©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Xiaomi

Simak Begini Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Xiaomi

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang mencari cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi? Hal ini umumnya dikarenakan karena terganggu dengan tulisan mode aman atau safe mode yang terdapat pada ponsel tersebut.

Biasanya ketika menggunakan ponsel Xiaomi akan muncul pesan mode aman yang mana tepatnya berada di pojok bawah HP. Pesan mode ini biasanya akan muncul secara tiba-tiba, sehingga aplikasi yang terpasang pada HP Xiaomi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Apa Itu Mode Aman di HP Xiaomi?

Sebelum membahas perihal cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi. Alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu perihal mode aman tersebut. Hal ini biasanya terdapat pada laptop. Ketika laptop sedang mengalami masalah dan mati dengan tidak sebagaimana mestinya, akan ada nada pilihan untuk masuk ke mode aman.

Hal tersebut juga dapat terjadi di HP Android, salah satunya adalah Xiaomi. Umumnya hal ini muncul ketika ponsel Xiaomi Anda sedang mengalami masalah. Selain itu pengguna juga tidak sengaja masuk ke mode aman, yaitu dengan memencet beberapa tombol tersebut.

Tidak hanya itu saja safe mode ini juga muncul karena aplikasi pihak ketiga yang telah terpasang di HP Xiaomi. Sehingga hal ini sering terjadi pada perangkat Xiaomi yang telah di root. Ketika mode aman ini muncul maka Anda tidak dapat menggunakan HP Xiaomi seperti biasanya.

Apa Fungsi Mode Aman HP Xiaomi?

Setelah mengetahui apa itu mode aman di HP Xiaomi, lalu apa sebenarnya fungsi dari mode tersebut? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi mode aman di HP Xiaomi merupakan untuk mendiagnosis smartphone tersebut.

Jika fitur tersebut aktif, maka secara otomatis akan menonaktifkan semua aplikasi di pihak ketiga. Yang aktif hanyalah aplikasi bawaan dari smartphone tersebut. tujuannya tidak lain adalah supaya dapat mencari aplikasi yang bermasalah.

Biasanya aplikasi tersebut sengaja disembunyikan supaya tidak terdeteksi oleh antivirus. Apabila dibiarkan saja maka akan berisiko membuat ponsel Anda menjadi lemot. Selain itu Anda juga bisa mencuri data pribadi yang telah tersimpan di smartphone Anda.

Jadi, untuk menghapus aplikasi yang mengandung malware dan virus, maka Anda dapat mengaktifkan safe mode. Meski demikian masih terdapat banyak pengguna HP Xiaomi yang masih belum mengetahui cara tersebut.

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Xiaomi

Terdapat 3 cara untuk menghilangkan mode aman ini. Hal ini harus dilakukan supaya dapat menggunakan kembali ponsel tersebut. Berikut adalah cara untuk menghilangkan safe mode pada ponsel Xiaomi.

1. Melepas Baterai

Cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi yaitu dengan melepas baterai ponsel tersebut. Namun, cara ini dapat Anda lakukan apabila ponsel masih menggunakan baterai yang dapat dilepas. Bagi HP Xiaomi yang menggunakan baterai tanam bisa melewatkan poin yang satu ini.

·       Langkah yang pertama adalah dengan mematikan HP Xiaomi Anda hingga benar-benar dalam keadaan mati.

·       Kemudian lepaskan casing pada bagian belakang ponsel Anda yang diikuti dengan melepas baterai.

·       Tunggulah hingga beberapa waktu supaya HP Anda cooling down.

·       Setelah dirasa cukup, kemudian pasang kembali baterai HP Xiaomi Anda dan tutuplah dengan menggunakan casing yang terdapat pada bagian belakang HP.

·       Kemudian nyalakan kembali ponsel Anda dengan menekan tombol power.

·       HP Xiaomi pun sudah keluar dari mode aman

2. Periksalah Aplikasi yang Terpasang di HP

Biasanya aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi bisa menjadi salah satu penyebab mengapa muncul pesan save mode. Risiko tersebut akan semakin bertambah besar, terutama apabila ponsel yang Anda gunakan sudah dalam keadaan sudah di root. Berikut adalah cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi dengan memeriksa aplikasi.

·       Langkah yang pertama adalah dengan membuka Google Play.

·       Kemudian klik gambar profil.

·       Jangan lupa untuk mengelola aplikasi & perangkat.

·       Kemudian masuk ke tab Terinstal.

·       Periksalah apakah ada aplikasi yang bermasalah, umumnya akan muncul di sana.

·       Setelah Anda menemukan aplikasi yang mana saja yang bermasalah, maka Anda bisa langsung menghapusnya dari ponsel Xiaomi tersebut.

·       Jika sudah selesai maka dipastikan mode aman tersebut akan hilang dari HP Xiaomi tersebut.

3. Restart HP Xiaomi

Cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi yang selanjutnya adalah merestart ponsel Anda. Cara ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu memulai ulang HP atau melakukan restart. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

·       Langkah yang pertama adalah menekan tombol power dengan agak lama sehingga muncul beberapa pilihan.

·       Kemudian pilih Restart atau mulai ulang. Anda juga dapat memilih Shutdown atau matikan daya.

·       Langkah yang selanjutnya adalah dengan menunggu hingga HP Xiaomi selesai restart. Apabila memilih dengan mematikan daya, maka Anda bisa menekan tombol power setelah beberapa detik.

·       Setelah HP Xiaomi tersebut menyala, pesan mode aman dipastikan akan hilang dan HP dapat berfungsi sebagaimana biasanya.

4. Lakukan Reboot Melalui Recovery Mode

Cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan melakukan root melalui recovery mode. Cara ini sebenarnya mirip dengan cara restart HP. Hanya saja yang membedakan adalah cara melakukannya. Berikut adalah cara recovery mode.

·       Langkah yang pertama adalah dengan mematikan HP Xiaomi Anda terlebih dahulu.

·       Kemudian Anda bisa menekan dan tahan tombol volume atas dan juga tombol power. Lakukanlah secara bersamaan lalu tekan terus sampai hingga muncul logo.

·       Jika sudah maka Anda bisa masuk ke Main Menu.

·       Disitulah Anda memiliki beberapa opsi Reboot, maka Anda bisa memilih silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

Mengapa Tidak Bisa Menghilangan Mode Aman di HP Xiaomi?

Setelah mengetahui beberapa cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi juga terdapat beberapa masalah. Yang mana para pengguna tidak dapat keluar dari mode aman yang terdapat pada HP Xiaomi tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Yang pertama adalah dengan mengecek apakah tombol power Anda sudah berfungsi dengan baik atau belum

2. Kemudian pastikan tombol volume baik itu volume atas dan bawah tidak sedang mengalami kerusakan. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada HP yang dapat mengakibatkan HP Xiaomi masuk ke mode aman secara otomatis.

3. Jangan buru-buru untuk melakukan reset HP Xiaomi. Hal ini dikarenakan akan menghapus semua data yang terdapat pada ponsel tersebut.

4. Selain itu Anda juga menggunakan PC sebagai alternatif apabila tombol power Anda sedang mengalami kerusakan.

5. Tips yang terakhir adalah dengan mengantar HP Anda ke tukang servis yang terdekat dengan rumah Anda untuk mendapatkan keamanannya.

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan juga cara menghilangkan mode aman di HP Xiaomi Anda bisa mempraktekkannya di ponsel Anda. Hal ini bertujuan agar ponsel Anda dapat digunakan kembali. 

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Xiaomi"