Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Menghubungkan HP ke Speaker Aktif Tanpa Takut IC Audio Rusak

Tips Aman Menyambungkan HP Android ke Speaker Aktif Tanpa Takut IC Audio Rusak





Menghubungkan ponsel android melalui jack audio ke speaker aktif secara langsung ternyata berbahaya serta mempunyai dampak buruk terhadap IC audio yang ada pada ponsel tersebut.

Sebelumnya ijinkan saya  bercerita sedikit terkait hal ini. Jadi begini, waktu dulu temen saya pernah mengalami pengalaman kurang mengenakkan yakni berkaitan dengan IC audio rusak pada ponselnya.

Waktu itu teman saya tersebut iseng menghubungkan ponselnya Xiaomi Redmi Note 4x Android ke sepasang perangkat speaker aktif.

Tetapi bukan suara musik keras yang dihadirkan melainkan malah ponselnya sewaktu ditancapkan ke speaker aktif tersebut justru mengalami mati total.

Sementara itu, segala cara dan usaha telah dicoba untuk menyalakan ponselnya tapi hanya  sia-sia saja.

Tak berselang lama kemudian, teman saya memutuskan untuk membawa ponselnya ke service center langganannya.

Setelah dilakukan pengecekan cukup lama, tukang service lengganannya tersebut menyimpulkan bahwa hp tersebut mengalami kerusakan di bagian IC audionya.

Pada kebanyakan kasus penyebab utamanya sama seperti kasus teman saya yaitu menancapkan ponsel melalui jack audio ke speaker aktif yang berakibat ponsel bisa mati total.

Berawal dari pengalaman buruk teman saya tersebut, saya ingin memberikan tips dan cara yang aman untuk menghubungkan ponsel android ke speaker aktif.

Cara ini merupakan cara yang cukup aman untuk menghindari ponsel mengalami kerusakan seperti misalnya bootlop dan mati total ketika dicolokkan ke speaker aktif.

Untuk mencoba cara ini kamu perlu membeli alat tambahan yang bernama “Bluetooth Audio Receiver” dengan harga sekitar 20 k. Dan kamu akan melihat melalui alat tersebut maka tidak akan ada lagi sambungan kabel secara langsung antara kabel jack audio ponsel dengan speaker aktif.

Jadi sistematikanya sambungan kabel tidak lagi diperlukan, alasannya karena sambungan yang semula dari kabel telah digantikan oleh jaringan nirkabel Bluetooth untuk menyambungkan ponsel ke speaker aktif kamu.

Cara Aman Menyambungkan Ponsel Ke Speaker Aktif


Cara menghubungkan hp android ke speaker aktif dengan “Bluetooth Audio Receiver” sangatlah mudah. Tutorial singkatnya seperti berikut.

1. Pertama kamu membutuhkan charger ponsel atau kepala charger yang nantinya akan digunakan sebagai power suply (penghubung daya) antara bluetooth audio receiver dengan speaker aktif tersebut.



2. Selanjutnya kamu bisa merangkai dan menghubungkan dengan sumber daya seperti gambar dibawah ini. Pastikan juga lampu indikator menyala.



3. Kemudian pergi ke pengaturan bluethooth ponsel lalu kamu tinggal melakukan pairing perangkat baru seperti layaknya mencari perangkat bluethooth lainnya. Jika perangkat telah ditemukan segera sambungkan.



Setelah tersambung antara ponsel dengan Bluetooth audio receiver, maka sekarang kamu sudah bisa mulai memutar musik kesukaan pada ponsel androidmu. Sangat mudah bukan langkah-langkahnya.

Dengan menggunakan Bluetooth audio receiver, kamu dapat dengan mudah menghubungkan ponsel ke speaker aktif tanpa ribet. Kini dijamin kamu tidak akan menemui kendala lagi seperti permasalahan ponsel mati saat memutar musik via jack audio.

Artikel diatas membahas tentang Cara Aman Mengkoneksikan HP Android ke Speaker Aktif Tanpa Takut IC Audio Rusak. Sekian dan terimakasih.