Tips Cara Memasang Tag Rel Canonical di Blog

Panduan Cara Pasang Tag Rel Canonical di Blogger. Tag Rel Canonical menjadi salah satu hal yang sering dilupakan oleh para blogger. Padahal keberadaan tag rel canonical ini cukup memberikan pengaruh terhadap seo blog atau web di mesin pencari (google).
Daftar Isi [Tampilkan]
Panduan Cara Pasang Tag Rel Canonical di Blogger



Tag Rel Canonical menjadi salah satu hal yang sering dilupakan oleh para blogger. Padahal keberadaan tag rel canonical ini cukup memberikan pengaruh terhadap seo blog atau web di mesin pencari (google).

Apa Itu Tag Rel Canonical?

Tag Rel Canonical merupakan bagian dari kode CMS yang berfungsi mengatasi duplikat konten dalam blog atau web. Jika sebuah situs tidak memasang tag Rel Canonical sudah pasti akan menyebabkan salah satu dari berbagai konten yang diterbitkan akan di indeks secara duplikat oleh mesin pencari.

Oke biar lebih jelas, mari kita menuju contoh berikut:

Misalnya kamu punya url artikel dengan detail "http://situskamu.com/contoh-artikel-kita.html?"
Lalu ketika ada beberapa pengunjung blog atau web kamu yang berkomentar pada artikel tersebut maka url artikel kamu akan berubah menjadi “http://situskamu.com/contoh-artikel-kita.html?showcomment=1432657562524#c67876546574256756”.

Jika kamu tidak memasang tag Rel Canonical maka kedua url artikel tersebut akan di index oleh mesin pencari sebagai bagian dari duplikat konten. Konten dengan judul dan isi yang sama tetap akan ditampilkan pada kata kunci tertentu.

Sebaliknya jika kamu memasang tag Rel Canonical maka url artikel yang di index hanya satu yakni url artikel utama yang berakhiran (.html) saja tanpa disertai angka di belakangnya.

Lebih lanjut kabar  buruknya menurut pakar seo, duplikat konten dalam satu halaman pencarian ternyata berdampak kurang baik terhadap kualitas seo pada sebuah situs.

Baca Juga: Cara Membuat Tag Meta Keyword di Blog

Meskipun pemasangan tag Rel Canonical terlihat sederhana tetapi secara langsung memberi dampak nyata pada kualitas seo sebuah situs.

Untuk itu sebaiknya kamu jangan menganggap sepele keberadaan tag Rel Canonical mengingat fungsinya cukup memberikan pengaruh pada situs kamu. Jika belum pasang maka segera pasang sekarang juga.

Cara Pasang Tag Rel Canonical di Blog

1. Login ke dashboard Blogger masing-masing.

2. Kemudian menuju ke bagian Tema (Template)

3. Lalu klik Edit HTML

4. Setelah  berada pada form editor Tema (Template), maka langkah selanjutnya adalah mencari kode berikut ini. Tekan CTRL+F untuk mempermudah pencarian kode. Jika kamu mencari kode melalui ponsel sebaiknya pakai aplikasi QuickEdit untuk edit template via ponsel

<b:include data='blog' name='all-head-content' />
Cari kode yang serupa dan mirip seperti kode di atas.

5.  Jika kode telah ketemu, maka selanjutnya kamu hapus saja kode tersebut.
Setelah kode dihapus, maka ganti kode menjadi seperti di bawah ini.

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />
6. Selesai  dan jangan lupa untuk Simpan Tema (Template)

Catatan: Jika kamu memakai template bawaan Blogger, sebaiknya kamu melakukan cek terlebih dahulu apakah tag Rel Canonical telah terpasang pada template bawaan tersebut.

Namun jika kamu menggunakan template dari creator lain, maka kamu tidak perlu khawatir karena umumnya mereka telah tau akan hal ini dan memperbarui template buatannya.

Artikel di atas tentang “Cara Pasang Tag Rel Canonical di Blog”. Share informasi ini pada yang lain agar mereka tau. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel