Menghapus Credit Link Template Blog Legal atau Ilegal

Daftar Isi [Tampilkan]
Menghapus Credit Link Template Pada Blog Legal atau Ilegal


Tulisan ini mungkin akan menuai banyak kritik serta pro kontra dari sebagian blogger yang mungkin saja kurang setuju dengan opini pribadi saya sebagai penulis dan terlepas dari hal itu saya tidak memperdulikannya.

Tema yang ingin saya angkat pada artikel ini adalah tentang maraknya usaha penghapusan credit link pada template blog oleh oknum blogger yang tidak bertanggung jawab. Apakah penghapusan credit link pada template blog merupakan tindakan yang legal atau justru sebaliknya ilegal.

Sebagai seorang blogger tentu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan credit link. Credit link menjadi sebuah identitas pribadi dari para pembuat template pada blog atau situs online. Umumnya credit link diletakkan pada bagian footer template berupa nama pembuat alias creator.

Dengan adanya credit link pada sebuah template dapat menjadi penanda bahwa template tersebut dibuat oleh seorang creator professional. Bahkan terkadang para creator tersebut dengan sukarela membagikan hasil karyanya secara gratis pada blogger lainnya dengan tujuan sebagai promotor dan agar karyanya dikenal secara luas.

Dengan begitu keberadaan credit link menjadi feed back positif untuk para creator untuk memperkenalkan hasil karyanya pada orang lain khususnya para blogger.

Perlu kita ketahui, bahwa proses pembuatan sebuah template itu tidaklah mudah dan sederhana. Seorang creator template harus mengerti dan memahami beberapa bahasa pemrograman atau dikalangan blogger dikenal dengan bahasa coding. Bahasa program atau coding merupakan alat untuk menyusun sebuah template blog atau website.

Mempelajari dan memahami bahasa pemrograman tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Para creator harus melewati  tahapan dan proses yang rumit untuk memahami berbagai kode dari berbagai jenis bahasa pemrograman. Minimal mereka memahami beberapa jenis bahasa program seperti html, css, java script yang menjadi pondasi dasar  untuk merancang sebuah template.

Setelah creator mempelajari berbagai jenis bahasa pemrograman apakah pekerjaan mereka telah usai?

Tentu tidak, justru hal tersebut merupakan langkah awal dalam membuat sebuah template. Para creator harus menyusun bagian-bagian yang ada pada template seperti bagian body, outer wrapper, header, main wrapper, post, sidebar dan footer.

Tiap bagian kode tersebut harus dipisahkan sebelum dijadikan sebuah template. Jika ada sedikit saja kesalahan dalam penempatan kode tentu akan menyebakan template error dan akibatnya template tidak dapat diterapkan pada blog atau situs. Dalam hal tersebut ketelitian dari para creator sangat juga diuji.

Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah template tidaklah sedikit dan cukup lam, mungkin beberapa bulan barulah template dapat digunakan atau diterapkan pada blog secara maksimal.

Begitu rumit jalan yang harus ditempuh oleh para creator, belum lagi mungkin diantara mereka banyak yang mengorbankan satu prioritas berharga hanya demi menggarap dan menyelesaikan sebuah template dengan harapan agar bisa menjadi creator template populer.

Setelah kita sedikit tau proses seorang creator dalam membuat template blog.

Tentu sekarang kita telah dapat menyimpulkan berkaitan dengan penghapusan credit link pada template blog.

Apakah layak jika sebagai blogger kita menggunakan template gratisan dari creator lalu kemudian dengan paksa memanipulasi, menghapus dan menghilangkan credit link yang menjadi identitas para creator?

Dan ironisnya kini semakin banyak saja para blogger yang berupaya meniadakan credit link nama creator pada template yang digunakannya.

Apakah kita Kurang bersyukur? Diibaratkan sudah dikasih hati malah minta jantung.

Disini saya menempatkan diri sebagai penulis menyatakan bahwa segala bentuk usaha penghapusan, penghilangan dan manipulasi yang bertujuan untuk merugikan pihak-pihak tertentu adalah merupakan tindakan yang menyalahi kode etik dan tidak dibenarkan.

Jadi disini sudah jelas dan dapat disimpulkan bahwa penghapusan credit link tanpa meminta ijin dari creator template adalah merupakan tindakan yang ilegal dan melanggar hak cipta.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat menghapus credit link template secara aman dan legal serta tidak melanggar hukum?

Caranya yaitu dengan kita membeli lisensi dari creator atau upgrade dari free template ke premium template.

Dengan begitu tentu antara kita dan creator saling diuntungkan satu sama lain.

Keuntungan bagi kita adalah bebas menghapus credit link sewaktu-waktu dan keuntungan bagi creator adalah mendapat apresiasi berupa feedback dari pembeli karena lisensi dalam templatenya terjual.

Jadi mulai sekarang apabila kita memang merasa menggunakan template gratis mohon untuk tidak menghapus credit link yang ada.

Tunjukanlah sedikit penghargaan pada para creator agar mereka terus berkarya. Tulisan ini murni opini pribadi dari penulis dan tidak ada kaitan dengan pihak manapun.

Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel