5 Penyebab Toyota Avanza Boros Bahan Bakar

Konten [Tampil]

5 Penyebab Toyota Avanza Boros Bahan Bakar


Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Jepang, yaitu Toyota.

Mobil ini menjadi salah satu mobil yang paling banyak diminati oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, karena mobil ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti digunakan untuk pergi kerja atau hanya untuk jalan-jalan bersama keluarga.

Selain itu, Toyota Avanza juga telah dilengkapi dengan mesin Dual VVT-i DOHC, 16 katup dan 4 silinder dengan kapasitas mesin sebesar 1.329 cc serta kapasitas tangki bahan bakar mencapai 45 liter.

Sehingga dengan berbekal mesin dan juga kapasitas tangki yang cukup tangguh tersebut, membuat Toyota Avanza cocok digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

Namun dari segala ketangguhan yang dimilikinya tersebut, tentu ada saja masalah yang terjadi pada mobil besutan Toyota ini. Salah satu masalahnya yaitu cepat sekali habis penggunaan bahan bakar atau BBM-nya.

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap kendaraan tentu membutuhkan asupan bahan bakar baik itu bensin, pertalite, pertamax dan jenis bahan bakar yang lainnya. Begitu pun yang terjadi pada Toyota Avanza, pasalnya penggunaan bahan bakar pada mobil Toyota Avanza ini terbilang sangat boros.

Dan salah satu yang menjadi penyebab mengapa Toyota Avanza ini sangat boros bahan bakar adalah penggunaan bahan bakar yang sering ganti-ganti, misalnya dari premium ke pertamax atau demikian sebaliknya.

Jadi, apabila hal semacam ini terjadi terus-terusan maka bakal menyebabkan mobil yang anda miliki jadi boros BBM. Nah, untuk itu, kali ini kami akan menjelasakan secara detailn mengenai penyebab Toyota Avanza boros bahan bakar. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

5 Penyebab Toyota Avanza Boros Bahan Bakar


1. Beban Mobil Terlalu Berat


Penyebab pertama Toyota Avanza boros BBM ialah dikarenakan mobil dipaksa membawa beban yang sangat berat, disini anda mesti mengatur barang bawaan supaya tidak terlalu berlebihan.

Beban yang terlalu berat disinyalir dapat menyebabkan mesin mengeluarkan tenaga secara berlebihan sehingga sebagai gantinya mesin juga memerlukan bahan bakar yang lebih banyak untuk menjalankan fungsinya agar tetap normal.

Pastikan untuk selalu membatasi barang bawaan anda. Selain itu Avanza merupakan jenis mobil keluarga sehingga idealnya hanya dapat menampung sebanyak 7 orang penumpang saja.

Jika tidak ingin Avanza anda menjadi boros BBM maka sebaiknya perhatikan muatan anda. Jangan sampai melebihi kapasitas yang telah ditentukan karena hanya akan menambah beban mobil itu sendiri yang berakibat pada borosnya bahan bakar yang digunakan.

2. Kurangnya Tekanan Angin Pada Ban


Penyebab yang kedua ialah kurangnya tekanan angin pada ban.

Mungkin menurut kalian hal semacam ini tidak berhubungan langsung dengan borosnya bahan bakar.

Namun hal tersebut ternyata dibenarkan secara teori. Alasannya adalah jika tekanan angin pada ban berkurang maka hal ini akan mengganggu kestabilan perputaran roda mobil anda.

Hal ini dikarena kan kondisi tersebut membuat ban menjadi menyusut sehingga berimbas pada terhambatnya laju perputaran roda mobil anda.

Secara teknis yang kurang tekanan atau kempes membuat mesin mengeluarkan tenaga lebih ekstra sehingga mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang lebih banyak alias boros.

3. Putaran Mesin Tidak Teratur


Selanjutnya yaitu putaran mesin Toyota Avanza yang tidak teratur. Hal semacam ini berlaku bagi anda yang hobi berakselerasi kencang lalu kemudian secara mendadak melakukan pengereman.

Hal tersebut tentu secara langsung berkaitan dengan ketidakstabilan laju mobil karena anda terlalu cepat menginjak pedal gas dan pedal rem dalam rentang waktu yang cukup singkat.

Untuk menangani hal semacam ini maka anda dapat mengatur putaran mesin mobil agar senantiasa terjaga dengan baik. Artinya anda harus sebisa mungkin menjaga performa laju mobil agar tetap stabil.

Usahakan menginjak pedal gas secara perlahan dan konsisten sehingga bahan bakar dapat digunakan secara efisien.

4. Kondisi AC Yang Selalu Menyala


Selain beberapa penyebab di atas, terdapat hal yang kerap menjadikan Toyota Avanza menjadi boros bahan bakar yaitu penggunaan AC yang berlebihan.

Disini anda harus bijak dan pintar dalam mengatur penggunaan  AC mobil Toyota Avanza anda.

Sebaiknya anda menyalakan AC ketika dirasa butuh saja misalnya diwaktu siang hari.

Pada waktu tersebut kondisi cuaca memang sedang dalam kondisi panas sehingga penggunaan AC sangat dibutuhkan penumpang dalam mobil Toyota Avanza anda.

5. Penggunaan Bahan Bakar Yang Salah


Penyebab yang terakhir yaitu penggunaan bahan bakar yang salah. Sebagian besar pemilik kendaraan lebih memilih jenis bahan bakar murah untuk kendaraan yang dimilikinya.

Kesalahan dalam memilih jenis bahan bakar dapat berimbas terhadap borosnya pemakaian bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan anda.
 
Untuk mobil Toyota Avanza ini sebenarnya telah ditetapkan di dalam buku petunjuk mengenai penggunaan dan jenis bahan bakar yang disarankan.

Mobil Avanza harus menggunakan jenis bahan bakar dengan oktan 92 seperti pertamax untuk membuat pembuangan emisi lebih efisien.

Itulah ulasan tentang 5 Penyebab Toyota Avanza Boros Bahan Bakar yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua.

Semoga informasi di atas bisa menginspirasi dan juga membantu anda yang memiliki mobil Toyota Avanza yang boros bahan bakar. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel