©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Nomor yang Sudah Mati Indosat dan Terblokir

 Simak 4 Cara Mengaktifkan Nomor yang Sudah Mati Indosat dan Terblokir

Pernahkah kamu mengalami sering lupa isi pulsa sehingga kartu SIM Anda berujung diblokir? Jika sudah demikian sudah pasti bingung bagaimana cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat. Sebab nomor kartu SIM tersebut sudah banyak yang menyimpannya.

Kartu SIM yang masih aktif bisa digunakan untuk menikmati berbagai layanan dan fitur yang ditawarkan oleh pihak provider, seperti Indosat. Hal ini tentu berbeda dengan kartu yang sudah hangus atau mati karena terblokir.

Apa Penyebab Kartu Indosat Mati?

Kartu Indosat yang berada dalam masa tenggang dan lupa untuk melakukan perpanjangan dalam waktu 30 hari secara otomatis akan mati atau terblokir. Berikut adalah beberapa penyebab kartu Indosat Anda hangus atau terblokir.

1. Belum Registrasi

Seperti yang tertera pada peraturan pemerintah tahun 2018 yang mana mewajibkan kepada masyarakat umum untuk melakukan registrasi ulang dengan menggunakan nomor KK dan nomor NIK. Jika Anda belum melakukan registrasi, bisa jadi kartu Anda terblokir karena hal ini.

Tujuan dari pemblokiran tersebut untuk membatasi banyaknya nomor yang beredar supaya tidak digunakan untuk hal yang dilarang oleh pemerintah. Nomor yang sudah hangus tersebut akan di whitelist oleh operator agar dapat dijual dan digunakan kembali oleh orang lain.

2. Habis Masa Tenggang

Jika Anda sudah melakukan registrasi namun masih tetap terblokir, tentu terdapat hal lain yang menjadi penyebabnya, seperti Anda yang lupa mengisi pulsa hingga masa tenggang yang diberikan telah habis.

Seperti yang sudah diketahui jika setiap melakukan pengisian ulang pulsa Anda akan menerima masa aktif tambahan yang berbeda-beda dari setiap nominalnya. Meskipun Anda masih memiliki pulsa di dalam kartu tersebut, maka pulsa tersebut juga akan hangus jika sudah sampai pada masa tenggang.

Namun, jika Anda masih melewati 30 hari dari masa tenggang, Anda akan diberi waktu tambahan selama 3 hari untuk melakukan pengisian ulang. Dan jika sudah lewat, maka Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kartu SIM Anda.

Apa Ciri-ciri Kartu Indosat yang Mati?

Sebelum membahas tentang cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat, alangkah baiknya jika Anda mengetahui bagaimana ciri-ciri kartu SIM yang sudah dinyatakan diblokir atau mati. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kartu Indosat yang sudah mati.

1. Terdapat keterangan nomor yang tidak dikenal atau terdapat tulisan tidak ada layanan

2. Ikon sinyal yang hilang

3. SIM Card yang tidak lagi terdeteksi

4. Tidak dapat melakukan panggilan melalui kode UMB. Hal ini biasanya muncul kode MMI yang tidak valid. Panggilan kode UMB tersebut merupakan panggilan yang umumnya untuk mengecek paket Indosat, cara daftar paket Indosat, dan yang lainnya.

5. Jaringan internet yang sudah tidak lagi tersedia

6. Data seluler yang tidak dapat dinyalakan

7. Tidak dapat mengirim pesan atau SMS

Jika kartu SIM Indosat yang Anda miliki memiliki ciri-ciri seperti di atas, maka kartu Indosat yang Anda gunakan telah diblokir. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa menyimak cara-cara berikut ini.

Cara Mengaktifkan Nomor yang Sudah Mati Indosat

Seperti yang telah dijelaskan di atas terdapat beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan nomor kartu SIM mati. Untuk mengatasinya, berikut adalah cara mengaktifkan kartu Indosat yang bisa disesuaikan dengan penyebab kartu tersebut terblokir, hangus ataupun mati.

1. Mendatangi Gerai Indosat

Seperti yang sudah diketahui jika setiap kartu SIM memiliki masa tenggang yang perlu diperhatikan oleh para penggunanya. Sehingga Anda harus mendatangi gerai Indosat untuk mengaktifkannya kembali. Berikut adalah cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat melalui gerai.

Kunjungi Gerai Indosat Terdekat

Apabila Anda belum mengetahui dimana lokasi gerai terdekat, maka Anda bisa mengandalkan Google.com kemudian mengetiikan ‘Kantor Indosat’ atau ‘Kantor Indosat (nama kota)’. Sebelum Anda berangkat siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP/SIM, SIM Card, dan KK.

Ambil nomor antrian

Jika sudah menemukan kantor gerai Indosat yang paling dekat dengan lokasi Anda. kemudian Anda bisa mengunjunginya. jangan lupa untuk mengambil nomor antrian dan tunggulah hingga petugas memanggil. Sampaikan pada petugas jika Anda hendak mengaktifkan nomor yang sudah mati tersebut.

Mengisi formulir

Apabila pengajuan tersebut disetujui dan bisa diaktifkan kembali oleh petugas, maka Anda akan diberi formulir yang nantinya harus Anda isi.

Isilah formulir aktivasi tersebut sesuai dengan data yang tertera di KTP atau SIM. Cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat ini bertujuan untuk memasukkan data-data Anda.

Tunggu proses pengecekan

Dalam beberapa masalah, terdapat beberapa nomor yang dapat diaktifkan saat itu juga. Namun, tidak sedikit pula yang membutuhkan waktu hingga beberapa hari untuk melakukan pengecekan. Apakah nomor tersebut dapat diaktifkan atau tidak? Apabila sudah tidak dapat diaktifkan kembali, maka nomor tersebut harus di daur ulang.

Ikuti instruksi petugas

Setelah kartu SIM Anda dinyatakan dapat diaktifkan pada saat itu juga, biasanya Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10 ribu. Pembayaran tersebut merupakan biaya administrasi.

Selain itu Anda juga harus mengisi pulsa sesuai dengan keinginan, seperti Rp 25 ribu atau Rp 50 ribu. Namun, sebagai catatan biaya yang dikeluarkan untuk keperluan administrasi ini berbeda-beda.

2. Mengganti Menjadi Pascabayar

Cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat dengan mendatangi gerai Indosat, maka Anda juga bisa mengubahnya menjadi pascabayar. Cara ini biasanya digunakan bagi kartu yang sudah hangus. Sebab, hampir sebagian besar cara ini sukses dilakukan.

Kunjungi gerai Indosat

Yang harus kamu lakukan pertama adalah dengan mengunjungi gerai Indosat yang terdekat dengan lokasi Anda. Jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen yang diperlukan, seperti data diri berupa KTP/ SIM, KK dan tentunya kartu SIM.

Ambil nomor antrian

Setelah Anda mengambil nomor antrian tunggulah hingga petugas memanggil Anda. selanjutnya sampaikan apabila Anda ingin mengaktifkan nomor yang sudah mati tersebut.

Mengisi formulir

Jika kartu SIM Anda telah dinyatakan disetujui dan bisa diaktifkan kembali, maka Anda akan diberi formulir yang harus diisi. Isilah formulir aktivasi kartu isi yang sesuai dengan data diri Anda seperti KTP/ SIM.

Diberi tawaran pindah ke pascabayar

Apabila Anda sudah setuju untuk dipindahkan ke pascabayar, maka pada hari itu juga nomor Anda bisa diaktifkan kembali. Untuk biaya sendiri ini tergantung oleh paket yang Anda gunakan.

3. Tanpa Mendatangi Gerai

Namun, jangan berkecil hati jika di kota Anda tidak terdapat gerai Indosat. Berikut cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat ini tanpa harus mendatangi gerai.

Di menu pesan Anda bisa mengetikan dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contohnya. ULANG#3517026064690****#3571600817617*****# lalu kirim ke 4444.

Setelah mengetahui cara mengaktifkan nomor yang sudah mati Indosat ini mudah dilakukan, namun alangkah baiknya jika Anda tetap menjaga nomor kartu SIM tersebut. sebab, nomor tersebut sudah terdaftar menggunakan nomor NIK dan nomor KK. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Nomor yang Sudah Mati Indosat dan Terblokir"