Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger





Pernah kah sejenak Anda menyadari bahwa url blog pada platform Blogger memiliki kode unik yang berakhiran (?m=1 atau ?m=0) dan kode tersebut muncul secara otomatis bersamaan saat Anda mengakses url home pada sebuah blog. Misalnya blog ini memiliki url home https://droidide.com/?m=1 atau https://droidide.com/?m=0.

Lantas apa sih maksud dari kode-kode tersebut?

Kode-kode akhiran tersebut hanya bertujuan sebagai penanda identitas perangkat yang digunakan seseorang untuk mengakses sebuah blog. Jika kode akhiran menunjukkan ?m=1 berarti Anda sedang mengakses blog melalui perangkat mobile sebaliknya jika kode menunjukkan ?m=0 berarti Anda sedang mengakses blog tersebut melalui perangkat PC.

Kenapa Kode Akhiran ?m=1 Pada Url Blogger Perlu Dihilangkan?

Salah satu alasan utama kenapa kode akhiran ?m=1 perlu dihilangkan adalah karena  kode-kode tersebut dapat menyebabkan duplikat konten pada sebuah blog. Selain itu menghilangkan kode-kode pada url blogger dapat meningkatkan Seo pada sebuah blog itu sendiri. Hal tersebut sampai saat ini masih dipercayai oleh sebagian blogger.

Namun, apakah memang benar seperti itu? Dan apakah benar hal tersebut berhubungan langsung dengan SEO?

Menurut pendapat atau opini pribadi saya. Pernyataan seperti diatas yang mengemukakan bahwa kode ?m=1 atau ?m=0 dapat menyebabkan duplikat konten pada blog itu tidaklah benar tetapi juga tidak sepenuhnya salah.

Pendapat dari para Blogger hanyalah bagian dari spekulasi dan asumsi semata yang mungkin secara kebetulan mereka mengalami permasalahan ketika url blog mereka masih memiliki embel-embel ?m=1 atau ?m=0. Sehingga mereka meyakini bahwa penyebabnya adalalah hal seperti itu.

Justru faktanya kebanyakan para Blogger tidak memperhatikan akan poin yang satu ini dan sebagian besar dari Blogger lainnya juga tidak pernah mengalami masalah seperti duplikat konten yang diakibatkan oleh kode akhiran ?m=1 atau ?m=0.

Logika saya mengatakan hal ini hanya sebagai trik peringkas url blog khususnya platform Blogger, dimana semua url home yang diakses memiliki kode akhiran ?m=1 atau ?m=0. Sehingga dengan menghilangkan kode tersebut membuat url blog terlihat singkat dan rapi.

Selanjutnya apakah kode-kode tersebut dapat berhubungan langsung dengan Seo? Bahkan ada yang bilang dengan menghilangkan kode akhiran dapat meningkatkan Seo pada sebuah blog. Pendapat yang cukup ngawur memang dan faktanya ternyata dengan menghilangkan kode akhiran ?m=1 atau ?m=0 tidak dapat membuat blog tersebut naik rangking maupun turun rangking.

Jawaban yang lebih masuk akal dari statemen di atas adalah jika Anda ingin menaikkan Seo blog maka buatlah konten yang berkualitas, itu saja sudah cukup untuk menaikkan rangking blog Anda pada serp mesin pencari.

Lalu Mengapa Saya Tetap Membagikan Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 ?

Alasannya sangat sederhana, saya ingin membagikan trik ini untuk kalian yang ingin mempersingkat url atau link blog agar terlihat lebih singkat saat diakses pada perangkat mobile atau dekstop. Sekali lagi saya tegaskan menghilangkan kode ?m=1 atau ?m=0 tidak akan mempengaruhi Seo blog Anda.

Maka dari itu Sebelum mencoba cara ini ada baiknya Anda membaca artikel diatas terlebih dahulu agar nantinya tidak gagal paham.

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0


1. Silahkan buka akun Blogger Anda masing-masing.

2. Lalu pergi ke bagian Tema > Edit Html. Kemudian salin dan tempel kode di bawah ini tepat di atas </body>

<script type='text/javascript'>
var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
</script>

3. Simpan Tema dan silahkan Anda coba akses url blog maka kode akhiran tidak lagi menempel pada url blog Anda.

Demikian artikel mengenai "Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger". Semoga bermanfaat. Terimakasih