Manfaat dan Kegunaan Mentega Bagi Kesehatan

Manfaat dan Kegunaan Mentega Bagi Kesehatan

Mentega adalah produk dari olahan susu yang diperoleh dengan cara mengaduk krim yang terdapat pada susu. Mentega sering digunakan untuk bahan olesan roti maupun kue.

Bahkan mentega juga sering digunakan untuk menggoreng makanan. Cara membuat adalah dengan mendiamkan susu didalam kulkas atau pendingin sampai bagian krim susu dengan skim terpisah. Krim berada di bagian atas sedangkan skim ada di bagian bawah.


Mentega kemudian dibuat dengan cara mengaduk krim susu sampai berbentuk padat. Padatan itulah yang disebut dengan mentega, namun mentega selanjutnya masih dapat diolah lagi menjadi minyak. Minyak hasil olahan mentega disebut dengan minyak samiin minyak ini merupakan minyak tradisional bangsa bangsa di kawasan Asia Selatan seperti india dan sekitarnya.

Mentega hampir ada di setiap rumah, terutama karena mentega banyak dibutuhkan untuk mengolah makanan dan sebagai pelezat makanan.

Namun setidaknya anda perlu mengetahui manfaat dan kegunaan mentega selain sebagai bahan pelezat makanan.

Dalam setiap 100 g mentega setidaknya mengandung nutrisi berupa Kalori sebanyak 716 Kcal, Jumlah Lemak 81 g, Lemak jenuh 51 g, Lemak tak jenuh ganda 3 g, Lemak tak jenuh tunggal 21 g, Lemak trans 3,3 g, Kolesterol 215 mg, Natrium 11 mg, Kalium 24 mg, Jumlah Karbohidrat 0,1 g, Serat pangan 0 g, Gula 0,1 g, Protein 0,9 g, Vitamin A 2.499 IU, Vitamin C 0 mg, Kalsium 24 mg, Zat besi 0 mg, Vitamin D 60 IU, Vitamin B6 0 mg, Vitamin B12 0,2 µg, Magnesium 2 mg. Dengan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, mentega diduga memiliki manfaat dan kegunaan berupa :

1. Membantu Meningkatkan Berat Badan

Apabila anda merasa berat badan anda teralu ringan, atau anda mengalami kekurangan berat badan. Ada baiknya anda mulai mencoba mencampurkan mentega kedalam makanan anda. Mentega diduga kuat memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan berat badan.

Terutama karena mentega mengandung energi dan lemak yang cukup tinggi. Selain itu kandungan nutrisi multivitamin dan mineral yang terkandung didalam mentega mampu membantu meningkatkan masa tulang.

Oleh karena itu anda dapat mengkonsumsi mentega untuk meningkatkan berat badan. Setidaknya anda dapat menambahkan satu sendok makan mentega kedalam nasi atau roti yang anda konsumsi setiap hari. Dengan demikian anda akan mengalami peningkatan berat badan secara bertahap.

2. Membantu Memaksimalkan Masa Pertumbuhan

Apabila anda sedang berupaya untuk meninggikan badan. Ada baiknya anda mencoba untuk mengkonsumsi mentega. Mentega diduga kuat memiliki kemampuan untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang.

Kandungan multivitamin dan mineral yang terkandung di dalam mentega seperti Vitamin D dapat membantu proses pertumbuhan tulang. Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsi mentega secara rutin ketika anda masih dalam masa pertumbuhan.

Dengan menambahkan satu sendok makan mentega kedalam nasi atau roti anda setiap sarapan. Diharapkan anda akan mendapatkan manfaat berupa pertumbuhan tulang yang maksimal. Tidak mengherankan apabila mentega dikenal sebagai makanan peninggi badan.

Baca Juga : Tukang Taman Jakarta Utara

3. Mentega Untuk Melancarkan Pencernaan

Meskipun serat pangan mentega diketahui hanya nol, tarnyata mentega tetap berguna untuk melancarkan pencernaan. Sifatnya yang licin membuat mentega mampu melancarkan jalannya makanan dari mulut, turun ke usus bahkan sampai keluar lewat anus.

Oleh karena itu, apabila anda sering mengalami sembelit ketika buang air besar, maka anda dapat menambahkan mentega kedalam makanan yang anda konsumsi.

4. Mencegah Kanker

Mentega diketahui mampu membantu menghambat pertumbuhan sel – sel karsinogenik. Mentega juga diketahui sebagai agen anti kanker karena mentega mengandung asam linoleat. Linoleat terutama diduga kuat mampu mencegah terjadinya kanker payudara.

Apabila dikonsumsi secara rutin dengan jumlah yang seimbang mentega akan berfungsi untuk mencegah kanker. Oleh karena itu, menambahkan satu sendok makan mentega kedalam menu sarapan kita dapat mencegah kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Mentega terkenal ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Terutama karena mentega memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Oleh karena itu, apabila anda mengalami gangguan kesehatan pada mata anda.

Ada baiknya anda mulai sering mengkonsumsi mentega secara teratur. Menambahkan satu sendok makan mentega kedalam menu makanan pagi kita, setidaknya dapat dijadikan kebiasaan baru untuk menjaga kesehatan mata.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin A di dalam mentega diduga kuat dapat membantu kerja kelenjar adrenal dan kelenjar tiroid yang diketahui memiliki peran penting bagi kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Bahkan mentega diketahui mengandung kolesterol baik dan asam lemak rantai pendek sampai sedang yang mudah dicerna oleh tubuh dan tidak berpotensi meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh anda. Oleh karena itu, menambahkan satu sendok makan mentega kedalam menu sarapan pagi anda sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Mentega Sebagai Anti Inflamasi

Menarik untuk diketahui adalah fungsi mentega sebagai obat anti inflamasi atau peradangan didalam tubuh. Mentega diketahui mengandung 3 - 4% butirat atau asam lemak empat karbon. Butirat diduga mampu mengurangi peradangan dan mencegah sistem kekebalan tubuh menyerang bakteri menguntungkan dalam perut.

Makanan kaya butirat seperti mentega diduga kuat dapat membantu melindungi tubuh kita dari peradangan kronis seperti penyakit Crohn, kolitis dan sindrom usus bocor. Oleh karena itu, menambahkan satu sendok makan mentega kedalam menu sarapan pagi anda sangat di anjurkan untuk mengobati peradangan didalam tubuh.

8. Merawat Kesehatan Usus

Peran butirat yang dikandung oleh mentega diduga kuat mampu membantu merawat kesehatan usus. Terutama mentega berfungsi untuk melindungi bakteri baik yang dikonsumsi oleh kita untuk merawat kesehatan usus.

9. Mentega Untuk Mengobati Luka Bakar

Apabila anda mengalami luka bakar biasanya anda akan mengoleskan pasta gigi ke bagian tubuh yang terkena luka bakar. Namun biasanya setelah anda mengoleskan pasta gigi bagian yang terkena luka bakar biasanya akan terasa semakin panas. Tentu saja karena antara pasta gigi dan penyebab luka bakar merupakan dua jenis sumber panas yang berbeda.

Apabila anda mengalami luka bakar sebaiknya anda justru mengobatinya dengan mendinginkan bagian yang terkena luka bakar tersebut. Biasanya dapat dilakukan dengan menempelkan es atau membasuhnya dengan air dingin. Setelah suhu antara kulit yang terkena luka bakar dengan suhu kulit normal sama maka selanjutnya anda dapat mencoba mengoleskan mentega. 

Mentega diduga kuat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar karena mentega mengandung anti inflamasi atau pembengkakan. Sehingga luka bakar tidak akan menjadi benjol karena suhu kulit menjadi stabil. Namun demikian perlu dijadikan catatan penggunaan mentega sebagai obat luka bakar hanya dapat digunakan pada luka bakar yang tertutup atau tidak menimbulkan luka terbuka. A
luka bakar yang anda alami menimbulkan luka terbuka, alangkah baiknya bersihkan dengan cairan infus kemudian balut dengan kain kasa agar tidak terkena infeksi.

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Kegunaan Mentega Bagi Kesehatan"