©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Pohon Bambu Secara Efektif dan Permanen

Cara Mematikan Pohon Bambu Secara Efektif dan Permanen

Pohon bambu banyak kita temui di pekarangan dan pinggiran sungai. Pohon bambu sangat mudah berkembang di wilayah tropis. Perkembangan pohon bambu termasuk cepat. Meskipun dibiarkan saja, dan tidak dirawat oleh siapapun, pohon bambu dapat berkembang dengan baik dan merambat. Sehingga hal ini terkadang membuat pohon yang lainnya sedikit teganggu dikarenakan perkrmbangan pohon bambu yang begitu cepat.

Biasanya, pohon bambu sangat subur di area pekarangan yang lembab, dan pinggiran sungai. Selain itu, saking banyaknya pohon bambu yang tumbuh dapat mengganggu aktifitas masyarakat sekitar apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu ada beberapa upaya untuk dapat menghentikan pertumbuhan pohon bambu ini akan tidak dapat berkembang lagi. Biasanya pembabatan bambu bertujuan untuk membuat lahan kosong dan dijadikan sebagai lahan pertanian. Apabila kamu menebangi pohon satu per satu maka kamu akan kehabisan tenaga, waktu dan biaya juga tentunya.

Untuk mengatasi permasalahan terssebut, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mematikan pohon bambu agar tidak lagi berkembang. Ada beberapa cara yang dapat menghentikan perkembangan pohon bambu. Tentu saja beberapa cara ini aman untuk dilakukan jika prosedur nya sudah benar.

Akan tetapi, sebelum saya membahas tentang bagaimana cara mematikan pohon bambu. Ternyata pohon bambu juga memiliki manfaat, seperti dapat menyuburkan tanah, menghasilkan oksigen yang baik untuk tubuh. Selain itu bambu juga banyak dimanfaatkan orang-orang untuk membuuat kerajinan dari pohon bambu.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan pohon bambu. Namun, disini saya akan memberitahu melalui cara-cara yang sangat aman untuk dilakukan. Baik untuk manusia maupun untuk lingkungan.

 

Herbisida

Herbisida adalah senyawa atau material yang berfungsi untuk membasmi gulma. Herbisida telah diformulasikan secara khusus untuk membasmi gulma. Proses pengendalian gulma menggunakan herbisida dinillai sangat efektif dan efisien untuk dapat mematikan pohon bambu. Penggunaan Herbisida dapat menangani pengendalian gulma sampai ke akar-akar nya. Akan tetapi, saat kamu akan menggunakan herbisida untuk mematika pohon bambu, kamu perlu memilih jenis herbisida yang baik dan ramah untuk lingungan. Jenis-jenis herbisida yang dapat digunakan antara lain yakni, kleenup, roundup, nuquat, starlon.

Dalam penggunaan herbisisda kamu juga harus mengetahui takaran yang baik dan tidak berlebihan. Gunakanlah cukup konsentrasi antara 15-20 persen saja. Cara memakai herbisida dapat kamu lakukan dengan mencampurkannya dengan air. Air yang digunakan sebanyak 15 liter. Dengan perbandingan herbisida yang dipakai antara 30-40 ml. kemudian larutan terssebut tinggal kamu aduk sampai rata. Sebelum akan menyemprotkan herpisida, kamu harus menyisakan rumpun bambu hingga setinggi 30-50cm. hal itu dilakukan agar herbisida dapat diserap secara maksimal.


Menggunakan garam

Selain menjadi bumbu pelengkap masakan, ternyata garam juga dapat mematikan pohon bambu. Garam merupakan herbisida tanpa racun yang sangat efektif untuk mematikan pohon bambu tanpa merusak lingkungan. Akan tetapi, hanya jenis-jenis garam tertentu yang dapat membasmi gulma. Sebelum memastikan jenis garam apa yang dapat digunakan untuk membasmi gulma, kamu perlu memastikan yodium yang terkandung dalam garam. Hanya garam yang beryodium tinggi yang dapat untuk membasmi gulma. Kamu bisa mengecek lewat kemasan garam, ya!

Cara menggunakan garam untuk mematikan pohon bambu bisa dibilang cukup mudah. Pertama, kamu harus melarutkan garam dengan air. Perbandingan air dan garam yakni 3:1 menggunakan takaran gayung maupun ember. Setelah itu, tuanglah larutan air dan garam tadi kedalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan larutan ke beberapa bagian pohon bambu, mulai dari rumpun bambu, akar, dan daun. Proses ini akan memakan waktu sekitar satu minggu dan setelah itu hasil akan terlihat. Pohon bambu akan mulai mati dengan ditandai daun yang mulai mengering dan busuk.


Ampas Kelapa

Apabila kamu ingin menggunakan cara yang lebih alami dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Kamu bisa memanfaatkan ampas kelapa untuk mematikan pohon bambu. Ampas kelapa ini ternyata berfungsi untuk membusukkan pangkal batang dan akar dari bambu. Tapi sebelum itu, kamu harus menebangi pohon bambu sampai tersisa pangkal batangnya saja.

Cara menggunakan ampas kelapa untuk mematikan pohon bambu cukuplah mudah. Kamu tinggal menaburkan ampas kelapa diatas pangkal batang rumpun bambu tersebut. Setelah itu kamu tinggal menunggu sampai rumpun bambu membusuk hingga ke akar-akarnya.


Pohon Singkong

Selain menggunakan ampas kelapa, ternyata ada acara alami lainnya untuk dapat mematikan pohon singkong yakni dengan menggunakan pohon singkong. Cara nya adalah dengan menanam pohon si ngkong di sekitar rumpun pohon bambu. Dengan cara ini, cepat atau  lambat, pohon bambu akan mati dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan pohon bambu akan merasa terganggu karena wilayahnya telah dikuasai oleh pohon singkong.

Selain itu, pohon singkong ternyata juga memiliki hawa panas didalam tanah sehingga hal ini dapat mematikan rumpun pohon bambu. Kamu tinggal menanamnya di sekitar rumpun pohon bambu, lama kelamaan pohon singkong akan cepat menyebar dan berkembang dan pada akhiirnya akan mematikan pohon bambu.


Karbit

Cara yang lainnya untuk dapat mematikan pohon bambu ialah menggunakan karbit. Ternyata karbit diyakini dapat mematikan pohon bambu Loh! Ini adalah cara yang dapat kamu terapkan untuk mematikan pohon bambu. Dan karbit juga dinilain cepat dan efisien dalam mematikan pohon bambu.

Caranya sangat mudah sekali, kamu tinggal menyebarkan karbit secara merata di sekitar rumpun pohon bambu. Kemudian, siramkan sedikit air disekitar rumpun bambu. Hal ini bertujuan untuk memicu reaksi karbit dalam upaya mematikan pohon bambu dan kemudian diamkan selama 1 sampai 2 hari. Karbit akan menghasilkan gas yang panas yang dapat mematikan pohon bambu.


Ban Bekas

Ban bekas juga dapat menghentikan atau mematikan pohon bambu. Kok bisa? Yap. Ban bekas ternyata juga merupakan salah satu upaya untuk menghentikan laju pertumbuhan pohon bambu. Sebelumnya, saat kamu akan menggunakan cara ini, pastikan bahwa lingkungan kamu aman dan tidak ada sampah. Sebenarnya cara ini adalah cara yang beresiko dan harus dilakukan dengan pengawasan. Namun, apabila kamu sudah melakukan cara-cara yang lain dan ternyata hasilnya masih belum maksimal, tak ada salahnya jika kau menggunakan cara ini sebagai opsi terakhir.

Caranya ialah dengan menebang semua pohon bambu, hingga meyisakan batang setinggi 70-80 cm. kemudian, bakarlah ban-ban bekas tepat diatas rumpun bambu. Dengan begitu, maka pohon bambu akan terbakar sampai ke akar-akarnya.

 

Akhir kata

Demikian adalah penjelasan tentang bagaimana cara mematikan pohon bambu. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu dapat memahami dengan mudah dan jelas. Silahkan dicoba dengan cara-cara berikut ya! Dan kamu bisa mencobanya dengan cara yang paling cocok menurut kamu! Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman dan sahabat Ya! Sekian dan Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Pohon Bambu Secara Efektif dan Permanen"