©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air

6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air

Salah satu teman ketika bekerja dengan menggunakan laptop adalah kopi, teh, jus atau yang sejenisnya. Namun, pernahkah Anda tidak sengaja menumpahkannya ke keyboard laptop Anda? lalu, bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop rusak terkena air?

6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air

Biasanya kejadian tersebut akan mengakibatkan keyboard tidak lagi berfungsi atau salah satu tombolnya tidak dapat memberikan output pada layar laptop. Awalnya memang hanya satu tombol saja yang tidak berfungsi, namun seiring berjalannya waktu tombol lainnya pun tidak berfungsi.

1. Lepaskan charger

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak terkena air yang pertama adalah dengan melepaskan charger terlebih dahulu. Apabila laptop Anda telah terhubung dengan listrik atau sedang melakukan penyambungan dengan charger, maka segeralah melepaskan charge tersebut.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting. Korsleting merupakan hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil. sehingga dapat mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Apabila terjadi korsleting tidak segera ditangani, maka akan mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Sehingga, dengan cara tersebut untuk menghindari korsleting dapat Anda lakukan dengan melepaskan charger tersebut.

2. Mematikan laptop

Apabila charger Anda sudah terlepas dari laptop Anda, cara memperbaiki keyboard laptop rusak terkena air yang selanjutnya adalah dengan mematikan laptop Anda. hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting dalam beberapa kabel komponen keyboard.

Kemudian Anda dapat mendiamkan laptop sehingga air yang terdapat di dalamnya benar-benar kering. Dalam melakukan proses tersebut umumnya memerlukan waktu sekitar 10 jam.

3. Pemosisian laptop dengan terbalik

Apabila kondisi laptop sudah dalam keadaan mati, maka segeralah lakukan membalik laptop Anda. hal ini bertujuan supaya air dapat keluar dari setiap celah keyboard. Usahakan untuk menempatkan posisi laptop yang benar-benar pas.

Sehingga tidak terjadi kerusakan yang lainnya pada komponen laptop dan juga tetap aman ketika digunakan.

4. Keringkan dengan kipas angin

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak terkena air yang selanjutnya adalah dengan mengeringkan keyboard dengan menggunakan kipas angin. Anda dapat menggunakan kipas angin yang berukuran kecil kemudian nyalakan dengan waktu yang cukup lama serta dengan meletakkan pas di bawah keyboard.

Hal ini memiliki tujuan supaya debu yang terdapat di dalam keyboard juga ikut turun. Dengan demikian dua pembersihan, yaitu membersihkan dari debu sekaligus membersihkan dari air atau mengeringkan keyboard.

Selain dengan menggunakan kipas angin yang kecil Anda juga bisa menggunakan hair dryer yang dapat Anda lakukan. Namun, yang harus Anda ingat adalah dengan memastikan tidak menggunakan suhu yang terlalu panas.

Selain itu juga tidak dianjurkan untuk meletakkan benda tersebut terlalu dekat dengan keyboard laptop. Apabila suhu yang Anda hasilkan terlalu panas dan berada di posisi yang terlalu dekat dengan keyboard, justru hanya dapat merusaknya karena panas yang sudah dihasilkan.

5. Bongkarlah keyboard laptop

Langkah yang selanjutnya adalah dengan membongkar keyboard laptop Anda. hal tersebut merupakan sarana yang paling maksimal. Sehingga Anda dapat membersihkan dengan leluasa tanpa adanya halangan tombol.

Namun, yang harus diingat jika membongkar keyboard maka Anda harus memiliki keahlian khusus. Apabila tidak memiliki keahlian dalam melakukan bongkar pasang keyboard, maka jangan sesekali  melakukan tahapan ini.

Hal ini dikarenakan apabila tidak dapat mengembalikan keyboard dapat membuat kerusakan pada keyboard.

6. Keyboard yang mulai berasap

Apabila keyboard laptop Anda mulai mengeluarkan asap maka Anda harus lebih hati-hati. biasanya hal tersebut menandakan karena logic keyboard atau motherboard telah mengalami gejala korsleting. Sehingga akan sangat berbahaya jika digunakan.

Oleh sebab itu, Anda harus segera membawa ke tukang service untuk meminta perbaikan lebih lanjut perihal keyboard laptop Anda.

7 Cara Merawat Keyboard

Setelah mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop rusak terkena air, selanjutnya adalah dengan merawat keyboard. Cara ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Namun, terkadang pemilik laptop tidak peduli atau tidak mengetahuinya.

1. Gunakan cover keyboard

Cara merawat keyboard adalah dengan menggunakan cover keyboard. Hal ini merupakan hal yang sangat penting karena keyboard dengan memberikan cover keyboard dapat melindungi dari cairan dan debu. Harga cover keyboard ini tergantung dari jenisnya, umumnya dijual dengan harga yang murah.

Apabila Anda menggunakan cover keyboard ini akan mengurangi masuknya debu dan cairan pada sela-sela keyboard laptop. Terutama jika Anda tidak menggunakan cover keyboard pastinya terdapat kotoran yang masuk di sela-sela terlebih lagi jika jarang dibersihkan.

2. Jangan menekan dengan terlalu kencang

Sebenarnya setiap keyboard memiliki batas tekanan yang berbeda-beda. Apabila Anda menekan keyboard yang terlalu kencang umumnya dilakukan oleh para gamers karena terlalu terbawa suasana dengan game tersebut.

Apabila Anda menekan laptop terlalu kencang maka dapat menyebabkan keyboard laptop Anda menjadi cepat rusak dan tidak dapat bertahan lama. Hal tersebut bisa dihindari apabila Anda menekan keyboard ala kadarnya dan tidak terlalu berlebihan.

3. Gunakanlah keyboard eksternal

Apabila Anda seorang gamers yang sering terbawa suasana oleh situasi permainan, alangkah baiknya jika Anda menggunakan keyboard eksternal. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari dengan menekan keyboard terlalu kencang.

Sekalipun Anda menekan secara kencang maka akan merusak keyboard eksternal Anda. apabila keyboard eksternal rusak maka cara mengatasinya juga mudah dan harganya juga sangat murah jika dibandingkan dengan mengganti keyboard pada laptop bawaan.

4. Gunakanlah on-screen keyboard

Jika tidak sempat membeli keyboard USB, namun Anda benar-benar sangat memerlukan keyboard untuk mengetik, Anda dapat mencoba menggunakan on-screen keyboard. Untuk menggunakannya Anda dapat membuka start>program>accessories>accessibility.

Jika sudah Ada bisa memilih on-screen keyboard. On-screen keyboard tersebut bermanfaat seperti keyboard biasa. Namun, Anda harus mengoperasikan dengan menggunakan mouse. Memang sedikit merepotkan, namun akan berguna apabila Anda memerlukan dalam kondisi terdesak.

5. Jauhkanlah dari cairan

Setelah mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop rusak kena air, maka jangan sekali-kali Anda meletakkan minuman, seperti air putih, kopi, atau teh di dekat laptop. Meski tujuannya adalah untuk memudahkan ketika merasa haus, namun hal itu sangat membahayakan.

Meski sebenarnya boleh-boleh saja untuk dilakukan, namun alangkah baiknya jika Anda berhati-hati. Hal ini dikarenakan apabila terjadi tumpahan air dan mengenai laptop Anda maka dapat menyebabkan keyboard laptop sehingga cepat rusak dan menjadi tidak awet.

6. Rajin membersihkan keyboard

Pernah tidak laptop Anda terdapat banyak debu di dalam nya? Apabila pernah ketika mau menggunakan laptop terasa tidak nyaman bukan? oleh sebab itu Anda dapat membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan lap atau kuas yang khusus untuk membersihkan keyboardnya.

Kuas pembersih keyboard laptop tersebut dapat Anda dapatkan di toko-toko laptop yang terdekat dengan Anda dan biasanya memiliki harga yang sangat murah.

Setelah mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop rusak kena air dan cara merawatnya Anda dapat menjaga keyboard laptop Anda agar tidak sampai terkena air atau menjaga menjaga laptop dengan merawatnya. 

 

Posting Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air"