Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Untuk Semua Tipe Android Terlengkap

Konten [Tampil]

Solusio Mengatasi Gboard Telah Berhenti Untuk Semua HP Android Terlengkap


Memang menyebalkan ketika anda sedang asyik mengetik teks pada smartphone tiba-tiba munculah sebuah notif yang tidak diinginkan. Notif tersebut biasanya berbunyi “sayangnya gboard telah berhenti”, notif seperti ini biasanya sudah tak asing lagi bagi para pengguna Gboard terutama bagi mereka yang masih menggunakan ponsel jadul atau masuk dalam kategori kelas low end semisal Xiaomi Redmi Note 3.

Akan tetapi jangan khawatir jika saat ini anda sedang mengalami masalah tersebut karena sebenarnya diluaran sana banyak pengguna Android lain yang mempunyai permasalahan yang sama dengan anda alami saat ini. Selain itu yang perlu anada perhatikan adalah masalah Gboard yang tidak dapat digunakan ini hampir menyerang semua merek smartphone Android tanpa terkecuali terutama ponsel yang masih kelas low end.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut misalnya keterbatasan RAM ponsel atau cache Gboard yang penuh dan masih banyak lagi penyebab lainnya, agaknya permasalahan ini terlihat sederhana akan tetapi bisa jadi cukup kompleks juga untuk beberapa jenis smartphone Android tertentu. Disamping itu perbedaan jenis smartphone bisa menjadi pembeda permasalahan dan penangananya pula.

Namun yang jelas disini mimin tidak akan berbasa-basi lagi dan akan langsung saja membahas ke intinya saja yakni “Solusi Mengatasi Gboard Telah Berhenti Semua Tipe Android Terlengkap”. Simak tutorial berikut ini.


1. Mulai Ulang Perangkat Android


Hal pertama yang harus anda coba terlebih dahulu sebelum mencoba cara yang lainnya adalah memulai ulang perangkat Android.

Beberapa orang yang mempunyai kasus yang sama menuturkan bahwa hanya dengan melakukan restart atau memulai ulang perangkat Android dapat membuat Gboard bekerja kembali seperti sedia kala.

Caranya mudah, anda hanya perlu melakukan klik pada tombol daya dan pilih reboot untuk memulai ulang atau bisa disesuaikan dengan opsi yang terdapat pada ponsel Android anda masing-masing.


2. Menghapus Cache


Langkah kedua untuk mengatasi Gboard telah berhenti adalah dengan menghapus cache yang menumpuk pada aplikasi Gboard.

Cache merupakan sebuah file yang dibuat dengan tujuan untuk menyimpan data sementara dalam smartphone anda. Namun apabila cache ini terlalu sesak atau penuh terkadang membuat kinerja sebuah aplikasi menjadi lambat dan kurang maksimal.

Bahkan pada kasus tertentu justru mengakibatkan error pada aplikasi seperti pada kasus Gboard yang mendadak berhenti dengan sendirinya ketika sedang digunakan. Sebenarnya kasus cache penuh pada aplikasi smartphone sering kita temui karena hampir semua aplikasi meninggalkan cache sebagai jejak penyimpanan sementara.

Jika anda menghapus cache pada aplikasi maka secara otomatis data yang tersimpan kemungkinan besar juga akan menghilang sehingga membuat ukuran sebuah aplikasi menjadi ukuran semula seperti ketika awal anda mengunduhnya.

Berikut cara menghapus cache aplikasi Gboard:

  • Buka setelan/pengaturan > klik Aplikasi
  • Geser ke bawah sampai anda menemukan aplikasi Gboardnya, selanjutnya klik
  • Lalu didalam aplikasi, silahkan pilih storage atau penyimpanan kemudian > Hapus Cache


3. Copot Instalasi Pembaruan


Aplikasi yang terinstall dalam smartphone terkadang sering diperbarui oleh pengembang atau developer dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar lebih baik lagi. Selain itu pembaruan biasanya akan membawa fitur baru, keamanan, perbaikan pada sebuah aplikasi.

Namun setelah diperbarui aplikasi tidak serta merta dapat berjalan dengan mulus pada perangkat Android. Bahkan terkadang malah dapat menyebabkan terjadinya error atau kesalahan dalam sebuah aplikasi, termasuk pada kasus Gboard yang terhenti secara mendadak bisa juga disebabkan oleh masalah ini.

Solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mencopot instalasi atau pemasangan Gboard untuk sementara waktu.

Caranya mudah, silahkan Buka Pengaturan  smartphone anda kemudian pilih Aplikasi lalu cari dan pilih Gboard. Selanjutnya pilih Copot Pemasangan atau Hapus Instalasi.


4. Paksa Berhenti Aplikasi


Satu lagi cara yang mesti anda coba agar Gboard dapat berjalan lancar seperti sedia kala adalah memaksa aplikasi untuk berhenti berjalan pada smartphone anda.

Pada beberapa kasus, permasalahan Gboard telah berhenti berhasil diatasi hanya dengan memaksa aplikasi tersebut untuk berhenti berjalan. Berikut cara memaksa aplikasi Gboard untuk berhenti sementara:

  • Silahkan masuk Setelan/Pengaturan > Aplikasi > Gboard > Paksa Berhenti

Santai saja jika cara ini juga tidak berhasil pada smartphone Android anda, maka anda dapat mengikuti metode selanjutnya!


5. Copot Aplikasi Via PS


Apabila aplikasi Gboard mengalami gangguan bisa jadi karena adanya gangguan dari aplikasi Gboard yang telah terinstall pada ponsel anda.

Untuk itu diperlukan tindakan pencopotan aplikasi Gboard langsung dari Play Store agar aplikasi bisa kembali seperti sedia kala.

Kenapa harus melakukan pencopotan aplikasi via Play Store? Alasannya adalah melakukan pencopotan aplikasi lewat pengaturan disinyalir dapat mengakibatkan terjadinya error atau kesalahan saat memproses sebuah perintah pencopotan.

Sedangkan lewat Play Store, anda tidak akan menemui permasalahan error saat sedang melakukan pencopotan aplikasi Gboard tersebut.

Caranya mudah, anda hanya perlu ke masuk ke aplikasi Play Store lalu cari Gboard dan buka. Disini anda akan mendapati 2 menu yakni uninstall dan Update.

Sebelum melakukan uninstall, ada baiknya anda melakukan update terlebih dahulu. Jika setelah update tidak ada perubahan maka langsung saja untuk melakukan uninstall Gboardnya. Sesudah uninstall maka anda dapat mengunduhnya dan menginstall ulang Gboard pada smartphone anda.


6. Menonaktifkan Semua Keyboard Selain Gboard


Ada satu trik lama yang bisanya berhasil mengatasi Gboard telah berhenti yaitu menonaktifkan keyboard kecuali Gboard itu sendiri.

  • Masuk pengaturan/setelan smartphone lalu pilih Bahasa dan Masukan
  • Pilih Keyboard saat ini, biasanya bertuliskan Keyboard Virtual.
  • Selanjutnya pilih Kelola Keyboard > Non aktifkan semua jenis keyboard yang terinstal kecuali Gboard itu sendiri
Masih belum berhasil? jangan menyerah silahkan coba metode berikutnya ya!

7. Mulai Ulang Ponsel Dalam Safe Mode


Khusus cara yang satu ini memang tergolong sedikit rumit, akan tetapi tetap harus anda coba untuk memperbaiki masalah Gboard telah berhenti pada smartphone anda.

Dan yang perlu diperhatikan adalah proses memulai ulang dalam safe mode terkadang berbeda-beda tergantung pada merek dan model ponsel yang anda miliki. Sebagai contoh mimin menggunakan merek dan model dari Nokia 6.1 Plus dan caranya seperti berikut.

  • Pertama silahkan matikan terlebih dahulu perangkat Android anda.
  • Kemudian, Reboot dengan cara menahan tombol power
  • Saat proses booting dimulai, silahkan tekan dan tahan tombol volume up down secara bersamaan sampai telepon sepenuhnya boot
  • Selanjutnya ketika anda membuka kunci, anda akan melihat Safe Mode pada bagian sudut layar smartphone anda.

Silahkan mengecek apakah Gboard berfungsi dengan baik dan benar sebagaimana fungsinya. Apabila tidak, mungkin satu atau beberapa aplikasi yang baru di instal menyebabkan masalah.

Jika sudah begitu, hal yang harus dilakukan adalah menghapus semua instalan aplikasi keyboard dengan harapan agar kinerja Gboard dapat kembali seperti sedia kala.


8. Factory Reset


Pilihan terakhir jika semua metode atau cara yang telah disajikan di atas tidak berhasil mengatasi permasalahan kalian adalah melakukan Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Sebenarnya mimin tidak menyarankan anda memakai cara ini, namun gunakan cara ini apabila memang tidak ada pilihan lain untuk mengatasi Gboard telah berhenti.

Dan konsekuensi yang harus anda terima ketika melakukan Factory Reset pada smartphone anda adalah semua data yang ada pda penyimpanan internal akan terhapus maka dari itu mimin sarankan untuk melakukan pencadangan/backup file-file yang dinilai penting terlebih dahulu. Oke langsung saja berikut cara melakukan Factory Reset pada smartphone anda.

  • Buka Setelan/Pengaturan ponsel kemudian scroll ke bawah dan pilih Cadangkan dan Setel ulang.
  • Tap Factory data reset di bawah menu Personal data
  • Silahkan baca informasi untuk meyakinkan diri anda, jika sudah silahkan tekan Reset semua data
  • Dalam hal ini, anda akan memilih Reset Phone untuk melakukan penghapusan semua data yang ada di ponsel yang anda miliki.


Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Untuk Semua Tipe Android Terlengkap. Semoga setelah mengikuti cara di atas masalah terkait Gboard telah berhenti tidak terjadi lagi dan Gboard dapat digunakan untuk mengetik seperti sedia kala. Apabila tutorial ini bermanfaat, anda dapat membantu mimin untuk membagikannya pada orang lain ya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Untuk Semua Tipe Android Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel