©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini 4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terdeteksi

Begini 4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terdeteksi

Flashdisk yang tidak terdeteksi ketika dibutuhkan memang membuat panik. Terutama jika di dalamnya terdapat file penting. lalu, bagaimana cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi dengan mudah?

Flashdisk atau yang biasa disebut dengan USB flash drive merupakan sebuah alat untuk menyimpan dokumen yang dianggap penting. Benda ini memiliki ukuran yang kecil dengan berat yang ringan. Sehingga alat ini cukup diandalkan untuk menyimpan data.

5 Penyebab Flashdisk Rusak Tidak Terdeteksi

Sebelum mengetahui cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan flashdisk rusak tidak terbaca oleh laptop atau komputer.

1. Port USB kotor

Penyebab flashdisk tidak terbaca yang pertama adalah disebabkan karena port USB yang kotor. Penyebab yang satu ini rentan sekali terjadi terutama Anda yang biasa meletakkan flashdisk, laptop atau kompute di tempat yang kotor.

Debu yang menutupi konektor memungkinkan mempengaruhi kinerja dari flashdisk dan akan membuat flashdisk sulit untuk dibaca oleh laptop atau komputer.

2. Mencabut flashdisk tanpa di eject

Mungkin sebagian dari Anda terbiasa mencabut flashdisk tanpa di eject terlebih dahulu. padahal kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan flashdisk mengalami kerusakan, yaitu tidak lagi terdeteksi oleh PC atau laptop.

3. Terdapat virus dan malware

Penyebab yang selanjutnya adalah dikarenakan adanya serangan virus ataupun malware. Timbulnya penyebab tersebut dapat memicu karena kebiasaan menggunakan flashdisk yang sering dihubungkan ke sembarang perangkat secara bergantian dengan intensitas yang sering.

Padahal belum tentu perangkat tersebut aman dari serangan virus ataupun malware. Selain itu flashdisk tidak terbaca bisa jadi semua file yang terdapat pada flashdisk tersebut menghilang.

4. Adanya masalah pada driver USB

Selain ketiga penyebab di atas, yang dapat menyebabkan flashdisk tidak terbaca adalah adanya masalah pada driver USB. Anda dapat melakukan pengecekan pada driver USB melalui device manager. Kemudian pilih opsi universal serial bus controllers yang terdapat di dalamnya.

5. Flashdisk yang tidak original

Bukan tidak mungkin flashdisk yang Anda beli merupakan sebuah produk yang palsu. Sekarang ini banyak sekali yang menjual flashdisk dengan harga murah disertai dengan memiliki embel-embel dapat menyimpan dengan kapasitas yang besar.

Namun, ketika digunakan ternyata tidak menunjukkan kinerja yang baik sebagaimana flashdisk yang ori. Bahkan hanya digunakan beberapa kali saja sudah mengalami malfungsi. Itulah sebabnya mengapa Anda diwajibkan harus teliti dalam membeli sesuatu, salah satunya adalah flashdisk.

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terdeteksi

Namun, sayangnya alat penyimpanan dokumen tersebut ini rentan terkena virus atau rusak. Dan lebih sialnya lagi, apabila ia tidak dapat dibuka padahal terdapat file penting di dalamnya dan hendak digunakan. Berikut cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi.

1. Cek menggunakan port USB

Anda dapat menghubungkan flashdisk ke port Usb di laptop. Terdapat kemungkinan port USB yang terdapat pada komputer atau laptop sedang bermasalah. Sehingga tidak bisa membaca flashdisk. Anda dapat menghubungkan flashdisk ke port USB yang lainnya yang terdapat pada PC Anda.

Apabila cara tersebut berhasil di perangkat yang lain, itu berarti port USB yang terdapat pada laptop Anda rusak atau perangkatnya memang sedang bermasalah.

Namun, sebelum menghubungkan flashdisk, pastikan terlebih dahulu jika port benar-benar bersih dan juga terhindar dari debu. Jagalah port USB tersebut supaya tidak mudah longgar atau dapat digerakkan ke atas kebawah.

2. Cek kondisi Flashdisk

Cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi yang kedua adalah dengan mengecek kondisi flashdisk yang Anda miliki. Hubungkanlah flashdisk lain ke port USB yang terdapat pada PC Anda. apabila flashdisk lain dapat terbaca namun flashdisk Anda tidak terbaca terdapat kemungkinan flashdisk Anda tengah mengalami masalah.

3. Gunakan disk management

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan disk management tool. Cara ini memiliki tujuan untuk memperbaiki flashdisk yang tengah mengalami masalah atau kerusakan.

Apabila memang ditemukan kerusakan atau adanya virus, secara otomatis windows akan melakukan pemulihan atau perbaikan pada flashdisk Anda. Cara yang pertama adalah menghubungkan flashdisk pada port USB PC/laptop.

Kemudian klik kanan yang terdapat pada simbol windows kemudian pilih disk management. Pilihlah disk flashdisk kemudian klik kanan. Jika sudah maka Anda dapat menekan klik kanan dan pilihlah properties. Tunggulah hingga muncul tab baru. Jika sudah kemudian klik tools dan pilih fitur check.

Klik scan and repair drive dan tunggulah hingga scan selesai dilakukan. Coba hubungkan flashdisk Anda setelah melakukan cara ini.

4. Membuka flashdisk dengan device manager

Cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi yang selanjutnya adalah dengan membuka flashdisk dengan menggunakan device manager. Cara ini dapat Anda lakukan apabila laptop atau PC bisa terbaca flashdisk Anda. Namun file yang ada tidak dapat terbaca.

Caranya adalah dengan mencari device manager di pencarian yang terdapat di windows atau dapat juga dengan menekan “windows + X”, kemudian pilih device manager. Jika sudah buka device manager, lalu klik disk drivers. Cari drive flashdisk lalu uninstall drive flashdisk tersebut.

Langkah yang terakhir adalah dengan memilih scan for hardware changes untuk memperbaiki perubahan yang terdapat pada drive. Lalu restart laptop atau PC Anda dan cobalah menghubungkan flashdisk Anda kembali.

5. Cek flashdisk dengan command prompt.

Langkah yang pertama adalah menekan klik logo windows kemudian ketik command prompt. Apabila sudah muncul tab jendela hitam, kemudian ketik chkdsk G. Anda harus mengubah huruf G dengan huruf yang sesuai dengan drive flashdisk yang Anda miliki, seperti H atau F.

Jika sudah lalu tekan enter dan lihatlah apa yang dapat ditampilkan oleh command prompt. Apabila flashdisk Anda bermasalah, maka akan terdapat pemberitahuan jika windows telah menemukan error dan yang lainnya.

6. Format flashdisk menggunakan disk management

Cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi yang selanjutnya adalah melakukan format dengan menggunakan disk management. Meski cara ini tergolong sedikit ekstrim karena Anda nantinya akan kehilangan file yang ada di dalam flashdisk.

Namun, cara ini terbilang cukup efektif. Sebab, bisa adanya virus yang mengakibatkan tidak terbacanya flashdisk Anda. Pertama Anda dapat menekan klik pada windows + X atau dengan mencari disk management pada pencarian windows.

Langkah yang kedua adalah dengan memilih lokasi flashdisk yang hendak Anda format. Kemudian klik kanan pada drive lalu pilih format.

Sebelum melangkah ke tahap yang selanjutnya Anda akan diberi peringatan perihal flashdisk jika memilih format, kemudian pilih “Yes”. Kemudian tunggulah hingga flashdisk Anda selesai di format. Jika sudah kemudian cobalah untuk menggunakan flashdisk tersebut.  

Setelah mengetahui penyebab dan cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terdeteksi diharapkan Anda lebih berhati-hati dalam membeli dan juga menjaga flashdisk Anda agar tidak sampai rusak bahkan kehilangan data atau file-file yang bersifat penting. 

 

Posting Komentar untuk "Begini 4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terdeteksi"