Cara Dapat Backlink Berkualitas Dari Medium.com!

Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Situs Medium.com Dengan Cepat dan Mudah


Apa Itu Medium?

Medium merupakan situs portal online populer yang dirilis oleh Evan Williams pada 15 Agustus 2012. Medium memiliki tujuan utama untuk memudahkan kegiatan menulis dan membaca melalui situs portal online.

Penggunaan yang mudah serta fleksibel membuat banyak orang di dunia  tertarik untuk menggunakan layanan dari medium tersebut.

Fleksibelitas yang ditawarkan oleh Medium tentu memudahkan kita untuk membagikan berbagai informasi melalui artikel atau mungkin hanya sekedar membaca tulisan menarik dari para anggota Medium lainnya.

Medium hadir untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan informasi digital saat ini. Platform medium telah membaca situasi bahwa orang-orang modern saat ini hidup di era internet digital, kebutuhan akan informasi digital secara langsung juga mengalami peningkatan yang pesat.

Kini banyak orang telah meninggalkan kebiasaan lama seperti membaca koran dan majalah harian lalu sebagai pengganti mereka beralih ke portal online karena dianggap lebih cepat, ringkas dan fleksibel.

Selain itu platform portal online juga dianggap memiliki ruang gerak yang luas dan tak terbatas sehingga dapat menjangkau semua lapisan masyarakat yang ada di berbagai negara.

Informasi yang disajikan oleh Medium juga sangat beragam mulai dari productivity, lifestyle, technology, science, business dll. Tema seperti itu disinyalir dapat meningkatkan gairah para penulis dan pembaca untuk tetap bertahan pada portal medium.

Perlu kalian ketahui, sebenarnya situs Medium ini sangat populer di berbagai belahan dunia terkecuali di Indonesia yang memang masih jarang peminatnya untuk sekedar menulis dan membaca pada portal online tersebut.

Saya sendiri tertarik untuk menggunakan Medium karena dalam situs tersebut menyajikan informasi yang beragam dan berkualitas. Selain itu hal yang jarang saya temui pada portal online lainnya adalah medium menjalin interest antara pembaca dengan penulis sehingga membentuk hubungan sosial.

Respon yang diberikan selalu bersifat dua arah yang berarti baik penulis maupun pembaca sama-sama antusias dalam memperbincangkan informasi yang diangkat pada artikel tersebut. Sangat jarang saya menemukan komentar spam pada artikel yang telah di publish oleh penulis.

Kenapa Harus Medium.com ?

Sebenarnya tidak ada aturan atau tolak ukur pasti kenapa harus mencari backlink melalui medium. Tetapi disini saya akan mencoba sedikit memaparkan alasan kenapa medium menjadi situs yang cocok untuk mencari backlink untuk blog maupun web.

Medium User Friendly

User friendly merujuk pada kata efisiensi yang berarti memberikan pengalaman kepada pengguna terhadap kemudahan dalam menggunakan atau mengoperasikan suatu layanan dengan aman dan nyaman.

Untuk tetap memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada usernya medium memberi terobosan sederhana untuk menarik minat penulis dan pembaca agar mereka tidak bosan serta banyak membuang waktu dalam kegiatan menulis dan membaca.

Beberapa terobosan sederhana yang dimaksud misalnya medium tidak memberikan sisipan ruang  iklan pada semua artikelnya. Iklan dianggap menjadi salah satu faktor utama yang mengganggu pengalaman dan kenyamanan pembaca dalam menjelajahi situs portal online. Gangguan tersebut jika dibiarkan tentu akan membuat pembaca semakin malas untuk membaca artikel pada sebuah situs.

Disinilah medium menunjukkan kelasnya sebagai plaform blogging paling user friendly. Dengan tampilan menarik juga tanpa adanya iklan tentu membuat medium mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penulis dan pembaca sehingga dianggap memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi-informasi yang diperlukan tanpa disertai gangguan berupa iklan yang tidak jelas.

Medium Memiliki Score DA PA Tinggi

Sebagai situs yang telah lama berdiri tentu medium memiliki score domain authority (da) dan page authority (pa) yang tinggi. Selain itu medium merupakan situs yang menyajikan berbagai konten menarik dan berkualitas sehingga medium dianggap sebagai situs portal online yang bermanfaat bagi penulis dan pembaca.



Feedback positif yang diberikan oleh penulis dan pembaca kepada situs medium secara tidak langsung membantu menaikkan ranking score DA dan PA situs tersebut. Bayangkan jika kita mendapatkan satu saja link balik dari situs medium tentu akan membuat blog atau situs yang kita kelola mengalami kenaikan rangking di mesin pencari secara drastis.

Medium Adalah Portal Online Populer

Kepopuleran menjadi salah satu indikator penilaian terhadap sebuah situs portal online. Kepopuleran dianggap mempunyai nilai lebih oleh pembaca daripada situs yang kurang populer. Selain itu para pembaca juga akan lebih memilih merekomendasikan situs populer tersebut kepada pembaca lainnya daripada situs yang kurang populer.

Perlu kita ketahui, medium telah menjadi situs yang banyak direkomendasikan oleh penulis dan pembaca diseluruh dunia. Bukan tanpa alasan medium selama ini memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi sesuai yang dibutuhkan pembaca.

Artikel-artikel yang disajikan dalam portal medium sangat lengkap dan berkualitas. Artikel tersebut ditulis dengan mengedepankan konsep yang menarik juga bahasa ringan yang mudah dimengerti sehingga pembaca dibuat sibuk untuk benar-benar menikmati artikel tersebut.

Cara Mendapatkan Backlink Dari Situs Medium

Untuk cara mendapatkan backlink dari medium sangatlah mudah bahkan untuk pemula sekalipun dapat melakukannya. Baiklah begini langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama kamu harus membuat akun terlebih dahulu di medium. Cara daftarnya sangat mudah, kamu bisa daftar melalui akun google, facebook dan email.


Pilih salah satu akun buat daftar, lalu secara otomatis kamu akan dibawa ke beranda medium yang berarti kamu telah terdaftar.


Kemudian pilih new story dan disini kamu sudah dapat membuat artikel dengan tema apapun sesukamu. Usahakan membuat artikel yang berkualitas dan relevan dengan niche blog kamu. Lalu diakhir artikel jangan lupa untuk menyisipkan link ke arah blog atau situs yang ingin mendapatkan backlink.


Selanjutnya tinggal publish ke publik agar postinganmu dapat dilihat dan dibaca sesama pengguna atau bahkan diluar pengguna  medium itu sendiri.

Jika ada salah satu pengunjung yang membaca artikelmu lalu kemudian mereka tertarik juga untuk mengunjungi link yang telah disisipkan pada artikelmu. Maka hal tersebut dapat menjadi peluang besar untuk mendapatkan backlink dari medium.

Kini kamu tinggal menanti backlink berkualitas dari situs medium menuju ke blog atau situsmu.

Oke artikel diatas tentang tutorial mencari backlink lewat medium.com. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel