Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android dengan Mudah

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android dengan Mudah


Pernah tidak Anda mengalami suatu kejadian yang cukup menjengkelkan saat menggunakan smartphone Android. Kejadian tersebut tak lain dan tak bukan adalah ketika HP Android tidak bisa menginstal aplikasi atau aplikasi tidak terpasang (App not installed?).

Padahal jika dilihat dari segi spesifikasi, ponsel Android Anda masih sangat mumpuni dan harusnya masih bisa menginstal serta menjalankan aplikasi dengan baik tanpa kendala apapun. Lantas mengapa notifikasi tersebut bisa muncul pada HP Android Anda?

Menurut pengalaman dari kami, kejadian aplikasi tidak terpasang di ponsel Android disebabkan oleh proses download aplikasi yang dilakukan di luar aplikasi Play Store. Dalam hal ini berarti Anda mendownload aplikasi melalui aplikasi pihak ketiga misalnya situs-situs yang menyediakan file download aplikasi-aplikasi tertentu.

Ketika Anda mendownload aplikasi dari sebuah situs download maka ketika Anda hendak menginstal aplikasi tersebut akan ada penolakan dari sistem Android karena sistem menganggap file tidak dikenali dan membahayakan sistem ponsel itu sendiri.

Namun sayangnya itu hanyalah salah satu penyebab dari munculnya notifikasi “Aplikasi Tidak Terpasang”, dimana sebenarnya masih banyak lagi sebab-sebab mengapa notifikasi tersebut mendadak muncul saat akan menginstal aplikasi di HP Android.

Oleh karena itu melalui artikel ini nantinya kami akan membahas mengenai topik “Aplikasi Tidak Terpasang” di Android secara lebih rinci dengan harapan Anda dapat dengan mudah memahaminya.

Satu hal yang perlu Anda ketahui jika tips yang akan kami berikan ini dapat diterapkan pada semua merek dan tipe HP Android seperti Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Huawey, Infinix, Advan, Nokia, Asus dan lain sebagainya.

Selain itu tips untuk mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang ini juga berlaku untuk hampir semua versi sistem Android mulai Marshmallow, Lolipop, Oreo, Pie dan versi lainnya yang setingkat lebih tinggi.


Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Perlu Anda ketahui, jika terdapat beberapa hal yang menyebabkan munculnya notifikasi “Aplikasi Tidak Terpasang” pada HP Android. Berikut ini merupakan penyebab umum aplikasi tidak terinstal di HP Anda.


Memori Penuh

Terkadang memori yang penuh bisa menjadi penyebab utama mengapa Anda tidak bisa memasang atau menginstal aplikasi di HP Android Anda. Proses pemindahan file data aplikasi yang tidak sempurna akan menyebabkan kegagalan penginstalan dan berdasarkan hal ini pula mengapa muncul notifikasi aplikasi tidak terinstal saat Anda hendak  mencoba menginstal sebuah aplikasi.


HP Tidak Mendukung

Terkadang aplikasi yang hadir saat ini dirancang untuk sistem OS Android versi terbaru sehingga jika kebetulan HP Anda memiliki OS Android yang lawas kemungkinan besar Anda tidak akan bisa menginstal aplikasi tersebut. Sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu sistem requirement dari aplikasi yang hendak Anda instal, apakah kompatibel dengan perangkat Anda.


Aplikasi Rusak

Umumnya Anda akan menemui file aplikasi yang rusak jika Anda sering mengunduh aplikasi diluar Play Store sehingga Anda tidak akan bisa menginstalnya. Maka dari itu terkadang ketika Anda mendownload sebuah aplikasi diluar Play Store biasanya akan muncul notifikasi “Sumber Aplikasi Tidak Terpercaya”. Belum lagi resiko virus yang bisa saja menginfeksi ponsel Anda sewaktu-waktu.


Kesalahan Sistem

Meski smartphone identik dengan kecanggihannya, akan tetapi tidak luput pula dari yang namanya dengan kesalahan sistem. Kesalahan sistem biasanya akan terjadi ketika aktivitas yang dilakukan ponsel sudah terlalu padat sehingga akhirnya akan membebani RAM pada ponsel tersebut.

Hal ini juga termasuk menginstal aplikasi yang bisa menyebabkan sebuah kesalahan sistem pada smartphone Anda.


Solusi Mengatasi apk Tidak Terinstall


Perhatikan Internal Storage

Hal pertama yang harus Anda periksa sebelum memutuskan untuk menginstal aplikasi adalah sisa memori internal yang ada pada smartphone Anda. Pastikan memori internal tersisa dengan cukup banyak terutama jika Anda hendak menginstal sebuah aplikasi yang berkapasitas besar. Dengan begitu Anda sudah bisa memberikan perkiraan yang cukup valid mengenai aplikasi yang akan Anda instal sehingga meminimalisir terjadinya error seperti aplikasi tidak terpasang atau aplikasi tidak terinstal.

Untuk mengecek berapa sisa memori internal sangatlah mudah yaitu dengan pergi ke menu setelan/setting lalu pilih storage (penyimpanan). Disini nantinya akan terlihat berapa sisa memori internal yang ada di smartphone Anda.


Restart HP

Apabila masalah aplikasi tidak terpasang ini terus berlanjut maka bisa jadi ponsel Anda membutuhkan tindakan restart dengan tujuan untuk merefresh sistem Android agar dapat berjalan seperti sedia kala.

Merestart HP diklaim dapat dengan mudah memperbaiki segala masalah yang terdapat pada ponsel tersebut. 

Untuk itu untuk mengatasi masalah ini Anda harus mencoba cara yang satu ini yaitu melakukan restart pada ponsel.


Cek System Requirement Aplikasi

Anda mungkin sudah tahu jika sebuah aplikasi pada ponsel lambat laun akan meminta pembaruan demi meningkatkan fitur juga pelayanan yang ada pada aplikasi tersebut. Namun disisi lain dengan adanya pembaruan atau update pada aplikasi akan membuat beberapa jenis model ponsel terutama model yang lama tidak akan kompatibel lagi terhadap aplikasi tersebut.

Maka dari itu Anda harus benar-benar melakukan pengecekan apakah aplikasi yang hendak Anda install tersebut masih masuk ke dalam kriteria sistem requirement ponsel Anda.

Umumnya jika Anda mencari sebuah aplikasi di Play Store dan Anda tidak menemukan hasil apapun pada kolom pencarian maka bisa dipastikan ponsel Anda tidak mendukung untuk melakukan instalasi aplikasi tersebut.

Selain itu Anda juga dapat membaca informasi requirement yang biasanya turut dicantumkan oleh pihak developer aplikasi tersebut.


Download Wajib dari Play Store

Sebagaian pemilik ponsel lebih memilih mengunduh aplikasi diluar Play Store dengan alasan lebih menguntungkan seperti mengubah game yang berbayar menjadi game yang gratis dimainkan.

Namun masalahnya jika Anda mendownload aplikasi diluar Play Store maka Anda tidak bisa memastikan apakah aplikasi tersebut aman atau didukung oleh perangkat ponsel Anda.

Hal ini disebabkan karena aplikasi diluar Play Store belum melewati fase uji coba instal pada semua perangkat Android dan umumnya aplikasi yang ada pada pihak ketiga hanya kompatibel pada beberapa perangkat ponsel dengan spesifikasi mid range dan high end.

Belum lagi aplikasi yang di download diluar Play Store berpotensi menyebarkan malware atau virus yang tentunya dapat merusak perangkat ponsel Anda cepat atau lambat.

Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda tetap mendownload aplikasi atau game hanya melalui Play Store saja karena telah tersertifikasi aman dan siap dijalankan.


Hapus Cache Play Store

Cache merupakan data yang disimpan sementara di memori telepon ketika Anda selesai menggunakan aplikasi di ponsel Anda. Nah setiap aplikasi itu memiliki file cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan.

File cache yang dibiarkan begitu saja tentu akan membuat berat kinerja pada aplikasi cepat atau lambat. Hal ini juga berlaku pada Play Store yang notabene juga merupakan sebuah aplikasi Android.

Untuk mengatasi permasalahan aplikasi tidak terpasang, Anda juga bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan menghapus semua cache yang ada di Play Store. Berikut langkahnya.

Buka setting (pengaturan) => lalu cari aplikasi => kemudian cari Google Play Store => buka storage (penyimpanan) => pilih clear cache (hapus cache).

Jika diperlukan Anda bisa juga menghapus clear storage (menghapus storage) kemudian Play Store akan mendownload ulang pembaruan.


Reset HP

Jika cara-cara yang telah kami berikan di atas tidak bisa juga mengatasi permasalahan aplikasi tidak terpasang pada ponsel Anda. Maka cara terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan reset pada HP Anda.

Dengan melakukan reset HP atau dikenal juga mengembalikan ke pengaturan awal pabrik maka biasanya segala macam error atau kesalah dapat teratasi dengan mudah.

Namun baiknya sebelum Anda melakukan reset HP atau mengembalikan ke pengaturan pabrik maka silahkan Anda pastikan terlebih dahulu telah melakukan backup file-file penting ke penyimpanan lainnya misalnya komputer atau laptop.

Hal ini dikarenakan proses reset HP akan menghapus semua file yang ada pada ponsel Anda tanpa terkecuali.



Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel