Perlu Diketahui ! Jenis-Jenis Bantuan Sosial yang Diberikan Pemerintah Kepada Masyarakat

Konten [Tampil]

Perlu Diketahui ! Jenis-Jenis Bantuan Sosial yang Diberikan Pemerintah Kepada Masyarakat

Dalam kondisi yang hampir semua terjadi kekacauan yang disebabkan virus corona pada beberapa tahun belakangan membuat semua sektor terdampak. Baik itu sektor kesehatan, pendidikan, sosial, politik dan yang paling parah adalah sektor ekonomi. Sektor ekonomi merupakan sektor yang paling terpengaruh oleh dampak terjadinya virus covid-19 ini.

Bagaimana tidak virus yang membuat kita berhati-hati dan waspada serta mengurangi aktivitas diluar ruangan ini membuat orang-orang banyak kehilangan pekerjaan.


Hilangnya pekerjaan dapat disebabkan oleh salah satunya PHK, wajar saja beberapa kegiatan ekonomi terdampak covid dan membuat beberapa perusahaan mengalami kerugian tentunya sehingga untuk membuat perusahaan mereka tetap survive mereka harus mengurangi banyak karyawan mereka.

Nah selain itu juga tidak sedikit perusahaan yang mengalami bangkrut, sehingga karyawan mereka banyak diputus kontrak dan kehilangan pekerjaan.

Tentunya hal ini sangat berdampak bagi ekonomi, PHK membuat masyarakat tidak memiliki cara lain untuk memenuhi kebutuhan sehingga daya beli mereka menurun dan tentunya juga berdampak lesunya perekonomian Negara.

Hal ini membuat pemerintah ekstra kerja keras, selain memprioritaskan dana untuk kesehatan. Pemerintah juga membuat perhatian khusus bagi rakyat agar mereka tetap bisa survive dan daya beli mereka tetap berjalan dengan beberapa program bantuan.

Nah, sudah banyak bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah sebagai bentuk upaya melindungi, menjaga dan memberikan perhatian kepada masyarakat agar mereka bisa tetap berkegiatan seperti biasa dan daya beli mereka tetap terjaga sehingga roda perputaran ekonomi bisa terus berjalan tentunya.

Yuk, simak beberapa jenis program bantuan sosial yang sudah dikeluarkan dan dijalankan pemerintah untuk masyarakat beikut ini :

Program Bantuan Sosial Berupa Kartu Prakerja

Bantuan ini dikeluarkan dan dijalankan oleh pemerintah untuk mereka-mereka yang baru saja terdampak PHK atau Kehilangan pekerjaan dan juga yang belum memiliki pekerjaan. Program Prakerja ini nantinya akan melatih mereka dengan memberikan pelatihan khusus sesuai bidang yang mereka inginkan kemudian ketika mereka telah melakukan hal itu mereka akan mendapatkan bantuan uang tunai yang dapat mereka gunakan sebagai modal untuk membuka usaha.

Program Bantuan Sosial Yang Dikeluarkan Kemensos Yaitu PKH

PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan program bantuan yang dijalankan dan dikeluarkan Kementerian Sosial Indonesia yang gunanya ialah untuk membantu keluarga yang masuk dikategorikan tidak mampu atau Miskin. Program ini tentunya sebagai salah satu cara untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia, dengan program ini harapan Pemerintah lewat kemensos ialah dana ini digunakan sebagaimana mestinya seperti membuka usaha atau dll.

Program Bantuan Sosial Berupa Potongan Listrik Atau Subsidi Listrik

Program ini dijalankan sebenarnya sudah lama dan kembali dilebarkan atau diluaskan oleh pemerintah kepada masyarakat agar menerima dampak positif dengan kurangnya beban mereka untuk membayar iuran listrik karena masa pandemi dengan memberikan subsidi listrik kepada mereka yang memang perlu mendapatkan manfaat ini.

Program BSP Atau Yang Dikenal Bantuan Sosial Pangan Kepada Masyarakat

Sama seperti sebelumnya, program bantuan sosial ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat khususnya karena akibat dampak pandemic virus ini yang melanda seluruh negeri ini. Bantuan Pangan berupa Sembilan Bahan Pokok atau Sembako ini disalurkan kepada masyarakat seluruh Indonesia sesuai dengan mereka yang terdata dan merasa perlu dengan bantuan ini.

Program BST Atau Akrab Dikenal Bantuan Sosial Tunai Kepada Masyarakat

Berbeda dengan BSP atau Bantuan  Sosial Pangan. BST adalah Bantuan Sosial Tunai yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial Indonesia. Bantuan yang berupa uang tunai ini dimaksudkan disalurkan kepada masyarakat tentunya dengan tujuan mengurangi beban masyarakat yang terdampak covid baik seperti kehilangan pekerjaan, rugi dan bangkrutnya usaha mereka. 

Nah itulah beberapa jenis program bantuan sosial yang dikeluarkan dan dijalankan oleh pemerintah dengan tujuan meringkan beban Masyarakat yang banyak terdampak oleh virus ini yang menjangkiti seluruh negeri ini. Tentunya masih banyak lagi beberapa jenis bantuan yang ada, namun tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Oleh sebab itu jika kalian merasa terdampak dan harus mendapatkan manfaat itu segera urus di pemerintah daerah kalian masing-masing. Tentunya sama-sama mari kita doakan agar kondisi Indonesia kembali pulih seperti pada umumnya dan eknomi bisa berjalan seperti pada umumnya lagi.

Belum ada Komentar untuk "Perlu Diketahui ! Jenis-Jenis Bantuan Sosial yang Diberikan Pemerintah Kepada Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel