©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total? Berikut Penjelasannya

Bagaimana Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total? Berikut Penjelasannya

Cara menghidupkan HP Xiaomi mati total ini seringkali dipertanyakan oleh para pengguna smartphone Xiaomi. HP yang tiba-tiba mati total memang membuat kesal dan juga bertanya perihal penyebabnya.

Sebenarnya cara menghidupkan hp yang mati total ini dapat Anda atasi sendiri tanpa harus membawanya ke tukang service. Lalu, bagaimana cara menghidupkannya?

Apa yang Menyebabkan HP Xiaomi Mati Total?

Sebelum membahas perihal cara menghidupkan HP Xiaomi mati total alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan HP tersebut mati total. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penangan yang baik dan juga tepat. Berikut adalah yang menyebabkan HP Xiaomi mati total.

1. Baterai yang sudah rusak

2. HP mengalami overheat

3. Hp yang terkena air

4. Charger yang rusak

5. IC power yang rusak

6. Kesalahan dalam mengecas

7. Konektor baterai yang mengalami kerusakan

8. Umur HP yang sudah tua

9. Gagal flashing atau reboot

10. Tombol power yang rusak.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total Dengan Mudah

Berbagai kerusakan pada ponsel memang terkadang tidak dapat dihindari begitu saja, seperti kerusakan pada hardware atau kerusakan pada software. Ponsel yang mengalami mati total secara tiba-tiba tentu menandakan jika ponsel tersebut mengalami kerusakan.

1. Lakukan Pengisian Daya

Cara menghidupkan HP Xiaomi mati total yang pertama adalah dengan melakukan pengisian daya terlebih dahulu. cara ini memang terkesan sepele, namun bisa menjadi alternatif yang paling mudah untuk Anda lakukan.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan tempat charging yang berbeda-beda. Apabila ponsel tersebut tetap tidak mau menyala berarti cara ini memang belum dapat digunakan untuk menyalakan ponsel yang mati total.

Cara ini biasanya digunakan untuk menangani kesalahan kecil seperti baterai ponsel yang sampai habis dengan tempat pengisian daya yang rusak. Hal tersebut juga bisa menjadikan alasan mengapa ponsel tersebut tiba-tiba mati total.

Atau bisa juga HP Xiaomi Anda mengalami mati total karena baterai pada ponsel tersebut mengalami kerusakan. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan pengisian daya terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Anda bisa melakukan pengisian daya terlebih dahulu dengan benar sambil memastikan port USB yang Anda gunakan dalam keadaan yang bersih dan juga kabel pengisian daya yang normal.

2. Menggunakan Fastboot

Cara menghidupkan HP Xiaomi mati total yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Fastboot. Cara ini dianggap cara yang paling efektif agar dapat menghidupkan HP Xiaomi yang sedang mati total. Anda bisa masuk ke menu fastboot yang terdapat pada HP Xiaomi Anda.

Namun, untuk mengaksesnya Anda harus menyiapkan beberapa alat, seperti PC atau laptop dan juga USB. Kemudian Anda juga akan membutuhkan MiFlash dan jua Firmware Xiaomi. Yang mana software tersebut dapat Anda pasang atau instal di perangkat PC atau laptop Anda.

Kemudian pastikan juga Anda menggunakan versi yang sesuai dengan perangkat ponsel tersebut. jika sudah Anda tinggal mencolokkan ponsel dengan menggunakan USB original yang berasal dari ponsel tersebut.

Jika semua sudah terhubung Anda bisa mengikuti semua prosesnya dengan benar hingga ponsel tersebut dapat dinyalakan kembali seperti semula. Jangan lupa untuk memastikan seri ponsel yang Anda gunakan agar tidak mengalami masalah baru.

3. Masuk ke Recovery Mode

Masuk ke recovery mode merupakan cara menghidupkan HP Xiaomi mati total yang paling mudah. Yang mana pada HP Xiaomi memiliki sistem untuk dapat masuk ke recovery mode dengan mudah, yaitu dengan menggunakan tombol fisik.

Dengan cara ini memberi kemungkinan berhasil yang lebih besar. Namun, pastikan terlebih dahulu baterai pada ponsel tersebut memiliki daya yang cukup dan juga dapat digunakan untuk masuk ke recovery mode.

Cara masuk ke recovery mode yang terdapat pada ponsel ini pun sma, bahkan untuk ponsel Xiaomi yang sudah di root juga memiliki sistem recovery yang sama. Berikut adalah cara masuk ke recovery mode pada HP Xiaomi.

  • ·   Langkah yang pertama adalah dengan menekan tombol power + volume atas secara bersama-sama.
  • ·     Kemudian silahkan tunggu hingga muncul logo Xiaomi
  • ·     Kemudian setelah logo Xiaomi muncul Anda akan masuk ke menu Mi Recovery
  • ·     Lalu pilih Bahasa Inggris
  • ·     Langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih menu Wipe Data atau Factory Reset.
  • ·   Kemudian pilih All Wipe Data untuk menghapus semua file yang terdapat dalam smartphone tersebut.
  • ·     Lalu pilih Yes untuk melanjutkan proses hard reset
  • ·     Kemudian Anda bisa menunggu proses hard reset hingga selesai
  • ·     Jika proses sudah selesai Anda bisa tinggal restart atau Reboot.
  • ·     Jika reset dinyatakan telah selesai dan smartphone akan kembali ke pengaturan semula.

Apabila Anda sudah dinyatakan berhasil masuk ke mode recovery, maka langkah yang selanjutnya adalah Anda dapat masuk dengan menekan menu reboot. Tujuanya adalah untuk melakukan navigasi agar Anda dapat menggunakan tombol power untuk enter dan juga tombol volume untuk navigasi.

4. Mengganti Baterai yang Original

Cara menghidupkan HP Xiaomi mati total selain dengan beberapa cara di atas Anda juga bisa dengan cara mengganti baterai pada HP tersebut. hal ini umumnya digunakan apabila baterai pada HP Xiaomi Anda mengalami kerusakan.

Salah satu hal yang menyebabkan kerusakan pada batre HP Xiaomi adalah menggunakan baterai yang salah. Selain itu juga dapat disebabkan oleh pins yang menggunakan baterai tidak asli sehingga dapat menyebabkan kerusakan atau error pada baterai ponsel. Usahakan untuk menggunakan baterai HP Xiaomi yang original.

Tujuannya adalah jika terdapat kerusakan dapat segera diatasi. Namun, jika baterai sudah diganti menjadi yang ori dan HP masih tetap belum dapat dinyalakan, bisa jadi terdapat kerusakan karena faktor yang lainnya.

5. Mengeluarkan HP Xiaomi dari Air

Apakah penyebab HP Xiaomi Anda mati total karena air? Jika memang iya, maka cara mengatasinya adalah dengan segera mengeluarkan air dari HP tersebut. Cara menghidupkan HP Xiaomi mati total karena terkena air apabila HP Anda menggunakan baterai tanam adalah dengan menimbunnya dengan menggunakan beras.

Cara menimbun HP dengan menggunakan beras ini dianggap cara yang paling mudah karena HP tersebut tidak dapat diambil baterainya. Anda bisa mendiamkan HP tersebut selama semalam. Hal ini dikarenakan beras memiliki sifat menyerap air dan juga dikenal dapat mengeluarkan air dari dalam HP.

6. Bawa Ke Tempat Service

Cara menghidupkan HP Xiaomi mati total yang selanjutnya adalah dengan membawa ke tempat tukang service. Cara ini merupakan cara yang terakhir jika beberapa cara di atas belum juga dapat menghidupkan smartphone Anda. Meski demikian biaya service tentu berbeda-beda. Namun Anda bisa mengetahui kerusakan dan juga besaran biaya yang Anda butuhkan.

Beberapa cara menghidupkan HP Xiaomi mati total diatas dapat Anda coba untuk menghidupkan HP Xiaomi Anda. namun, sebelum Anda memilih salah satu cara pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui penyebab HP tersebut mengalami mati total agar tidak terjadi kesalahan lain. 

Posting Komentar untuk "Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total? Berikut Penjelasannya"