun 2021.

Saat ini BLT telah diturunkan hingga tahap 3 yang sebelumnya sudah cair tahun 2020 lalu. Bantuan Langsung Tunai ini ditujukan kepada pemilik usaha kecil menengah untuk membantu jalannya operasional usaha. 

Pada tahap 3 ini bantuan diturunkan sebanyak 1,2 juta bagi setiap penerima BLT. Sebenarnya jumlah dana ini sedikit menurun daripada tahun lalu yang mana bantuan dana sebesar 2,4 juta. Akan tetapi, BLT untuk UMKM tahun 2021 ini tetap diharapkan dan ditunggu oleh pelaku usaha sebagai modal de tengah kondisi sulit seperti ini.

Penerima UMKM dapat mengecek apakah bantuan telah cair melalui eform BRI. Pada tahun 2021 ini dana yang di cairkan sebanyak 12,8 juta yang dibagikan kepada UMKM. Bantuan ini di berikan kepada mereka yang sebelumnya belum menerima BLT pada tahun 2020 tahap 1 dan 2.

Sekarang ini banyak pelaku usaha untuk mendapatkan penghasilan. Usaha kecil tersebut misalnya membuka usaha konveksi, menjual makanan ringan, jajanan anak-anak, warung atau yang lainnya. Namun bantuan tersebut tidak semuanya mendapatkannya, karena banyak pihak yang mengeluhkan telah melakukan pendaftaran namun belum lolos.

Karena banyaknya pendaftar tentunya pemerintah selektif akan adanya hal ini. Semua lapisan masyarakat tentunya sangat menantikan bantuan dana ini sebagai sumber penghasilan mereka kedepannya.

Modal bisnis sebenarnya bukan semata-mata mengincar uang, namun harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas untuk menjalankan bisnis. Bisnis yang hanya iseng saja tidak akan menjadi berkembang, karena tidak memiliki skill dan pengalaman yang memadai.

Untuk itu selain kita menunggu dan menantikan BLT sebaiknya kita juga membenahinya agar usaha yang telah dirintis mampu berkembang. Sehingga jika kelak pandemi sudah hilang, kita tidak perlu mencari pekerjaaan lain karena telah memiliki pekerjaan yang menghasilkan.

Bantuan dana modal UMKM ini dicairkan dengan berdasarkan data yang telah diajukan. Dalam mendapatkan bantuan modal tidak serta merta langsung menerimanya. Namun dalam hal ini pelaku usaha juga harus melakukan pendaftaran dengan ketentuan persyaratan. Apa saja sih persyaratannya? Cek berikut ini:

Persyaratan untuk mendapatkan bantuan modal bisnis pada UMKM tahap 3:

1. Setidaknya mempunyai usaha mikro kecil yang sedang berjalan. Selain itu perlunya punya surat Keterangan Usaha (SKU) dari pemerintah desa atau juga dapat daftar usahnya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

2. Pada saat pendaftaran tidak sedang mengajukan pinjaman atau Kredit Usaha Rakyat pada pihak siapapun.

3. Tidak pernah menerima bantuan dana UMKM pada tahap 1 dan 2.

Sebagai informasi yang akan menerima BLT UMKM atau dalam bahasa pemerintahnya Banpre BPUM 2021 tahap 3 mengalami penambahan kuotaa sebanyak 3 juta pelaku usaha. Akan tetapi pemilik usaha juga dapat mendaftarkannya di  Dinas Koperasi atau UKM Kabupaten dengan melengkapi persyaratan surat yang telah di tetapkan.

Bantuan ini akan sangat membantu masyarakat yang saat ini ekonominya sedang down. Mau bagaimana lagi inilah kondisi yang saat ini sedang negara kita alami.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran pada tahap 3 ini dapat mengecek website resmi atau media sosial dari Kementerian Koperasi dan UKM. Nnati di situ akan jelas dan valid informasinya. Pastikan kalian pelaku usaha tidak mengalami penipuan karena pada kondisi sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin dilakukan oleh mereka yang menginginkan uang. Jadi carilah informasi yang tepat dan akurat.

Jika mengalami kebingungan kalian dapat memastikannya dengan datang langsung ke Kantor Dinas Koperasi untuk meminta informasi dan keternagan lebih lanjut. Di sana nanti akan dijelaskan kapan pendaftaran dan bagaimana cara mendapatkan bantuan modal tersebut.

Apabila ternyata tetap belum mengetahui lokasi kantor berada dimana, kalian dapat mengeceknya melalui internet. Dan carilah lokasi alamat kantor dinas yang bersangkutan.

Sambil menunggu pendaftaran tahap 3 ini di buka bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya nnati jika pas waktunya pendaftaran tidak keteteran. Persyaratan terbaru yang berbeda dengan tahapan sebelumnya yaitu tidak boleh menerima KUR. Pelaku yang sudah mendaftar nanti akan menerima SMS dan dapat melakukan konfirmasi.

Berikut ini cara mengonfirmasi SMS penerimaan UMKM 2021  tahap 3.

  • Membuka internet pada HP atau PC.
  • Masuk ke website eform.bri.co.id.
  • Pilihlah BPUM yang terletak di bagian bawah sendiri.

Selain itu juga dapat langsung ke banpresbpum.id jika sudah ketemu masukan NIK KTP kalian dari pencet CARI. Jika nama kalian telah terdaftra maka bisa langsung BRI untuk mencairkan dana bantuan tersebut. Untuk mencairkan dan tersebut terdapat langkah-langkah yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Yang bersangkutan datang langsung ke bank terdekat dan membawa dokumen yang di perlukan dengan membawa KTP asli serta fotocopy nya, mengisi formulir Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, membawa surat pernyataan dan kuasa dari penerima bnatuan dana yang nantinya disediakan oleh pihak bank, memiliki dan membawa buku rekening atas bank tersebut.

2. Untuk penerima bantuan dan yang tidak memiliki nomor rekening dapat di bantu oleh bank untuk di cetakkannya, jadi jangan khawatir gagal dalam pencairan.

3. Datang ke bank pada jam kerja, lebih baik datang pagi hari karena ketika pencairan seperti ini antriannya membludak.

4. Mencairkan dana dapat di lakukan di BRI atau BNI manapun jadi tidak harus di ambil di pusatnya, bisa di kantor cabang.

5. Dana yang di dapatkan oleh penerima bantuan sebesar1,2 juta dan tidak akan dikenakan biaya lain atau potongan  apapun.

Jika nanti saat pencairan ternyata terbukti terdapat pemotongan, maka dapat melaporkannya kepada pihak yang terkait karena telah melanggar aturan adanya pungutan liar.

Nah buat kalian yang menginginkan bantuan dana sosial dapat mengajukan penftaran saat telah di buka. Jangan lupa perhatikan persyaratannya dan lengkapi agar nanti bisa lolos mendapatkan bantuan modal UMKM. Tunggu pendaftarannya jangan sampai terlewatkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengajuan Bantuan Modal Bisnis UMKM 2021 Tahap 3, Cek Disini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel