Bolehkah Minum Air Dingin Setelah Olahraga? Tanya Jawab SehatQ.com

Bolehkah Minum Air Dingin Setelah Olahraga? Tanya Jawab SehatQ.com


Apakah anda hobi melakukan olahraga? Hampir semua orang menyukai kegiatan olahraga karena dapat memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Terlebih lagi jika olahraga tersebut dilakukan pada ruangan terbuka atau kita sering menyebutnya dengan olahraga out door.

Umumnya orang-orang sering melakukan kegiatan olahraga berdasarkan minat pada masing-masing jenis olahraga yang paling disukainya. Tetapi entah mengapa di era pandemi Covid-19 ini sedang booming olahraga bersepeda atau gowes, dimana sering kita jumpai orang-orang secara serempak mengayuh sepedanya di jalanan.

Tak tanggung-tanggung olahraga bersepeda ini bahkan diminati oleh hampir semua kalangan dari jenis kelamin pria atau wanita baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa.

Perlu kita tahu, disaat kita mengayuh sepeda dengan santai atau pelan mungkin hal tersebut tidak akan menimbulkan rasa lelah atau capek.

Namun berbeda halnya  ketika kita mencoba mengayuh sepeda dengan kecepatan penuh serta maksimal maka secara otomatis ritme detak jantung kita juga akan ikut meningkat dengan drastis seiring dengan kecepatan kayuhan yang dilakukan.  Kemudian disusul dengan keluarnya banyak cairan yang diekskresikan melalui keringat tubuh.

Saat tubuh berada pada kondisi lelah dan dehidrasi, biasanya kita akan mengisyaratkan tubuh untuk beristirahat sejenak yang biasanya diselingi dengan meminum air putih atau bahkan air dingin meskipun tubuh sedang dalam kondisi panas akibat memacu sepeda terlalu cepat.

Lantas bagaimana menurut pandangan medis terhadap fenomena tersebut. Apakah meminum air dingin setelah olahraga diperbolehkan menurut kesehatan?

Berikut saya akan memberikan informasi terkait kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang yaitu meminum air dingin selepas berolahraga. Penjelasan yang akan diulas pada artikel ini berdasarkan informasi yang bersumber dari situs SehatQ.

Situs SehatQ merupakan salah satu startup kesehatan terpercaya yang ada di Indonesia. Situs ini menyediakan informasi kesehatan yang akurat hingga kemudahan dalam berkonsultasi dan booking dokter setiap saat. Saya sendiri telah menginstal aplikasi SehatQ untuk mencari Info Kesehatan secara cepat, mudah dan lengkap.

Kembali ke topik utama yaitu "Bolehkah Minum Air Dingin Setelah Olahraga?". Jawabannya adalah boleh, dilansir dari SehatQ bahwa meminum air dingin selepas melakukan kegiatan berolahraga baik ringan atau berat adalah boleh dan hal tersebut tidak akan mengancam jiwa seseorang.

Berdasarkan penelitian dari Acta Physiologia menyatakan bahwa minum air dingin setelah berolahraga justru dapat meringankan kinerja jantung. Bahkan penelitian tersebut juga di dukung oleh penelitian lainnya dari Journal of International Society of Sport Nutrion yang menemukan hasil yang mengejutkan, yakni dengan minum air dingin setelah olahraga dapat membantu memperlambat naiknya temperatur tubuh usai berolahraga.

Akan tetapi saat ini kebanyakan orang terlanjur mempercayai teori lama yang menyatakan bahwa minum air hangat lebih bermanfaat dibandingkan air dingin. Teori ini mengklaim jika air hangat akan jauh lebih mudah diproses oleh pencernaan.

Selain itu baik untuk lambung dan membantu mengolah makanan, banyak hal-hal yang membuat derajat air hangat menjadi lebih tinggi daripada air dingin dan parahnya teori seperti itu sudah lama dipercayai bahkan untuk sekelas masyarakat modern saat ini. Padahal jika kita telisik lebih dalam antara air hangat dan air dingin memiliki satu unsur yang sama yakni terdiri dari gabungan unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).


Fakta-Fakta Tentang Air Dingin

1. Air Dingin Membuat Durasi Olahraga Lebih Lama

2. Air Dingin Cepat Diserap Oleh Tubuh

3. Mengurangi Berat Badan


Dampak Minum Air Putih Dingin Setelah Olahraga

1. Sering Buang Air Kecil

2. Kepala Menjadi Pusing

3. Melemahnya Detak Jantung

4. Membuat Perut Buncit


Demikian artikel tentang " Bolehkah Minum Air Dingin Setelah Olahraga Bersepeda? Tanya Jawab SehatQ". Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Terimakasih.



Posting Komentar untuk "Bolehkah Minum Air Dingin Setelah Olahraga? Tanya Jawab SehatQ.com"