√ Cara Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Bluetooth Canggih - Droidide

Cara Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Bluetooth Canggih

Cara Memasang Bluetooth Pada Speaker Aktif. Cara Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Bluetooth Berteknologi Canggih.

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Bluetooth Canggih



Speaker aktif menjadi salah satu gadget yang paling banyak diburu dan dicari oleh sebagian masyarakat kita. Tak ayal jika penjualan speaker aktif terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain itu banyaknya brand kelas lokal dan dunia yang masuk di tanah air membuat ragam pilihan speaker aktif menjadi semakin banyak pula. Beberapa brand tersebut antara lain seperti Polytron, SonicGear, JBL, Logitech, Harman, Sony, Robot.

Brand ternama diatas tentu saja telah mengusung teknologi canggih dan modern yang disematkan pada setiap produk speakernya. Namun kendalanya adalah  terkadang harga yang dibandrol atau ditawarkan oleh brand tersebut dinilai masih cukup mahal bagi sebagian masyarakat.

Sehingga membuat sebagian orang masih banyak berpikir sebelum memutuskan untuk membeli produk speaker aktif dari brand ternama tersebut.

Umumnya kebanyakan dari kita hanya mengincar speaker aktif yang telah dilengkapi dengan teknologi bluetooth. Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk melakukan proses penyambungan speaker pada perangkat lain dalam memutar musik atau dibilang fleksibel.

Mungkin anda juga tahu jika sebenarnya masih banyak jenis konektivitas lain yang disematkan dalam speaker canggih saat ini. Namun konektivitas bluetooth masih menjadi andalan banyak orang dalam memilih sebuah speaker aktif.

Jika anda hanya menginginkan satu teknologi bluetooth tersemat pada speaker aktif anda.  Maka untuk sementara janganlah terburu-buru untuk membeli speaker aktif bluetooth baru, lebih baik hemat budget anda sekarang dan manfaaatkan untuk keperluan lain.

Tapi Saya Butuh Speaker Aktif  Bluetooth Sekarang?

Its oke, saya tau anda sangat membutuhkan speaker aktif tapi sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli speaker aktif bluetooth jika alasannya hanya untuk mendapatkan fitur bluetooth pada speaker.

Karena sebenarnya anda dapat menyulap speaker lama atau jadul milik anda menjadi speaker aktif berkonektivitas bluetooth yang tak kalah canggih dengan speaker bluetooth modern saat ini.

Serius, saya tidak bercanda dalam hal ini. Anda hanya perlu memanfaatkan sebuah alat konektor bernama "Bluetooth Audio Receiver". Alat ini merupakan sebuah adapter yang bekerja sebagai bluetooth eksternal  pada speaker aktif yang sebelumnya memang belum didukung oleh konektivitas bluetooth itu sendiri.

Cara Kerja Adapter Bluetooth Audio Receiver



Adapter Bluetooth audio receiver bekerja dengan cara sederhana yakni tugasnya hanya menambahkan jaringan Bluetooth eksternal yang nantinya dapat dikoneksikan pada perangkat pengguna Bluetooth lainnya seperti smartphone Android, Ios, komputer dan perangkat gadget lainnya.

Proses penyambungan Bluetooth pada speaker aktif secara teknis ialah seperti ini kabel USB yang terdapat pada speaker aktif terlebih dahulu disambungkan pada adapter Bluetooth Audio Receiver. Kemudian setelah adapter Bluetooth Audio Receiver diaktifkan maka secara otomatis akan membuat jaringan nirkabel Bluetooth baru yang dapat dideteksi oleh perangkat lain.


Rekomendasi Merek Adapter Bluetooth Audio Receiver Terbaik



Logitech Bluetooth Audio Receiver





Logitech merupakan brand ternama yang berasal dari Swiss, brand ini berfokus pada inovasi dan kualitas dibidang produk digital. Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Logitech adalah menghadirkan produk Bluetooth Audio Receiver berteknologi modern.

Bluetooth receiver besutan dari Logitech ini akan menambah kenyamanan anda saat melakukan streaming secara wireless ke sebagian besar speaker atau home stereo system. Produk ini berspesifikasi cukup mumpuni karena telah dilengkapi fitur input 3.5 mm atau RCA Pasangan jBluetooth Audio Receiver ke dalam sumber daya AC.

Tidak hanya itu Logitech memiliki tombol pairing yang mudah digunakan serta ada tambahan fitur Bluetooth Multitik yaitu sebuah teknologi yang dapat menyambungkan dua perangkat Bluetooth sekaligus. Produk dari Logitech ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 300.000-an di olshop (Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia).

TP-Link HA 100




TP-Link merupakan salah satu merek dagang terkenal dari Shenzen, Guandong, Tiongkok. TP-Link telah lama berkiprah pada dunia yang berurusan dengan teknologi dan jaringan komunikasi China.

Sejauh ini brand TP-Link memiliki portofolio produk yang baik dimata masyarakat dunia. Produk besutan TP-Link juga dikenal dengan  inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman serta ketahanan produknya telah diakui oleh banyak orang.

Salah satu produk buatan TP-Link yang cukup familiar ditelinga para pencinta adapter Bluetooth Receiver adalah TP-Link HA 100.

TP-Link HA 100 memiliki desain portabel yang mini serta sangat kompak sehingga sangat mudah untuk dibawa kemanapun anda pergi.

TP-Link HA 100 Bluetooth Music Receiver hadir dengan teknologi Bluetooth 4.1 yang merupakan versi Bluetooth terbaru untuk meningkatkan kecepatan transfer data antara perangkat HI-FI atau sistem secara nirkabel.

TP-Link HA 100 diklaim dapat tersambung dengan koneksi yang stabil hingga jarak 20 meter (66 kaki). Selain itu produk ini dapat menghubungkan 8 perangkat Bluetooth yang berbeda sekaligus. Produk ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 250.000-an di olshop (Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia).

Generic USB Bluetooth Audio Dongle




Produk ini merupakan Bluetooth Receiver yang banyak beredar dipasaran. Produk ini hadir dalam berbagai macam merek. Umumnya mereknya memang tidak terkenal karena memang produk ini dihargai dengan sangat murah hanya sekitar Rp 50.000-an.

Namun jangan salah meskipun produk adaptor Bluetooth Receiver ini berharga murah. Produk ini jauh dari kesan murahan atau tidak berkualitas, produk ini telah mampu memenuhi kebutuhan anda untuk sekedar menikmati speaker aktif dalam sambungan Bluetooth.


Cara Memasang Bluetooth Audio Receiver ke Speaker Aktif



Dalam prakteknya saya disini menggunakan Bluetooth audio receiver dengan harga murah dan terjangkau yang banyak beredar dipasaran. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama, tancapkan adapter Bluetooth audio receiver anda ke dalam power supply seperti port USB  pada kepala charger ponsel, power bank atau bisa juga langsung ke speaker  aktif anda jika memang telah dilengkapi port USB.

Hal ini bertujuan untuk memberikan daya pada adapter Bluetooth audio receiver agar dapat hidup dan memancarkan jaringan Bluetooth pada perangkat lain.

Jika lampu indikator Bluetooth audio receiver berkedip-kedip maka itu tandanya sedang mencari perangkat Bluetooth lainnya.

2. Berikutnya, tancapkan kabel jack audio 3.5 mm speaker aktif anda pada Bluetooth audio receiver tersebut.

3. Selanjutnya aktifkan Bluetooth pada smartphone atau PC anda untuk melakukan pairing atau menyambungkan perangkat pada Bluetooth audio receiver yang telah dihubungkan dengan speaker aktif.

Biasanya nama perangkat Bluetooth audio receiver akan segera muncul saat pertama kali anda mengaktifkan Bluetooth smartphone anda.

4. Jika perangkat Bluetooth baru ditemukan maka yang harus anda lakukan adalah segera saja sambungkan pada perangkat tersebut.

5. Selamat, kini anda telah berhasil menyambungkan gadget smartphone pada speaker aktif hanya dengan bantuan Bluetooth audio receiver.

Demikianlah penjelasan mengenai "Cara Mengubah Speaker Aktif Biasa Menjadi Speaker Bluetooth Canggih". Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.
Konten Unggulan Kami:

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Ndres Pratam
+62 877-6179-2906
Call us to +62 877-6179-2906 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami