Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair (Work)

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair



Hallo sobat Droidide, pernah ikut program kartu Prakerja yang diselenggarakan oleh pemerintah?

Jika YA, bagi sobat yang dinyatakan lolos seleksi oleh tim Prakerja, mimin ucapkan selamat ya dan bagi sobat yang belum lolos janganlah berkecil hati karena masih ada kesempatan yang lain digelombang berikutnya dan mimin doakan semoga digelombang yang akan datang kalian akan lolos.

Bagi sobat yang lolos tentunya sudah mengikuti berbagai macam pelatihan yang telah disediakan oleh mitra Prakerja seperti Kemnaker, Pijar, Bukalapak, Pintaria, tokopedia, Sekolahmu dan Maubelajarapa.

Mengikuti pelatihan adalah salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh para peserta yang dinyatakan lolos oleh tim Prakerja. Setelah mengikuti pelatihan yang telah disediakan oleh mitra Prakerja maka sobat akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti bahwa sobat benar-benar telah mengikuti program pelatihan oleh mitra Prakerja tersebut.

Setelah sertifikat muncul pada mitra pelatihan Prakerja yang diikuti maka sertifikat tersebut pada nantinya juga akan muncul dan dapat dilihat pada dasboard Prakerja sobat masing-masing.

Berikutnya setelah sertifikat sobat telah muncul di dasboard Prakerja maka dana insentif akan segera diproses oleh tim Prakerja dan ditransfer ke rekening yang telah disambungkan sesuai dengan jadwalnya masing-masing.

Namun masalahnya banyak sobat yang melaporkan bahwa proses pencairan insentif mereka gagal diproses. Dimana dari yang semula statusnya masih "Dalam proses" kemudian menjadi "Gagal" padahal sebelumnya sobat merasa tidak memiliki masalah apapun terkait akun Prakerja. Lalu hal demikian bisa terjadi ?

Penyebab Insentif Prakerja Gagal

Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti terkait penyebab gagalnya dana insentif diproses ke rekening penerima bantuan Prakerja. Namun mimin memiliki asumsi yang logis kenapa dana insentif Prakerja sobat bisa gagal diproses. Berikut beberapa masalah sepela penyebab dana insetif Prakerja gagal diproses.


1. E-Wallet Belum Upgrade

Untuk memudahkan pencairan dana insentif ke penerima insentif. Pihak Prakerja telah bekerjasama dengan 4 mitra pembayaran yang terpercaya di Indonesia yaitu BNI, GoPay, OVO dan LinkAja. Akan tetapi khusus E-Wallet, sobat wajib melakukan upgrade akun terlebih dahulu. Jika tidak melakukan upgrade akun E-Wallet maka hal tersebut justru akan menyulitkan pencairan insentif sobat yang akan datang.


2. Belum Memberikan Rating dan Ulasan Pada Mitra Prakerja

Salah satu syarat pencairan dana insetif Prakerja adalah memberikan rating dan ulasan pada mitra Prakerja yang telah sobat ikuti. Pada kenyataannya memang setelah menyelesaikan semua pelatihan selanjutnya sobat diwajibkan untuk memberikan rating dan ulasan pada mitra yang telah dipilih.

Sebagai contoh jika sobat memilih pelatihan dari Skill Academy maka selain memberikan rating dan ulasan pada Skill Academy itu sendiri, sobat juga harus memberikan rating dan ulasan pada Tokopedia atau BukaLapak karena kedua platform tersebut merupakan mitra dari Skill Academy.


3. Identitas Data Rekening Tidak Sesuai Dengan Identitas Data Prakerja

Meski terlihat sepele tapi ternyata ketidaksesuaian antara identitas data rekening dengan identitas data Prakerja dapat menimbulkan suatu masalah. Salah satunya adalah gagalnya pencairan dana insentif Prakerja yang telah dijadwalkan jaug-jauh hari.

Pihak manajemen Prakerja tentu akan selektif dan tidak sembarangan dalam melakukan transfer dana terhadap rekening yang tidak sesuai dengan data yang ada pada situs Prakerja. Identitas data pribadi yang tidak sama anatara yang terdaftar pada situs Prakerja dan rekening tentu akan secara otomatis tertolak oleh sistem karena dianggap tidak adanya kecocokkan data.

Disamping itu penyeleksian identitas data yang sesuai bertujuan untuk menghindarkan pengguna dari penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


4. Melakukan Penggantian Rekening Saat Jadwal Pencairan

Meski mengganti rekening Prakerja merupakan suatu hal yang sepele. Akan tetapi apabila proses penggantian tidak tepat maka dapat menyebabkan insentif Prakerja gagal cair. Sebaiknya jangan mengganti rekening Prakerja disaat dana insentif sudah dijadwalkan.

Sebagai contoh misalkan pada jadwal pencairan insentif pertama tertera tanggal 10 November maka sebaiknya anda mengganti rekening tersebut pada saat tanggal 8-9 November. Artinya lebih baik anda mengganti rekening jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo penjadwalan.


5. Kendala Sistem

'Jika anda merasa telah melakukan poin-poin di atas dengan baik dan benar maka penyebab gagalnya pencairan dana insentif Prakerja bisa saja murni dari kesalahan sistem yang terdapat pada web Prakerja.

Jika masalahnya seperti itu maka hal tersebut diluar kendali anda dan disini anda tidak dapat melakukan apa-apa selain menunggu web dibenahi oleh tim Prakerja itu sendiri.  

Atau untuk bantuan lebih lanjut anda dapat menghubungi CS Prakerja via email.


Akhir Kata

Demikian informasi mengenai "Cara Mengatasi Insentif Prakerja Yang Gagal". Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan dan jangan lupa untuk bantu share ya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair (Work)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel