Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Pulser Motor Yang Rusak Secara Akurat

Cara Cek Kerusakan Pulser Motor Dengan Akurat


Cara cek pulser motor yang rusak dengan akurat

Pulser pada sebuah kendaraan bermotor ataupun mobil memiliki peranan yang cukup vital untuk menunjang kelancaran berkendara.

Pasalnya jika pulser ini mengalami masalah atau kerusakan, maka kendaraan anda akan susah untuk dihidupkan.

Namun beberapa dari anda yang masih awam tentu tidak terlalu mengerti mengenai kondisi dari pulser itu sendiri.

Saat pulser mengalami masalah atau ada kerusakan biasanya akan dibarengi dengan munculnya beberapa gejala yang terjadi pada motor.

Gejala-gejala tersebut seperti mesin motor yang sangat susah untuk dihidupkan. Ini akan terjadi pada saat kerusakan pada pulser terbilang parah.

Biasanya gejala pertama yang sering muncul dikarenakan masalah pada pulser adalah mesin yang sulit untuk dihidupkan. Meskipun mesin masih bisa menyala, namun motor akan lebih berat saat dipacu dijalanan.

Tetapi untuk bisa lebih memastikan apakah pulser motor mati atau tidak, berikut ini kami punya cara cek pulser motor rusak yang mudah untuk dilakukan, bahkan untuk Anda yang masih pemula sekalipun.

Cara Mengetahui Pulser Rusak Yang Mudah


Yang namanya komponen elektronik, pastinya akan mengalami kerusakan cepat atau lambat.
Begitu juga dengan pulser motor akan ada waktu dimana kerusakan datang menghampirinya.

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa tanda paling umum yang sering terjadi pada motor saat pulser motor rusak adalah mesin yang susah untuk dihidupkan dan jika memang mesin masih bisa hidup maka putarannya terasa sangat berat.

Sementara itu untuk kerusakan terparahnya, pulser akan mati sehingga mesin tidak dapat lagi dihidupkan alias mogok.

Hal tersebut merupakan keadaan yang paling sering dialami oleh pengguna dan tidak tahu apa penyebab sebenarnya dari hal tersebut.
Beralih dari masalah tersebut, untuk cara cek pulser yang rusak sendiri sebenarnya memang cukup mudah.

Kita hanya membutuhkan beberapa alat dan langkah saja sudah bisa mengidentifikasi apakah pulser masih berfungsi atau sudah rusak.
Selain itu jika memang pulser motor Anda telah dipastikan rusak maka yang perlu dilakukan adalah menggantinya dengan pulser motor yang baru.

Cara Mengetahui Pulser Rusak Secara Akurat


Untuk masalah cara mengetahui pulser rusak yang mudah bisa Anda lakukan, silahkan ikuti beberapa langkah mudah dibawah ini :

  • Pertama Anda harus menyiapkan alat pengecek pulser yang bernama Avometer. Alat ini nantinya akan mengecek arus kistrik pada pulser, apakah masih normal ataupun tidak.
  • Untuk cara kerjanya, Anda bisa melakukan penyetelan pada Avometer dengan cara memutar selector di KNOP ke skala X10 atau bisa juga pada skala X100.
  • Untuk langkah selanjutnya adalah mencolokkan probe berwarna merah dan hitam ke terminal pulser. Lakukan pencolokan dengan benar agar cara mengetahui pulser rusak ini berjalan secara efektif.
  • Jika kondisi pulser dalam keadaan baik, pada Avometer akan menunjukan pada angka 400 ohm. Sebaliknya jika jarum menunjukan pada angka dibawah 400 ohm maka bisa dipastikan pulser dalam keadaan sudah rusak. Solusinya adalah mengganti pulser motor ini dengan yang baru.

Cara diatas memang cukup efektif dan merupakan satu-satunya cara mengetahui pulser rusak yang bisa diterapkan.

Jika memang Anda tidak memiliki alat Avometer untuk melakukan pengekan pulser maka sebaiknya silakan bawa saja motor Anda ke bengkel terpercaya langganan Anda.

Lakukan tindakan tersebut sedini mungkin jika Anda tidak mau motor kesayangan semakin rusak.

Demikian tadi informasi cara mengetahui pulser rusak yang mudah bisa kami bagikan untuk Anda semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Pulser Motor Yang Rusak Secara Akurat"