Cara Cetak Kartu NUPTK Secara Mandiri Dengan Cepat dan Mudah

Konten [Tampil]

Cara Cetak Kartu NUPTK Secara Mandiri

Apa itu NUPTK?

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan nomor induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) baik yang telah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Non-PNS.

Untuk mendapatkan NUPTK, seorang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) harus memenuhi persyaratan dan kualifikasi diri.

Hal itu berdasarkan peraturan yang tertulis pada Surat Direktur Jenderal GTK atas Nomor identitas yang resmi bahwa NUPTK berguna untuk keperluan identifikasi dalam berbagai perencanaan dan kegiatan yang berhubungan dengan ranah pendidikan.

NUPTK diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesi pendidik dan tenaga kependidikan (GTK). Secara umum NUPTK terdiri dari 16 digit angka yang unik dan tetap.

NUPTK yang telah diterbitkan tidak dapat diubah meski GTK yang bersangkutan memiliki perubahan status kepegawaian, pindah tempat mengajar atau sebab lainnya.

Selain itu karena penerbitan NUPTK bersifat nasional dimana berhubungan langsung dengan pemerintahan pusat maka NUPTK tidak boleh diberikan secara sembarangan kepada GTK khususnya bagi mereka yang belum memenuhi persyaratan dan kualifikasi diri.


Berapa Lama Proses Mendapatkan NUPTK

Menyinggung soal berapa lama proses penerbitan NUPTK tidak dapat dilepaskan dari kinerja admin operator yang ada disetiap daerah. Terkadang dalam durasi waktu 3 minggu NUPTk sudah berhasil diterbitkan, namun ada juga yang proses penerbitan NUPTK memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Dalam hal ini koordinasi dan kesolidan antara Guru, operator sekolah dan operator diatasnya diperlukan untuk mempercepat proses penerbitan NUPTK dengan lancar. 

Tugas operator memantau sampai dimana pengajuan NUPTK, apabila masih tertahan di operator kabupaten maka sebaiknya GTK atau pihak yang bersangkutan menghubungi admin NUPTK kabupaten untuk meminta agar segera disetujui.

Hal tersebut juga berlaku untuk tahapan-tahapan diatasnya, jika pengajuan terhambat di pusat atau operator PDSPK, guru atau operator sekolah dapat langsung melapor ke ULT kemdikbud.


Berkas Persyaratan NUPTK yang Harus Dipenuhi

Sebelum mengajukan NUPTK ada baiknya anda terlebih dahulu menyiapkan segala bentuk persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapun persyaratan yang diperlukan sebagai berikut.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli
  • Ijazah mulai dari SD sampai dengan pendidikan terakhir (S1/D4 bagi guru)
  • SK CPNS/PNS berlaku untuk yang berprofesi sebagai CPNS/PNS
  • SK Guru Honorer Pemda berlaku untuk yang berprofesi sebagai Guru Honorer
  • SK Guru Tetap Yayasan berlaku untuk yang berprofesi sebagai Guru Tetap Yayasan


Cara Cetak Kartu NUPTK Secara Mandiri

Mengenai metode cara mencetak kartu NUPTK yang akan saya berikan adalah menggunakan metode aplikasi, dimana dengan melalui aplikasi jauh akan lebih memudahkan kita untuk melakukan proses pencetakan kartu NUPTK.

Selain itu anda juga harus memiliki aplikasi yang akan digunakan mencetak kartu NUPTK, jika anda belum memilikinya maka anda dapat mengunduhnya pada link berikut.

DOWNLOAD APLIKASI KARTU NUPTK DAN NISN Tested Excel 2010 1.6.3

DOWNLOAD APLIKASI KARTU NUPTK DAN NISN VERSI EXCEL 2007 1.1.6.3

Berikut tutorial cara cetak kartu NUPTK secara mandiri.


1. Silahkan anda instal aplikasi yang telah terunduh tadi. Caranya klik kanan file > Extract Here seperti gambar berikut.


2. Buka aplikasi yang telah di extract sebelumnya. Apabila meminta untuk melakukan login, silahkan masukkan user id gurusd.net dan password gurusd. Kemudian klik Login Now untuk masuk ke dalam aplikasi.


3. Langkah selanjutnya, ketika anda telah memasuki halaman beranda aplikasi, silahkan klik tombol "input data NUPTK". Setelah itu silahkan lengkapi isian form GTK yang terdiri dari nama, NUPTK, Instansi, Fungsi dan NRG (Jika Ada). Kemudian klik OK untuk melanjutkan ke proses berikutnya.


4. Silahkan klik tombol "Kartu NUPTK" untuk mencetak kartu, gulir tombol naik dan turun pemilihan data GTK, jika nama sudah ditemukan selanjutnya klik ikon "Printer" untuk melakukan proses pencetakan kartu NUPTK seperti gambar berikut.



Aplikasi NUPTK gratis ini dibuat oleh Deni Ranopitri peraih penghargaan Anugrah Peduli Pendidikan Tahun 2015.

Demikian artikel mengenai "Cara Cetak Kartu NUPTK Secara Mandiri". Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada kesalahan dalam penulisan pada artikel ini, saya sebagai penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cetak Kartu NUPTK Secara Mandiri Dengan Cepat dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel