Cara Menghapus Backlink Spam Dengan Google Disavow Tools

Konten [Tampil]

Cara Memblokir Backlink Spam Dengan Google Disavow Tool

Cara Menghapus Baclink Spam di Blog


Hallo sobat Droidide !

Sebelumnya saya ingin menceritakan sedikit tentang latarbelakang kenapa saya memutuskan untuk membuat artikel tentang "Cara Menghapus Backlink Spam Menggunakan Google Disavow Tools".

Beberapa hari yang lalu blog yang kalian baca ini mendapat kunjungan istimewa dari situs dewasa ExEnEx.com. Betapa kagetnya ketika saya melihat statistik pada dashbor Blogger yang menunjukkan url yang sudah tidak asing lagi bagi orang dewasa tersebut.

Dalam batin saya bagaimana bisa blog saya mendapatkan visitor dari situs yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik blog ini.

Mungkin menurut kalian para pembaca menganggap artikel ini cukup konyol dan menganggap saya menaruh link blog sendiri disana dengan sengaja.

Tapi nyatanya saya tidak pernah melakukannya bahkan saya tak pernah membuat akun pada situs terlarang tersebut. Meskipun saya Blogger pemula tetapi saya sedikit mengerti terkait cara membangun backlink yang baik itu seperti apa.

Logikanya jika saya membangun backlink dengan cara yang salah seperti itu. Bukankah sama saja dengan membunuh blog sendiri secara perlahan.

Lantas mengapa blog terkena imbasnya juga?

Karena rasa penasaran yang begitu tinggi, saya nekad mengunjungi link dewasa yang mampir ke statistik blog saya itu. Dan bisa kalian tebak link tersebut tentu saja mengarah ke salah satu video dewasa pada situs dewasa tersebut.

Saya mencari dan terus mencari barangkali link blog tertaut dalam deskripsi video dewasa tersebut. Saya mencoba masuk di kolom komen pun tetap juga tidak menemukan link blog saya.

Menurut spekulasi dan analisa pribadi sepertinya blog saya telah dijahili oleh salah satu oknum blogger yang kurang bertanggung jawab.

Jika Anda si tukang jahil yang kebetulan membaca artikel ini maka dengan hati tulus saya memaafkan Anda dan semoga Anda cepat tersadarkan.

Oke mari kita sambung lagi ceritanya!

Kabar buruknya praktisi Seo berpendapat jika blog mendapatkan kunjungan dari situs terlarang seperti situs dewasa dan judi dapat memberikan dampak serius seperti blog akan mengalami deindex atau masuk dalam sandbox mesin pencarian Google.

Apalagi masalah tersebut sudah terlanjur terjadi tentu saja cara untuk mengatasinya akan jauh lebih rumit lagi.

Maka dari itu ada baiknya jangan dibiarkan berlarut-larut ketika blog mendapatkan kunjungan dari situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan niche atau topik blog kita.
Sebaiknya segera saja tanpa pikir panjang untuk melakukan tindakan pemblokiran pada link yang telah dicurigai tersebut.

Cara Menghapus Backlink Buruk  Pada Situs Blog ?



Backlink spam atau Link spam ternyata dapat dihapus dengan mudah melalui sebuah fitur yang telah disediakan oleh Google Search Console. Fitur tersebut bernama Google Disavow Tools yang mempunyai fungsi untuk melakukan penghapusan dan pemblokiran pada link-link yang dicurigai sebagai spam yang dapat merugikan terhadap pemilik situs blog.

Dengan semakin cepat kita melakukan penghapusan link spam pada blog maka peluang blog kita untuk terhindar dari amukan Google akan semakin besar pula. Pada intinya penanganan yang cepat merupakan cara terbaik untuk menyelamatkan reputasi blog kita dari hukuman mesin pencari.

Ketika Google Disavow mendapatkan daftar link buruk yang telah kalian input pada lamannya. Maka secara otomatis sistem Google Disavow akan bekerja secara otomatis dengan cara menghapus atau memblokir link spam tersebut dalam jangka maksimal 30 hari.

Jika sebuah link spam telah terdaftar pada Google Disavow maka link spam tersebut tidak akan pernah mampir atau berkunjung ke blog kita untuk selamanya. Jadi ibaratnya blog Anda akan menolak semua akses link yang telah masuk dalam list Google Disavow itu sendiri.


Cara Menghapus Link Spam Menggunakan Google Disavow Tool



Artikel ini akan memberikan panduan Anda semudah mungkin untuk menghapus Link Spam di Google Disavow Tool. Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat Daftar Link Spam Dalam Bentuk Txt

Terlebih dahulu persiapkan daftar link spam yang akan Anda blokir atau hapus. Caranya masuk pada aplikasi notepad pada komputer atau ponsel Anda. Lalu tulis daftar link spam tersebut dengan format seperti ini.

# Contacted owner on (tanggal saat ini)
# Ask for link removal but got no response
domain: (tanpa http or www) untuk link perujuk. Namun apabila terdapat url perujuk lainnya, silakan Anda lampirkan tepat di bawah domain utama dengan menggunakan (http or www).

Perhatikan simulasi contoh di bawah ini.

# Contacted owner on 29/03/2020
# Ask for link removal but got no response
domain: exenex.com
http://exenex.com/jalan-menuju-neraka.html
http://exenex.com/sumber-dosa-jariyah.html


Jika sudah membuat daftar link spam tersebut maka silakan simpan notepad Anda dalam bentuk .txt. Anda dapat memberikan nama file txt sesuka hati Anda.

Perhatian: sebaiknya pastikan bahwa daftar link yang telah Anda buat memang benar merupakan sebuah link spam yang dicurigai merugikan blog Anda. Karena jika Anda salah memasukkan link baik ke dalam Google Disavow tool justru akan menyebabkan blog Anda sendiri yang akan terkena penalti atau hukuman dari mesin penelusuran Google.

2. Masuk ke Fitur Disavow Link Google Search Console

Langkah selanjutnya silahkan Anda masuk ke Google Disavow Tools atau bisa langsung masuk disini. Lalu pilih blog atau situs yang akan melakukan disavow link. Kemudian klik tombol merah bertuliskan menolak link atau disavow link.

Setelah itu nanti Anda akan mendapati notif yang perlu dibaca dan dipahami sebelum pergi ke langkah selanjutnya.

Jika Anda sudah memahaminya maka sekarang waktunya Anda memasukkan file txt yang berisi daftar link spam yang telah dibuat sebelumnya pada form yang tersedia.

Caranya klik Disavow Link atau Menyangkal Tautan.


Lalu klik tombol pilih dan cari file txt yang berisi link spam tadi.


Jika file telah ditemukan maka selanjutnya klik tombol kirim.

Dan apabila proses upload file txt sukses maka silahkan klik selesai untuk mengakhirinya.


Perlu kalian ketahui cara ini bukan merupakan cara yang instan dan dapat dinikmati hasilnya sesaat setelah Anda mengirim daftar link spam pada Google Disavow Tool.

Sistem perlu meninjau ulang data yang telah dikirimkan apakah daftar situs benar-benar layak masuk dalam black list Google Disavow.

Demikianlah artikel tentang "Cara Menghapus Link Spam di Blog Menggunakan Google Disavow Tool". Semoga dapat dimengerti. Sekian dan terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel