Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blogger (Blogspot) Dengan Mudah

Konten [Tampil]

Cara Mudah Membuat dan Memasang Favicon Untuk  Blogger Blogspot





Apa itu Favicon?



Jika Anda merupakan seseorang yang sudah cukup lama terjun di dunia Blogger tentu Anda tidak akan asing lagi dengan yang namanya favicon.

Namun disisi lain ada seorang blogger pemula disana yang malah belum mengetahui sama sekali tentang apa yang disebut favicon. Maka ada baiknya kita membahas secara singkat terlebih dahulu tentang apa itu favicon.

Favicon adalah singkatan dari (Favorit Ikon) yaitu merupakan ikon kecil utama yang muncul pada adrees bar, bookmark browser suatu laman blog atau web.

Umumnya bentuk favicon akan menyesuaikan dari bentuk logo asli yang ada pada sebuah situs.

Hal ini dikarena favicon juga dapat disebut sebagai identitas, ciri khas yang ada pada sebuah blog atau web.

Sebutan favicon mungkin hanya familiar di negara kita, namun sebenarnya banyak nama lain dari favicon ini seperti shortcut icon, website icon, Url icon atau bookmark icon.

Selain itu favicon memiliki format berkas (.ico) dengan ukuran logo yang sangat kecil berada pada rentang ukuran 16 x 16, 32 x 32, 48 x 48, 64 x 64, 128 x 128 pixel. Namun umumnya kita hanya memilih ukuran terendah 16 x 16 smpai 32 x 32 pixel.

Anda bisa perhatikan favicon blog ini, untuk melihatnya silakan tab browser Anda.  Favicon blog ini memiliki ukuran 32 x 32 pixel yang menurut saya ukuran tersebut merupakan ukuran paling ideal untuk sebuah favicon.

Ukuran yang pas sehingga favicon tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. Namun sekali lagi, hal tersebut berdasarkan perspektif saya saja, jika Anda kurang setuju dengan pendapat saya maka tidaklah menjadi suatu permasalahan.

Mengapa Anda Harus Memasang Favicon di Blogger

?

Salah satu alasan logis yang dapat meyakinkan Anda untuk membuat dan memasang favicon pada situs Blogger ialah dengan memasang favicon pada sebuah situs berarti Anda telah memudahkan pengunjung untuk mengingat dan menemukan situs Anda.

Selain itu Anda  juga dapat membangun personal branding situs Anda melalui favicon, itu merupakan poin pertama.

Selanjutnya memasang favicon akan membuat situs Anda terlihat jauh lebih profesional dibandingkan situs lain yang tidak memiliki favicon.


Cara Membuat Favicon Untuk Blogger



Cara membuat favicon sebenarnya sangat mudah, Anda dapat membuat favicon dengan dua cara yakni melalui tools online maupun tools offline.

Namun yang perlu kalian ketahui agar pembuatan favicon lancar, tentu ada standar ideal yang harus dipenuhi seperti ekstensi gambar harus berformat (.ico) dengan ukuran gambar 16 x 16 sampai 32 x 32 pixel.

Standar tersebut dibuat agar favicon Anda dapat tampil maksimal di peramban browser pengunjung situs Anda.

Jika Anda bingung tentang bagaimana cara mengubah  ekstensi bawaan gambar (png, jpeg, webp) maka Anda dapat menggunakan tools favicon generator online yang banyak tersedia di internet seperti favicomatic.com, favicon.pro, genfavicon.com, favicon.co dsbg.

Melalui tools online favicon generator tersebut Anda dapat merubah ekstensi gambar bawaan menjadi format (.ico) sekaligus mengatur ukuran gambar yang akan Anda gunakan sebagai favicon.

Anda hanya tinggal mengunggah gambar yang akan dibuat favicon ke favicon generator lalu secara otomatis tool tersebut akan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Cara Membuat Favicon Menggunakan Tools Favicon Generator Online

Untuk tutorial kali ini, saya memilih untuk menggunakan favicon generator dari situs Favico.pro. Tidak ada alasan khusus mengapa saya memilih untuk menggunakan favico.pro yang  pada dasarnya setiap favicon generator itu sebenarnya sama saja.

Namun yang jelas saat saya mengetikan keyword favicon generator di Google. Saya menemukan situs tersebut muncul pada posisi teratas dan kebetulan saya mengekliknya karena tertarik dengan situsnya yang menurut saya cukup user friendly buat pengguna pada umumnya. Baiklah langsung saja simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah Pertama
Persiapkan gambar atau logo menarik yang nantinya akan Anda buat sebagai favicon. Saya merekomendasikan agar Anda menggunakan gambar atau logo persegi untuk hasil terbaik.

Tidak punya logo? Tenang saja Anda dapat membuat logo pada aplikasi gratis seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW, PixelLab atau jika Anda tidak ingin repot maka Anda dapat menggunakan jasa desain logo terpercaya.

Langkah Kedua
Silakan kunjungi situs favicon generator http://favicon.pro.


Selanjutnya klik Pilih File lalu unggah gambar atau logo yang telah anda persiapkan.


Jangan lupa untuk mengatur ukuran gambar menjadi 32 x 32 pixel agar hasil maksimal. Terakhir silakan klik Submit!.

Langkah Ketiga
Setelah Anda mensubmit gambar atau logo tersebut maka situs secara otomatis akan menampilkan preview dari hasil gambar atau logo yang telah anda submit tadi.


Jika dirasa sudah sesuai dengan keinginan maka Anda dapat mendownload favicon tersebut!

Cara Memasang Favicon di Blogger Blogspot

Kini Anda telah memiliki sebuah favicon untuk siap dipasang pada blog Anda. Cara pemasanganya sangat mudah sekali, Anda tidak perlu berpikir rumit untuk mengedit template yang memang tidak diperlukan dalam proses ini. Baiklah simak langkah-langkahnya!

Langkah Pertama
Silakan Anda login terlebih dahulu ke akun Blogger. Jika sudah silakan Anda pergi ke menu tata letak  lalu cari gadget favicon kemudian klik Edit.




Langkah Kedua
Selanjutnya anda akan dibawa ke tab baru lalu pilih Choose File (Pilih File) dan unggah gambar favicon yang telah Anda download tadi.



Jika ikon favicon telah muncul berarti tandanya favicon Anda telah sukses di unggah. Terakhir, silakan klik Simpan.



Semoga penjelasan singkat terkait “Cara Membuat Favicon di Blogger” dapat dimengerti. Terus semangat dan pantang mundur! HAPPY BLOGGING. TERIMAKASIH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel