Tips Mengatasi Permasalahan Speaker JBL GO Bluetooth

Daftar Isi [Tampilkan]



JBL GO menjadi speaker bluetooth portabel yang masih populer hingga saat ini. Speaker besutan dari Harman Kardon ini memiliki desain balok dengan ukuran mungil dan menarik. Hal utama yang ditonjolkan speaker JBL GO  adalah desain kokoh serta compact sehingga pas di genggaman tangan para penikmatnya.

Speaker JBL GO banyak tersedia dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau bagi kantong kita. Harga satuan speaker JBL GO hanya dibandrol sekitar 200 k saja.

JBL GO hadir dengan berbagai macam varian warna menarik seperti kuning, hijau, merah, biru, hitam, orange, grey dan pink. Warna yang beraneka ragam cocok sekali untuk mereka yang berjiwa muda dan suka tantangan.

Selain itu JBL GO identik dengan fleksibelitas dan mobilitas tinggi yang berarti speaker ini cocok untuk orang-orang aktif dan anti ribet (simple). Memang benar desain speaker yang kecil dan ringan tentu tidak akan banyak memakan tempat.

Meskipun speaker ini berdiameter kecil namun suara yang dihasilkan tidak main-main bisa dibilang cukup nendang dan memekakan telinga pendengarnya. Terutama saat speaker ini digunakan indoor atau dalam ruangan. Dentuman bass dan suara yang dihasilkan speaker akan menggema bergaung dalam ruangan tersebut.

Namun dibalik kelebihan yang telah diutarakan tentu speaker JBL GO juga mempunyai permasalahan tersendiri yang sering dialami oleh penggunanya seperti speaker tiba-tiba mati, suara terputus-putus dan susah konek.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Masalah Speaker JBL GO

1. JBL GO Susah Connect Bluetooth

Permasalahan susah konek dengan bluetooth sebenarnya tidak hanya dialami speaker JBL GO saja tetapi dialami juga oleh mayoritas speaker bluetooth lainnya. Lalu sebenarnya apa penyebabnya?

Ketika speaker JBL GO dinyalakan lalu lampu indikator menyala tanpa berkedip berarti indikator tersebut menandakan bahwa speaker telah tersambung pada perangkat bluetooth yang lain atau bisa juga bluetooth gagal mengenali jaringan bluetooth ponselmu. Jadi inti  permasalahannya ada pada konfigurasi bluetooth nya telah tersambung pada perangkat lain sehingga menyebabkan susah konek saat akan disambungkan dengan perangkat kita.

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan ini sangat mudah yaitu kamu hanya perlu mematikan JBL GO lalu menyalakan kembali dengan catatan kondisi bluetooth perangkat ponsel telah menyala terlebih dahulu sebelum menghidupkan JBL GO. Cara seperti ini akan membuat JBL GO mencari sekaligus mendeteksi  jaringan bluetooth yang paling dekat dan paling kuat.

2.  JBL GO Suaranya Terputus-putus

Pernah gak ketika mendengarkan musik melalui speaker JBL GO lalu tiba-tiba suaranya terputus-putus seperti musik yang rusak?
Awalnya saya menduga kerusakan terletak pada  musik yang diputar tapi setelah mengganti dengan musik yang lain ternyata suaranya tidak membaik dan tetap saja terputus-putus.

Usut punya usut ternyata permasalahannya terletak pada hilangnya sinyal bluetooth pada jarak-jarak tertentu. Masalah ini terjadi karena dua hal yaitu yang pertama adalah jarak antara JBL GO dengan ponsel terlalu jauh dan melewati batas jarak maksimal sehingga membuat sinyal bluetooth terganggu dan tidak dapat menghantarkan data secara maksimal.

Kedua terdapat penghalang sinyal bluetooth antara JBL GO dengan ponsel untuk saling menyambungkan. Misalnya kamu berada pada ruangan yang memiliki dinding-dinding beton yang teramat tebal dan didalamnya terdapat dua ruangan yakni ruang A dan ruang B yang bersebelahan. Lalu kamu menyambungkan kedua perangkat dari dua ruang yang bersebelahan tersebut dengan asumsi JBL GO berada di ruang A lalu ponselmu berada di ruang B. Maka hasilnya suara yang dihasilkan tidak cukup jelas dan terputus-putus  dikarena ada penghalang berupa dinding yang tebal tersebut.

Solusi yang dapat diambil untuk mengatasi hal diatas adalah sebisa mungkin untuk mendekatkan antara JBL GO dan ponsel dengan jarak yang bisa ditolerir. Jika memungkinkan letakkan kedua perangkat untuk tetap bersebelahan agar tidak ada gangguan signal bluetooth yang berdampak pada suara speaker terputus-putus.

3. JBL GO Mendadak Mati

Speaker sekelas JBL GO mempunyai fitur Auto Off yaitu fitur yang disematkan untuk memanajemen penggunaan baterai agar lebih hemat. Cara kerja fitur Auto Off  ini adalah jika speaker JBL GO dalam posisi On selama kurang lebih 20 menit namun tidak ada aktivitas seperti memutar musik maka speaker kita akan mati dengan sendirinya (otomatis).

Namun ada kasus yang sebenarnya jarang terjadi yakni speaker JBL GO tiba-tiba mati ketika masih dalam keadaan memutar musik. Lalu penyebabnya apa sih?
Kasus seperti speaker JBL GO mati tiba-tiba dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan.

Pertama bisa saja masalahnya terletak pada baterai yang bocor sehingga baterai tidak dapat menyimpan dan mengalirkan arus daya secara maksimal. Karena daya dalam baterai yang dihasilkan terlalu kecil tentu speaker tidak akan hidup dalam durasi waktu yang lama.

Kedua bisa saja masalah berasal dari IC power yang rusak atau terganggu. IC power bertugas memberikan supply tegangan ke komponen lain. Jika IC power ini sampai rusak tentu segala hal yang berurusan dengan penghantaran daya akan terhambat. Kemungkinan terburuk speaker JBL GO akan matot alias mati total. Lalu bagaimana cara mengatasi kedua masalah tersebut?

Solusi yang ditawarkan adalah dengan membawa ke tempat service center terdekat. Mengingat kedua masalah tersebut memerlukan pergantian unit yang harus dilakukan oleh tenaga ahli atau orang yang basicnya di bidang elektro.

Demikian artikel mengenai ”Cara Memperbaiki dan Mengatasi Masalah Speaker JBL GO”. Apabila ada permasalahan JBL GO yang lain, kamu dapat memberitahu kami melalui kolom komentar dibawah ini. Share juga informasi ini pada yang lain. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel