Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Script Anti Copy Paste (Copas) di Blogger

Tutorial Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger




Script Anti Copas Blogger


Menulis menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang terutama dikalangan Blogger.

Menulis menurut saya pribadi merupakan suatu bentuk penuangan ide yang ada atau terlintas dalam pikiran kita saat itu juga.

Terkadang ide-ide yang tak sempat diutarakan dalam bentuk ucapan atau tutur kata justru melalui tulisan ide-ide tersebut dapat tertuang dengan sangat baik dan terstruktur.

Menulis berarti sama halnya dengan berkarya yaitu ketika menulis anda menghasilkan sebuah karya versi diri anda sendiri.

Tetapi jika tulisan anda ingin diakui sebagai sebuah karya oleh orang lain maka anda harus membuat tulisan itu berbeda dari tulisan orang lain kebanyakan, ini merupakan prinsipnya.

Keaslian atau originalitas dari sebuah tulisan itu harus diutamakan sekalipun tulisan dari anda tidak memenuhi kaidah-kaidah menulis yang baik. Hal ini berlaku terutama jika anda berprofesi sebagai seorang content writer (penulis) dan Blogger.

Namun kendati demikian, di dunia Blogger sudah lumrah atau wajar jika anda menemukan beberapa situs yang gemar atau kerap melakukan plagiasi alias menjiplak konten dari orang lain untuk diklaim secara sepihak oleh sang plagiat tanpa menyertakan sumber penulis asli.

Kegiatan copy dan paste bukanlah menjadi suatu hal yang baru dikalangan Blogger. Menurut saya pelaku copy paste ini menulis bukan untuk berkarya tapi menulis untuk menjiplak karya orang lain.

Sebenarnya mengcopy tulisan orang lain itu sah-sah saja tetapi ada kaidah-kaidah atau kode etik yang tetap berlaku. Tetapi meskipun begitu, sebaik-baiknya anda melakukan copy paste tetap saja menulis sendiri itu lebih keren.

Kode etik paling sederhana dan mudah dilakukan oleh semua Blogger ketika ingin melakukan (copas) adalah mencantumkan link atau sumber dari penulis asli konten yang hendak dicopas.

Meskipun terlihat sederhana namun ternyata ada banyak juga Blogger yang tidak mengindahkan kode etik ini. Mungkin yang ada dibenak mereka, jika mencantumkan link sumber asli bisa menjadikan tulisan mereka tidak keren dimata pembacanya.

Inilah salah satu sisi buruk yang harus anda ketahui dari dunia Blogging. Mereka kurang menghargai karya-karya tulisan orisinil dari orang lain.

 Jika diibaratkan dalam dunia hewan memiliki prinsip memakan atau dimakan begitu juga dengan dunia Blogging yang berprinsip mengcopas atau dicopas. Bukankah hampir sama kedua analogi tersebut.


Apa Script Anti Copas (Do Not Copy)


Script Anti Copas merupakan salah satu kode script yang diciptakan untuk menekan tindakan kejahatan atau kriminil dalam dunia digital.

Tindakan kriminil yang dimaksud adalah oknum Blogger yang suka melakukan copy paste konten orang lain tetapi tanpa menyertakan link sumber asli dari penulisnya.

Tindakan copy paste liar memang cukup meresahkan bagi sebagian Blogger, pasalnya menurut pengakuan para korban ini jika rangking artikel mengalami penurunan SERP yang diakibatkan oleh praktek copy paste ini.

Google akan mendeteksi duplikat konten pada dua situs yang memiliki konten yang sama persis.

Kabar baiknya, platform Blogger sendiri telah mendukung pemasangan kode script penangkal copy paste sehingga peluang copy paste konteb atau artikel dapat diminimalkan.

Skema cara kerja script anti copas yaitu ketika script ini telah terpasang pada situs maka yang terjadi adalah setiap tulisan atau konten pada situs anda akan terlindungi dari kejahatan copy paste.

Terutama script anti copas ini akan melindungi dari teknik copas yang sering dilakukan kebanyakan orang seperti klik kanan > copy > paste.

Tapi satu hal yang harus anda tahu adalah bahwa script ini tidak bisa melindungi konten dari tindakan plagiasi secara penuh.

Mengapa saya tidak bisa memastikan bahwa konten anda akan aman dan terlindungi secara keseluruhan oleh script anti copas tersebut.

Hal ini disebabkan karena ada celah lain yang sebenarnya tetap dapat diterobos oleh mereka para pelaku kriminil sekalipun konten anda telah terpasang script ini.

Tapi trik tersebut hanya diketahui oleh segelintir Blogger saja sehingga pada intinya memasang script copy paste pada situs tetap bermanfaat sebagai usaha melindungi konten dari tangan-tangan jahil para Blogger yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, melalui artikel ini saya ingin membagikan script anti copy paste agar konten situs anda  cukup terlindungi atau terhindar dari pencurian konten oleh oknum-oknum Blogger yang tidak bertanggung jawab. Berikut tutorialnya.

Tutorial Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger


Nantinya terdapat 2 cara yang akan saya bagikan yaitu terdiri dari script anti copy paste pada bagian tertentu dan anti copy paste pada seluruh bagian konten.


[Script Anti Copy Paste Pada Bagian Tertentu]


1. Masuk pada akun Blogger anda masing-masing.

2. Pergi ke bagian menu Tema > Edit HTML.

3. Berikutnya masukan kode dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin> atau </styles> (tekan Ctrl + F untuk memudahkan pencarian).

.do-not-copy {
  -webkit-user-select:none;
  -khtml-user-select:none;
  -moz-user-select:none;
  -ms-user-select:none;
  user-select:none;
}

4. Terakhir Simpan tema anda.

Cara penggunaan: Buat  postingan baru > mode HTML lalu tambahkan tag <div class="do-not-copy">Isi Artikel Anda Yang Tidak Ingin Dicopas</div>


[Script Anti Copy Paste Pada Seluruh Bagian]


1. Masuk pada akun Blogger anda masing-masing.

2. Pergi ke bagian menu Tema > Edit HTML.

3. Berikutnya masukan kode di bawah ini tepat di atas kode </head> (tekan Ctrl + F untuk memudahkan pencarian).

<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</script >

4. Terakhir Simpan tema anda.

Perbedaan antara kedua script di atas sebenarnya hanya terletak pada sisi penggunaan saja.

Dimana script pertama penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda misalkan anda menginginkan beberapa konten saja yang dilindungi sedangkan untuk  konten lainnya anda tidak mempermasalahkannya jika dicopy orang lain.

Script tipe ini cocok untuk situs dengan niche tutorial yang berhubungan dengan coding atau pemrograman.

Sebaliknya script yang kedua memiliki sifat yang mutlak artinya semua konten telah dikunci secara keseluruhan tidak ada bagian-bagian konten yang terlewatkan. Semua pilihan ada ditangan anda!
Penutup

Pemasangan script anti copas pada sebuah situs patut dipertimbangkan karena hal ini setidaknya akan melindungi konten original situs kita agar tidak mudah dicopy dan paste.  itu akan mempersempit ruang gerak para pelaku copy paste ini.

Demikian informasi tentang "Cara Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger". Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.