Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produksi Massal Dibidang Otomotif Pertamakali Dilakukan Oleh ?

Produksi Massal Dibidang Otomotif Pertamakali Dilakukan Oleh ?


Dalam perkembangan peradaban umat manusia tentu akan ada saatnya mereka menemukan satu peristiwa penting dan dianggap mempunyai nilai historis yang tak ternilai. Dimana hal tersebut juga secara tidak langsung turut mempengaruhi peradaban umat manusia pada generasi selanjutnya.

Salah satu momen yang dianggap bersejarah dalam bidang industri otomotif  adalah produksi mobil yang dilakukan secara massal pada abad ke 19.

Dimana sebelumnya produksi mobil hanya dibuat berdasarkan permintaan dari perorangan maupun perusahaan dengan sertifikasi.

Bahkan kala itu tidak semua orang dapat memiliki sebuah mobil dan hanya dari golongan-golongan kaya dan terhormat yang diberikan hak istimewa hanya untuk memiliki sebuah mobil.

Disamping itu harga mobil pada saat itu bisa dipastikan sangat mahal. Hal tersebut dikarenakan  alat dan bahan baku untuk memproduksi sebuah mobil sangat terbatas dan juga mahal.

Maka tak heran jika harga mobil untuk pertama kalinya dihargai dengan harga yang cukup fantastis.

Perusahaan Otomotif Yang Memproduksi Mobil Secara Masal Pertamakali di Dunia


Berdasarkan hasil penelusuran yang kami peroleh dari berbagai sumber. Kami mendapatkan 2 daftar nama perusahaan otomotif yang telah memproduksi mobil secara massal pertamakali di dunia. Berikut ulasannya.

1. Benz & Cie



Perusahaan Benz & Cie dianggap sebagai titik awal terciptanya merek ternama Mercedes-Benz. Perusahaan Benz & Cie didirikan oleh Karl Benz pada tahun 1883 di Mannheim, Jerman.

Benz & Cie diketahui sebagai perusahaan otomotif pertama yang mampu memproduksi mobil secara massal pada eranya.

Salah satu daftar nama mobil pertama besutan Benz & Cie yang masuk dalam produksi massal  adalah Benz Motor Velocipede. Umumnya orang lebih familiar dengan sebutan mobil "Benz Vello".

Benz Vello dikenal memiliki desain yang ramping dengan mengusung sistem kemudi double pivot. Dimana model itu mengalami perkembangan yang cukup pesat ketika dipasarkan di dataran Eropa khususnya dinegeri asalnya Jerman.

Benz Vello hadir dalam dua varian yaitu mesin 1 L 1,5 tenaga kuda (1,1 KW) untuk generasi pertama dan mesin 3 tenaga kuda (2,2 KW) untuk generasi kedua sekaligus terakhir. Mesin pada generasi kedua diklaim mampu melaju pada kecepatan tertinggi 12 mph (20 km/jam).

Mobil Benz Vello tercatat mulai diproduksi sejak tahun 1894 sampai 1902, dengan jumlah akhir sebanyak 1.200 unit mobil Benz Vello.

2. Ford Motor Company



Ford merupakan sebuah produsen mobil yang berasal dari Dearborn, Amerika Serikat dengan pendirinya yang bernama Henry Ford.

Perusahaan Ford Motor Company juga dikenal sebagai perusahaan otomotif yang mampu memproduksi mobil secara masal untuk pertamakali di dunia melalui produknya yaitu Ford model T series.

Ford model T series mulai diproduksi secara masal pada tahun 1908 sekaligus Ford menetapkan pada tahun tersebut sebagai tahun yang paling bersejarah bagi perusahaannya karena mampu menghadirkan sebuah mobil mumpuni dieranya dengan harga yang terjangkau bagi kelas menengah pada saat itu.

Tampilan mobil Ford yang mengusung model T series tentu disambut dengan sangat baik dipasaran oleh semua lapisan masyarakat Amerika Serikat pada waktu itu.

Dimana produksi mobil sebelumnya menggunakan model S yang kurang diminati oleh pasar Eropa. Selain itu Ford dianggap mampu memenuhi keinginan bagi sebagian masyarakat dunia terhadap kebutuhan mobil abad 20.

Mobil Ford model T series tercatat telah diproduksi sebanyak 15 juta unit hanya dalam kurun waktu 2 dekade terakhir abad 20 yakni tepat pada tahun 1908 sampai 1927.

Semoga artikel tentang "Perusahaan Otomotif Pertama Yang Memproduksi Mobil Secara Masal di Dunia" dapat menambah wawasan sekaligus dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.





Posting Komentar untuk "Produksi Massal Dibidang Otomotif Pertamakali Dilakukan Oleh ?"